Sakit perut merupakan keluhan yang umum dirasakan anak-anak. Kondisi ini dapat membuat anak menjadi murung dan kehilangan semangat melakukan aktivitas yang mereka suka. Yuk, cari tahu penyebab dan apa saja obat sakit perut anak.

Penyebab sakit perut si Kecil

Dilansir dari laman Scripps, ada berbagai macam pemicu sakit perut pada anak. Penumpukan gas di perut, konstipasi, porsi makan yang terlalu banyak, dan diare. Hal-hal ini yang membuat anak menjadi rewel atau mengeluh sakit perut kepada Ibu.

Gas yang berlebihan di perut dapat menyebabkan keram perut. Penyebab umumnya merupakan makanan atau minuman yang dikonsumsi, seperti cokelat dan minuman bersoda.

Kemudian, sembelit atau konstipasi juga mampu memicu sakit perut. Nyeri akibat sembelit dapat dirasakan di area pusar atau sisi kiri perut bagian bawah. Alhasil, hal ini membuat Ibu mencari obat sakit perut anak.

Selanjutnya, makan dengan porsi yang terlalu banyak dan tidak dikunyah dengan baik mampu menimbulkan gangguan pencernaan. Gejala umumnya timbul seusai makan.

Keluhan lain yang umum dilaporkan adalah diare. Diare dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Bisa juga terjadi sebagai tanda bayi tidak cocok dengan susu formula lantaran mengalami sensitivitas terhadap laktosa alias senyawa pada susu.

Obat rumahan untuk mengatasi sakit perut anak

Ketika sakit perut menyerang si Kecil, sejumlah hal-hal di bawah ini mampu mengatasi gangguan perut yang umum terjadi pada anak. Berdasarkan NewKidsCenter, berikut beberapa di antaranya:

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan cemilan sehat yang bagus dikonsumsi oleh anak, terutama bila si Kecil sedang sakit perut. Pasalnya, yoghurt mampu menyeimbangkan jumlah bakteri baik di tubuh. Ketika diare menyerang tubuh, jumlah bakteri baik dapat menurun sehingga perlu dibuat seimbang kembali. Yoghurt juga berperan membantu menetralkan isi perut yang mengalami keram akibat banyaknya gas di perut.

Jangan lupa untuk meminta anak minum yoghurt tanpa menggunakan sedotan agar gas di perut tidak bertambah, Bu.

2. Teh kamomil

Kamomil atau sering disebut chamomile diklaim memiliki efek menenangkan dan antiperadangan. Minum segelas teh kamomil mampu membantu otot perut menjadi lebih rileks. Lantas, apa hubungannya perut rileks dengan sakit perut? Otot perut yang rileks mampu melemaskan perut yang menegang akibat keram.

Dengan begitu, teh kamomil dapat menjadi pilihan obat sakit perut anak.

3. Madu

Sebuah kajian berjudul Honey, Propolis, and Royal Jelly: A Comprehensive Review of Their Biological Actions and Health Benefits menyatakan kandungan dari madu mampu melapisi saluran pencernaan yang mengalami iritasi. Untuk menggunakan madu sebagai obat sakit perut anak, Ibu dapat membuat teh hangat dengan campuran madu. Bisa juga hanya dengan meminta anak untuk menikmati satu sendok madu.

Akan tetapi, jangan memberikan madu ke si Kecil yang belum menginjak 1 tahun ya. Tujuannya agar anak terhindar dari risiko botulisme atau keracunan akibat bakteri.

4. Kompres hangat sebagai obat sakit perut anak

Ketika balita menangis karena sakit perut, Ibu dapat menyiapkan kompres hangat menggunakan handuk kecil. Kehangatan yang dirasakan anak dapat menyamarkan rasa sakit di perut. Hasilnya, anak menjadi lebih tenang.

5. Jahe

Masalah perut dapat diatasi dengan jahe. Lalu, bagaimana cara jahe mampu menjadi obat sakit perut anak? Studi tahun 2018 menyatakan bahwa kandungan pada jahe membantu membuang gas dari saluran pencernaan. Efek ini dikenal dengan nama karminatif.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Ibu tinggal mengupas kulit jahe, mengiris tipis, dan menuangkan potongan jahe ke dalam air hangat. Biarkan selama beberapa menit sebelum menyajikan air jahe untuk anak.

Harap tidak memberikan jahe ke anak berusia di bawah 2 tahun, ya.

6. Lemon dan min

Air minum dengan campuran perasan lemon dan daun min (mint) berpotensi membantu perut yang mengalami sakit akibat gas atau sembelit. Khasiat daun min dianggap mampu menenangkan perut dan membantu menghilangkan bakteri jahat. Sementara itu, lemon mampu menenangkan nyeri perut.

7. Obat sakit perut anak dalam bentuk makanan seperti pisang, nasi, saus apel, teh

Diare yang menyerang anak dapat membuatnya kehilangan selera makan. Akan tetapi, anak tetap harus mengonsumsi makanan bernutrisi agar tumbuh kembangnya tidak terganggu.

Keempat makanan ini dapat diberikan pada anak menurut dokter spesialis gastroenterologi, Norman M. Panitch. Keempat ini cukup ramah di perut ketika rasa tak nyaman melanda lambung si Kecil.

Untuk saus apel, cara membuatnya cukup mudah. Cukup memilih sejumlah apel yang manis, potong, dan rebus di dalam panci.

Obat-obatan alami di atas dapat membantu untuk meredakan sakit perut pada anak. Akan tetapi, Ibu tetap harus membawa anak ke dokter apabila sakit perut tak kunjung reda supaya kondisi si Kecil dapat dievaluasi.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

Referensi: