Melatih gerakan fisik secara aktif tentu sangat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Tak hanya bagi kebugaran tubuhnya, melainkan juga kecerdasannya secara psikis.

Agar Ibu tak bingung lagi menentukan olahraga apa yang bisa Ibu lakukan bersama si Kecil, simak tips dari Enfa berikut ini, yuk!

5 Olahraga yang Direkomendasikan untuk Anak Usia Balita

1. Jumping/Melompat

Tahukah Ibu? Jumping atau melompat bisa melatih kepercayaan diri si Kecil, lho! Ibu bisa melatih si Kecil melompat dengan media skipping atau trampoline. Bagi anak dengan usia di bawah tiga tahun, tentu trampoline jauh lebih aman.

Melompat juga bisa meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang si Kecil. Pastikan Ibu juga selalu memenuhi asupan kalsium yang sangat berperan penting bagi pertumbuhan tulangnya, ya!

2. Bersepeda

Selain melatih keseimbangan, Ibu juga bisa mengajarkan si Kecil untuk lebih fokus dan berkonsentrasi, lho!

Tentu saja, si Kecil akan terlatih memiliki tanggung jawab mengendarai sepedanya dengan aman dan nyaman. Hal ini tentu berpengaruh pada kecerdasan motorik dan empatinya kelak.

Selain itu, bersepeda juga sangat baik untuk melatih otot kaki agar lebih kuat dan tidak mudah pegal saat dewasa nanti.

3. Berjalan kaki

Harvard Medical School mencatat bahwa berjalan kaki sangat baik untuk membuat jantung lebih kuat.

Berjalan kaki 10-15 menit setiap pagi mampu memperkuat otot jantung sehingga kinerjanya lebih optimal. Hal ini juga dapat berisiko mengurangi risiko penyakit jantung saat si Kecil dewasa nanti.

Ibu bisa berjalan kaki bersama si Kecil sambil memperkenalkan si Kecil pada lingkungan sekitar. Tentu saja, hal ini dapat meningkatkan kecerdasan serta kepekaan sosialnya.

4. Lempar-Tangkap Bola

Yuk, lakukan permainan ini dengan menghitung skor apabila si Kecil sudah mengerti! Hal ini bisa melatih sportivitas pada si Kecil, serta meningkatkan kemampuan si Kecil untuk berkonsentrasi.

Perpaduan sportivitas dan tingkat konsentrasi yang tinggi, akan berpengaruh pada nilai akademik saat ia bersekolah nanti, lho! Tak ada salahnya untuk melatihnya sejak dini ya, Bu.

5. Berenang

Ini hampir menjadi favorit semua anak, ya! Melatih si Kecil berenang sejak dini sangat baik untuk kesehatan jantung, sistem pernapasan, tulang, serta otot yang lebih kuat.

Berenang juga efektif untuk membentuk postur tubuh lebih ideal. Aktivitas ini juga mampu meningkatkan kecerdasan kognitif pada anak sebab saat melakukan beragam gaya renang, sistem saraf si Kecil juga bekerja.

Tentu saja, manfaat kesehatan serta kecerdasan ini bisa bermanfaat untuk si Kecil hingga dewasa nanti.

 

Tips Olahraga untuk si Kecil

1. Buat jadwal rutin

Tiga faktor yang mempengaruhi efektif atau tidaknya aktivitas olahraga adalah intensitas, durasi, dan juga frekuensi. Untuk itu, pastikan Ibu melatih si Kecil berolahraga secara rutin mengikuti jadwal.

Buatlah jadwal mingguan untuk melakukan aktivitas olahraga yang si Kecil senangi. Hal ini juga melatih si Kecil disiplin terhadap rutinitas, lho.

2. Asupan cairan yang cukup

Saat si Kecil sedang berolahraga atau bermain dengan aktif, jangan lupa untuk memantaunya agar ia tidak dehidrasi. Pastikan kebutuhan cairan tubuhnya terpenuhi setidaknya dengan minum air putih 8 gelas setiap hari.

3. Berikan kebebasan si Kecil untuk eksplorasi

Selain melalukan olahraga di luar ruangan, Ibu juga bisa memberikan kebebasan untuk si Kecil mengeksplor apa yang ia senangi dengan kegiatan fisik yang tetap aktif.

Pergi ke playground, taman, atau mengajaknya bermain lempar bola juga bisa menjadi salah satu opsinya. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan aspek sosial si Kecil, lho!

4. Penuhi nutrisi seimbang untuk daya tahan tubuh si Kecil

Jangan sampai si Kecil yang aktif justru jadi mudah sakit! Pastikan Ibu selalu memenuhi nutrisi seimbang untuk si Kecil dengan memberikan asupan makanan yang bergizi serta didukung dengan Enfa A+ 3 New Extra Advanced Formula.

Susu formula pilihan Ibu di Indonesia ini sangat kaya akan vitamin mulai dari vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Enfagrow A+ 3 New Extra Advanced Formula juga tinggi kalsium sehingga efektif menjaga kekuatan dan kepadatan tulang si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Selain itu, Enfagrow A+ 3 New Extra Advanced Formula juga diperkaya dengan Beta-Glucan yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan tetap aktif.

Istimewanya, Enfagrow A+ 3 New Extra Advanced Formula memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 tertinggi yang sangat baik untuk perkembangan otak si Kecil, khususnya secara motorik.

Yuk, ciptakan masa depan si Kecil yang aktif dan sehat bersama Enfagrow A+ 3 New Extra Advanced Formula!