Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi. Setelah memberikan ASI secara eksklusif, sejumlah Ibu mungkin akan mencoba mengenalkan susu formula pada anak. Namun, kondisi tiap anak dapat berbeda-beda. Terkadang ada bayi yang tidak cocok dengan susu formula yang dicerna karena. Apa saja ciri bayi tidak cocok susu formula?

Ciri bayi tidak cocok susu formula

Beberapa bayi menunjukkan tanda-tanda tidak cocok dengan susu yang dikonsumsi. Umumnya, tanda-tanda tersebut disebabkan oleh dua hal, yaitu alergi dan intoleransi (sensitivitas) terhadap zat-zat yang terdapat pada susu.

Secara umum, alergi dan intoleransi susu formula memiliki gejala yang serupa, seperti gangguan pencernaan. Walaupun memiliki tanda-tanda yang mirip, alergi dan intoleransi merupakan dua hal yang berbeda, Bu.

Oleh sebab itu, ayo simak tanda-tanda umum pada dua penyebab umum tersebut.

Tanda tidak cocok susu formula akibat alergi

Secara garis besar, bayi yang "rewel" setelah mengonsumsi susu formula dapat disebabkan  oleh alergi terhadap susu sapi atau lainnya. Ciri-ciri bayi tidak cocok dengan kandungan susu formula akibat alergi meliputi:

  • Reaksi alergi pada kulit (ruam merah yang gatal dan pembengkakan di bibir, wajah, dan area mata)
  • Masalah pencernaan (sakit perut, muntah, diare, sembelit, gejala kolik)
  • Pilek, hidung tersumbat, atau gejala demam lainnya
  • Eksim yang tak kunjung sembuh walaupun diobati

Perlu diketahui bahwa gejala-gejala akibat alergi ini dapat timbul sesaat atau beberapa jam hingga hari setelah mengonsumsi susu. Dikutip dari Mayo Clinic, alergi susu pada bayi disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang tidak bekerja dengan wajar. Alhasil, ada reaksi berlebihan pada si Kecil ketika zat-zat susu masuk ke dalam tubuh.

Ibu perlu tahu bahwa alergi susu sapi juga dapat terjadi walaupun si Kecil masih diberikan ASI eksklusif. Mengutip dari National Health Security (NHS), kandungan produk yang terbuat dari sapi dapat masuk ke dalam ASI dan tersalurkan pada anak. Akan tetapi, ini sangat jarang terjadi.

Untuk mengatasi alergi susu pada bayi, ada baiknya Ibu memeriksakan si Kecil ke dokter anak. Ingat ya Bu, lebih baik tidak mengganti atau mengeliminasi susu tanpa saran dokter.

Tanda bayi tidak cocok susu formula akibat intoleransi

Ibu, apakah si Kecil suka rewel setelah minum susu? Ini bisa jadi pertanda ia mengalami intoleransi laktosa. Ciri-ciri bayi mengalami intoleransi laktosa karena tidak cocok dengan susu formula adalah:

  • Feses bayi cair, dapat berwarna hijau dan berbusa
  • Mudah rewel
  • Sakit perut
  • Perut kembung
  • Suka buang gas
  • Diare
  • Berat badan tidak kunjung naik
  • Ruam popok

Masalah ini timbul karena sistem pencernaan bayi masih dalam pertumbuhan. Alhasil, enzim laktase yang berfungsi mencerna laktosa dan protein pada susu belum bekerja dengan baik.

Menurut Pregnancy Birth & Baby, gejala-gejala di atas sangat umum terjadi pada bayi. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya tidak asal berhenti menyusui anak jika si Kecil masih menerima ASI eksklusif. Untuk anak yang sudah minum susu formula, harap diskusi dengan dokter terlebih dahulu.

Lakukan ini ketika bayi tidak cocok susu formula

Alergi dan intoleransi merupakan dua hal yang berbeda. Secara sederhana, alergi merupakan reaksi tubuh terhadap zat-zat tertentu. Alergi memiliki kaitan dengan sistem kekebalan tubuh sehingga penanganannya lebih rumit daripada intoleransi.

Di sisi lain, intoleransi merupakan tanda-tanda tubuh lebih sensitif terhadap kandungan makanan. Menurut Cleveland Clinic, sensitivitas terhadap zat makanan lebih mudah ditangani daripada alergi.

Ketika bayi menunjukkan ciri tidak cocok dengan susu formula dan rewel akibat sakit perut, Ibu dapat mencoba menenangkan anak dengan berbagai cara mengobati sakit perut pada anak secara alami berikut:

  • Menggendongnya sembari jalan di lingkungan rumah
  • Lebih sering menyendawakan bayi ketika ia menyusu
  • Mengusap punggungnya
  • Mengompres perutnya dengan handuk hangat
  • Memutar lagu atau nada kesukaan si Kecil

Lantas, bagaimana cara mengatasi bayi yang mengalami alergi atau intoleransi terhadap susu?

Penanganan umum bayi yang tidak cocok susu formula adalah dengan mengganti jenis susu atau mengeliminasi susu dari asupan nutrisi anak untuk sementara waktu. Jika anak masih menyusu, Ibu akan diminta untuk tidak mengonsumsi produk susu selama beberapa waktu.

Namun, Ibu tidak boleh asal mengganti atau berhenti memberikan susu dan ASI jika bayi tidak cocok minum susu formula dan timbul ciri-ciri alergi ataupun intoleransi. Harap konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak agar kondisi tersebut dapat dievaluasi. Singkat kata, penanganan harus dilakukan hanya setelah diagnosis dari dokter.

Apabila si Kecil sering rewel, perut kembung, dan buang angin kemungkinan ia mengalami ketidaknyamanan pencernaan. Segera berikan ia Enfagrow A+ Gentle Care MFGM Pro yang dilengkapi dengan PHP (Partially Hydrolyzed Protein) formula yang memiliki protein yang sudah dipecah 50% lebih kecil, sehingga lebih mudah dicerna oleh perut si Kecil yang peka, serta mengandung DHA lebih tinggi* (35 mg/saji), Omega 3 dan 6, Asam Folat, Zat Besi, dan Kalsium untuk bantu dukung proses belajarnya! Enfagrow A+ Gentle Care MFGM Pro bisa langsung dibeli di minimarket, supermarket, atau official store Enfagrow A+ di e-commerce kesayangan. Kunjungi juga Instagram @enfaclub dan www.enfa.co.id untuk informasi produk lainnya!

Enfagrow A+ Gentle Care

Referensi: