Agar perkembangan otak si Kecil optimal, Ibu bisa memberikan vitamin anak untuk otak. Namun vitamin dan nutrisi yang penting bagi perkembangan otak si Kecil juga bisa didapatkan dengan mudah dari makanannya sehari-hari, lho. Apalagi salah satu cara untuk mendukung kecerdasan otak si Kecil adalah dengan menutrisi otak lewat asupan makanan yang tepat.

Pemberian nutrisi dan vitamin anak untuk otak ini sangat penting apalagi ketika otak anak dalam fase berkembang pesat. Bahkan American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan, tanpa nutrisi yang cukup di masa-masa emas perkembangan otak bisa menyebabkan tidak optimalnya kerja otak anak di masa depan. Namun, apa saja sih makanan yang mengandung nutrisi baik untuk otak si Kecil? Yuk, berkenalan dengan nutrisi yang penting bagi perkembangan otak anak serta sumber makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

1. Zat Besi

Dari berbagai jenis nutrisi dan vitamin anak untuk otak, salah satu yang bermanfaat bagi perkembangan otak si Kecil adalah zat besi. Puluhan penelitian telah membuktikan bahwa zat besi memiliki peran penting dalam perkembangan otak si Kecil. Zat besi membantu melindungi sel otak si Kecil agar dapat berfungsi dengan baik. Beberapa sumber makanan seperti ikan, bayam, daging ayam, daging sapi, hati, telur, dan kacang-kacangan, merupakan sumber zat besi yang baik untuk si Kecil.

2. DHA

Manfaat DHA untuk perkembangan otak si Kecil adalah meningkatkan kemampuan memori sehingga turut si Kecil tentu jadi lebih mudah saat mempelajari hal-hal baru. Beberapa makanan yang mengandung DHA dan baik untuk otak si Kecil antara lain: tuna, hati sapi, salmon, dan kuning telur.

Baca Juga: 2 Nutrisi, 8 Tanda Cerdas

3. Omega 3 dan 6

Kandungan nutrisi dalam bentuk omega 3 dan 6 ini bermanfaat tak hanya untuk tubuh tapi otak si Kecil. Kedua  nutrisi ini  dapat mengoptimalkan kemampuan kognitif si Kecil, mengoptimalkan kemampuan mengingat anak, hingga meningkatkan fokus saat si Kecil belajar. Omega 3 bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti ikan tuna atau salmon, serta sayuran hijau, sedangkan beberapa sumber makanan yang mengandung omega 6 antara lain sayuran berdaun, kacang-kacangan dan sereal.

4. Kolin 

Asupan kolin untuk melengkapi pemberian nutrisi dan vitamin anak untuk otak jadi penting karena kolin meningkatkan fungsi kognitif otak. Tak heran bila ibu hamil pun dianjurkan mengonsumsi makanan mengandung kolin untuk membantu perkembangan otak janin. Kolin juga bisa didapatkan dari ikan, daging merah, kuning telur, brokoli, kembang kol, dan kacang-kacangan.

5. Vitamin B & Vitamin C

Vitamin B dan vitamin C adalah beberapa vitamin yang memiliki banyak manfaat untuk perkembangan otak anak. Sebagai vitamin anak untuk otak, vitamin B membantu meningkatkan memori dan bisa didapatkan dari bayam, daging sapi, ikan, dan wortel. Sedangkan vitamin C, selain mampu meningkatkan kemampuan kognitif, juga membantu menjaga kesehatan otak. Makanan seperti seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan kol, merupakan makanan yang kaya akan vitamin C.

Selain nutrisi serta vitamin anak untuk otak yang bisa ditemukan pada berbagai makanan bergizi seperti lauk-pauk, sayur, dan buah, susu pertumbuhan juga bisa menjadi tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin si Kecil. 

Bantu lengkapi nutrisinya dengan Enfagrow A+ MFGM Pro, dengan DHA tertinggi (35 mg per saji), Sphingomyelin (32 mg per saji) dan Phospolipid (167 mg per saji). Selain itu, Enfagrow A+ MFGM Pro dilengkapi juga dengan nutrisi lainnya seperti omega 3 dan 6, kolin, tinggi zat besi, tinggi zink, tinggi vitamin C dan vitamin B, serta tidak mengandung sukrosa. Ibu dapat memberikan si Kecil 3 gelas Enfagrow A+ MFGM Pro setiap hari untuk bantu optimalkan kecerdasannya.

 

Sources:

  1. Cusick, Sarah & Georgieff, Michael. (2016). The Role of Nutrition in Brain Development: The Golden Opportunity of the “First 1000 Days”. The Journal of Pediatrics. 175. 10.1016/j.jpeds.2016.05.013. https://www.researchgate.net/publication/303795135_The_Role_of_Nutrition...
  2. A randomised control trial in schoolchildren showed improvement in cognitive function after consuming a bread spread, containing fish flour from a marine source. Dalton A, Wolmarans P, Witthuhn RC, van Stuijvenberg ME, Swanevelder SA, Smuts CM Prostaglandins Leukot Essent Fatty Acids. 2009 Feb-Mar; 80(2-3):143-9.
  3. Dalton, Annalien & Wolmarans, Petronella & Witthuhn, Corli & van Stuijvenberg, Martha & Swanevelder, Sonja & Smuts, Cornelius.  A randomised control trial in schoolchildren showed improvement in cognitive function after consuming a bread spread, containing fish flour from a marine source. Prostaglandins, leukotrienes, and essential fatty acids. (2009).80. 143-9. 10.1016/j.plefa.2008.12.006
  4.  A randomised control trial in schoolchildren showed improvement in cognitive function after consuming a bread spread, containing fish flour from a marine source. Dalton A, Wolmarans P, Witthuhn RC, van Stuijvenberg ME, Swanevelder SA, Smuts CM Prostaglandins Leukot Essent Fatty Acids. 2009 Feb-Mar; 80(2-3):143-9.
  5. Dalton, Annalien & Wolmarans, Petronella & Witthuhn, Corli & van Stuijvenberg, Martha & Swanevelder, Sonja & Smuts, Cornelius.  A randomised control trial in schoolchildren showed improvement in cognitive function after consuming a bread spread, containing fish flour from a marine source. Prostaglandins, leukotrienes, and essential fatty acids. (2009).80. 143-9. 10.1016/j.plefa.2008.12.006.
  6. Korsmo HW, Jiang X, Caudill MA. Choline: Exploring the Growing Science on Its Benefits for Moms and Babies. Nutrients. 2019;11(8):1823. Published 2019 Aug 7. doi:10.3390/nu11081823 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6722688/