Oleh Roby Rizki

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Ibu, setiap hari si Kecil membutuhkan asupan nutrisi yang perlu dipenuhi untuk mendorong tumbuh kembangnya. Selain itu, nutrisi juga sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil agar terlindungi dari serangan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, Ibu wajib mengetahui apa saja nutrisi yang berpengaruh pada daya tahan tubuh si Kecil. Yuk Bu, simak nutrisi esensial untuk si Kecil beserta sumber makanannya berikut ini.

 

Meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil dengan asupan nutrisi yang tepat

Tidak ada makanan atau suplemen yang dapat mencegah si Kecil dari penyakit, tapi nutrisi dalam makanan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melindungi si Kecil dari berbagai macam penyakit.

Dilansir dari laman eatright.org, ada beberapa nutrisi penting yang perlu Ibu sediakan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Di antaranya seperti:

 

Protein

Peran utama protein dalam daya tahan tubuh adalah untuk proses penyembuhan dan pemulihan apabila tubuh diserang sebuah penyakit. Ibu dapat menyediakan makanan sumber protein untuk si Kecil seperti:

  • Daging tanpa lemak
  • Daging putih, misalnya daging ayam
  • Telur
  • Produk kedelai, seperti tahu dan tempe

 

Vitamin C

Nutrisi berikutnya yang dibutuhkan agar daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga adalah vitamin C. Vitamin yang dikenal berasal dari buah jeruk ini membantu sistem imun dalam menstimulasi atau mendorong pembentukan antibodi.

Selain jeruk, vitamin C terdapat pada makanan lain seperti:

  • Pepaya
  • Stroberi
  • Tomat
  • Makanan yang telah difortifikasi vitamin C, seperti susu formula

 

Zat besi

Ibu mungkin pernah mendengar bahwa defisiensi atau kekurangan zat besi dapat memicu penyakit anemia. Selain itu, zat besi juga ternyata berpengaruh pada daya tahan tubuh, termasuk pada si Kecil.

Seperti yang dimuat di Healthline, kekurangan zat besi bisa menyebabkan tubuh lebih mudah terkena infeksi, pilek, dan flu. Oleh karena itu, Ibu harus menambahkan makanan yang mengandung zat besi seperti:

  • Daging
  • Makanan laut, seperti udang atau ikan
  • Kuning telur
  • Susu formula yang telah difortifikasi

 

Zinc

Zinc (seng) merupakan nutrisi yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar bekerja dengan normal dan membantu pemulihan luka serta berdampak juga pada tumbuh kembang si Kecil.

Contoh makanan yang mengandung zinc adalah daging merah dan putih (ayam), tahu, dan juga terdapat pada susu formula yang telah difortifikasi.

 

Prebiotik

Sebuah jurnal kesehatan berjudul Allergy and The Gastrointestinal System menyatakan, sekitar 70% daya tahan tubuh si Kecil terdapat dalam usus sehingga wajar bila kesehatan usus berperan besar pada sistem imun.

Untuk itu, keseimbangan antara bakteri baik dan jahat dalam saluran cerna si Kecil perlu dijaga. Salah satu caranya adalah dengan memberikan asupan makanan atau suplemen sumber prebiotik.

Ibu dapat menemukan prebiotik untuk anak pada susu formula. Jika memilih susu formula sebagai sumber prebiotik, pilihlah yang juga mengandung Beta-glucan dan PDX:GOS (polydexdextrose dan galactooligosaccharide) karena sama-sama bermanfaat bagi daya tahan tubuh si Kecil.

Sedangkan, kandungan prebiotik pada makanan dapat Ibu temukan pada bawang putih, pisang, dan apel.

 

Vitamin A


 

Vitamin A membantu mengatur daya tahan tubuh dan melindungi tubuh melawan infeksi. Ini dilakukan dengan cara menjaga kulit dan jaringan dalam mulut, perut, usus, dan saluran pernapasan tetap sehat. Sumber makanan yang mengandung vitamin A di antaranya adalah:

  • Ubi
  • Wortel
  • Telur
  • Susu formula yang telah difortifikasi

Kebutuhan nutrisi si Kecil merupakan prioritas utama Ibu sebagai orangtua. Saat si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang, secara otomatis daya tahan tubuh si Kecil menjadi lebih kuat.

Susu formula merupakan pilihan mudah dan praktis untuk membantu ia mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, terutama nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan susu formula yang Ibu pilih memiliki nutrisi yang seimbang.

Temukan nutrisi susu formula yang mengandung Beta-glucan, PDX:GOS, dan Omega 3 dan 6, sebuah kombinasi nutrisi yang terbukti klinis dapat memperkuat daya tahan tubuh si Kecil serta optimalkan momen cerdasnya.

 

Sumber:

Klemm, RDN, CD, LDN, S. (Ed.). (2020). Support Your Health With Nutrition. Retrieved April 3, 2020, from https://www.eatright.org/health/wellness/preventing-illness/support-your-health-with-nutrition

Vighi, G., Marcucci, F., Sensi, L., Di Cara, G., & Frati, F. (2008). Allergy and the gastrointestinal system. Clinical & Experimental Immunology, 153, 3–6. https://doi.org/10.1111/j.1365-2249.2008.03713.x

Raising Children Network. (2017, September 5). Vitamins and minerals. Retrieved April 3, 2020, from https://raisingchildren.net.au/teens/healthy-lifestyle/nutrients/vitamins-minerals

Semeco, MS, RD, A. (2016). The 19 Best Prebiotic Foods You Should Eat. Retrieved April 3, 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods#section11

Cafasso, J. (2016). Iron Supplements for Kids: Safe Types. Retrieved April 3, 2020, from https://www.healthline.com/health/parenting/iron-supplements-for-kids#Does-My-Child-Need-an-Iron-Supplement?