Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Rutinitas Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan anak Anda

 

Imunitas atau sistem imun berperan penting dalam menjaga si Kecil dari serangan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Apabila imunitas lemah, si Kecil akan mengalami berbagai macam penyakit. Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas si Kecil adalah dengan asupan nutrisi dari makanan. Namun, terkadang nutrisi dari makanan saja belum cukup. Ibu perlu mendorong si Kecil untuk mau melakukan hal berikut yang bermanfaat bagi sistem imun. Apa saja di antaranya?

Meningkatkan imunitas si Kecil selain dengan nutrisi dari makanan

Sistem imun dibentuk oleh organ, sel, dan protein yang bekerja secara sinergis. Terdapat dua jenis sistem imun atau imunitas anak yang perlu Ibu ketahui.

  • Imunitas bawaan. Sistem imun sudah terdapat di dalam tubuh sejak seseorang dilahirkan.
  • Imunitas yang didapat. sistem imun tertentu akan terbentuk ketika tubuh terpapar mikroba atau senyawa yang berasal dari mikroba tertentu.

Imunitas si Kecil akan terbentuk secara alami. Akan tetapi tetap diperlukan upaya untuk menjaganya tetap aktif dan kuat dalam melawan berbagai serangan bakteri atau virus. Selain mengonsumsi makanan sebagai sumber nutrisi, terdapat beberapa faktor lain yang dapat membantu meningkatkan imunitas si Kecil.

Ajak si Kecil untuk olahraga atau aktif bergerak

Sekarang ini, si Kecil mudah terpaku dengan teknologi atau asik sendiri hingga berjam-jam dengan bermain smartphone. Memang tidak selamanya merugikan, tetapi Ibu tetap perlu mengatur keseimbangan antara bermain gim dan olahraga atau lebih tepatnya tetap aktif bergerak. Seperti yang dilansir dari laman Medlineplus.gov, aktif bergerak dapat membantu si Kecil mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga tulangnya agar tetap sehat serta kuat.

Beberapa teori pun mengatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan imunitas si Kecil dalam melawan jenis penyakit tertentu. Salah satunya adalah olahraga atau aktivitas fisik menyebabkan perubahan pada antibodi dan sel darah putih si Kecil. Sel darah putih merupakan sistem imun si Kecil yang berguna untuk melawan penyakit.

Mengajarkan dan mendorong si Kecil untuk rutin mencuci tangan

Sentuhan pada permukaan apapun menularkan hingga 80% penyebab infeksi. Ajarkan si Kecil untuk selalu mencuci tangan dengan baik dan benar setelah bersin, batuk, atau dari toilet. Mencuci tangan selama 20 detik dapat mengusir bakteri dan virus penyebab penyakit serta menurunkan risiko infeksi paru-paru hingga 45 persen.

Rutin mengonsumsi susu setiap hari

Sebuah penelitian dari American Academy of Pediatric menemukan, anak yang mengonsumsi rutin susu formula yang mengandung prebiotik, PDX:GOS (polydextrose dan galactooligosaccharide), dan beta-glucan meningkatkan sel darah putih sehingga mendapat sebuah mekanisme antiradang atau meningkatkan sel imun dalam tubuh. Hal ini berhubungan dengan menurunnya risiko dan durasi infeksi saluran pernapasan akut.

Tidak selamanya si Kecil mendapat asupan nutrisi seimbang dari makanan yang ia konsumsi. Oleh karena itu, tambahan nutrisi dari suplemen, contohnya susu formula, dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang bermanfaat juga untuk meningkatkan imunitas si Kecil. Ibu harus pastikan nutrisi Beta-glucan, PDX:GOS dan Omega 3 & 6 terkandung di susu formula si Kecil.

Mendidik kebiasaan tidur yang baik

Adiane Lioudis, MD, dokter anak dari Cleveland Clinic menyampaikan bahwa untuk mendorong imunitas, si Kecil perlu mendapat waktu tidur yang cukup. Kebutuhan tidur anak dibedakan oleh usia, yaitu usia 3-5 tahun membutuhkan tidur antara 10 dan 13 jam serta 6-13 tahun antara 9 dan 11 jam. Ketika kekurangan tidur, tubuh akan mengalami gangguan dalam memproduksi sitokin yang berguna untuk membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan.

Tertawa bersama

Dilansir dari Verywellfamily.com, penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan fungsi imunitas dengan cara menambah produksi sel antibodi dan membuatnya lebih efektif menjaga tubuh, termasuk pada si Kecil. Ditambah lagi, tertawa telah terbukti dapat menurunkan hormon stres karena meningkatkan hormon bahagia, seperti endorfin.

Nah Bu, menyediakan berbagai jenis makanan sebagai sumber nutrisi tetap harus dilakukan demi menjaga sistem imun. Di samping itu, terdapat faktor-faktor seperti yang telah dijelaskan yang tak kalah penting dalam membantu meningkatkan imunitas si Kecil.

 

Sumber:

Stanfordchildrens.org. (2019). The Immune System - Stanford Children’s Health. Retrieved April 7, 2020, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=all-about-the-immune-system-90-P01665

Health Essentials from Cleveland Clinic. (2017, February 3). 5 Ways to Boost Your Child’s Immune System for Life. Retrieved April 7, 2020, from https://health.clevelandclinic.org/want-boost-childs-immune-system-5-tips/

Lee, K. (2019). 7 Best Ways to Improve Your Family’s Immunity. Retrieved April 7, 2020, from https://www.verywellfamily.com/best-ways-to-boost-kids-immune-system-620562

Vorvick, L. J., Zieve, D., & Conaway, B. (2015). Exercise and immunity: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved April 7, 2020, from https://medlineplus.gov/ency/article/007165.htm

Li, F., Jin, X., Liu, B., Zhuang, W., & Scalabrin, D. (2014). Follow-up formula consumption in 3- to 4-year-olds and respiratory infections: an RCT. Pediatrics, 133(6), e1533–1540. https://doi.org/10.1542/peds.2013-3598