Bagaimana memastikan semua orang yang memberi makan si kecil, seperti kakek dan neneknya, untuk mengikuti apa yang Ibu terapkan?

Terkadang kakek-nenek, pengasuh si kecil, dan siapapun yang menjaga si kecil belum mempunyai pemahaman sebanyak Ibu tentang pemberian makanan bernutrisi bagi si kecil. Jika Ibu ingin memberitahukannya, lakukanlah. Jelaskan bahwa sebenarnya Ibu tidak ingin melarang si kecil, namun  jika ia terus meminum jus buah atau memakan makanan yang tidak mengandung kalori (seperti kue dan permen), maka si kecil cenderung akan sulit memakan makanan bernutrisi yang justru dibutuhkannya. Belum lagi, Ibu ingin ia membangun  kebiasaan makan yang sehat.

Menjelaskan beberapa fakta bisa membuka mata pengasuh si k ecil yang tidak atau belum memiliki anak, atau kakek-nenek yang berpikir bahwa mereka hanya melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk memanjakan cucu kesayangannya. Atau di masa mereka dahulu, orang-orang tidak banyak membicarakan mengenai hubungan antara nutrisi dan perkembangan anak. Misalnya, sebagian besar penelitian tentang bagaimana perkembangan otak dilakukan dalam 20 tahun terakhir. Jadi ilmu ini tidak banyak ditekankan pada masa orang tua Ibu sedang membesarkan Ibu dulu.

Ketika Ibu menitipkan si kecil untuk diasuh orang lain, jadwalkan tentang menu dan kapan ia harus makan makanan utama dan camilannya. Memberikan petunjuk khusus untuk pengasuh dapat membantu untuk menghindari adanya perbedaan generasi dan budaya. Ibu bahkan bisa meminta pengasuh untuk menuliskan di kertas atau di dalam aplikasi apapun, mengenai apa yang dimakan si kecil agar mereka lebih bertanggung jawab dan Ibu mendapatkan rincian apa yang ia konsumsi. Jika pilihan menu makanan yang Ibu siapkan sudah cukup jelas, mudah dibuat dan disajikan, para pengasuh akan dengan senang hati untuk mengikuti dan memahami mengapa hal tersebut harus diikuti. Meskipun demikian, Ibu harus lebih bijak ketika membahas masalah ini dengan kakek-nenek si kecil, karena Ibu tentunya membutuhkan mereka untuk selalu mendampingin Ibu merawat si kecil.