Apa itu DHA?

DHA (docosahexaenoic acid) adalah salah satu dari dua asam lemak omega-3 yang ditemukan pada seluruh bagian tubuh. Asam lemak lainnya adalah EPA, atau Asam Eicosapentaenoic Acid. DHA merupakan bagian lemak struktural utama pada otak dan retina.

Penting juga untuk Ibu ketahui bahwa ada dua jenis asam lemak tak jenuh ganda, yaitu omega-3 dan asam linoleat omega-6 berantai pendek, yang ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak tertentu. Tubuh manusia membutuhkan keduanya, namun sebagian besar orang saat ini mengonsumsi omega-6 10 kali lebih banyak daripada omega-3, padahal pada kenyataannya mereka harus mengonsumsi lebih banyak omega-3.

Bagaimana DHA membantu perkembangan si Kecil?

Ibu, si Kecil membutuhkan DHA terutama untuk perkembangan otak yang sehat. Karena ketika empat area kritis otak mereka (Intelektual, Motorik, Emosional, dan Komunikasi) dipelihara dan distimulasi dengan benar, mereka dapat mencapai lebih banyak lagi dalam kehidupannya.

Dimana DHA ditemukan?

Sumber makanan terbaik untuk DHA adalah ikan berlemak, seperti salmon dan sarden. DHA juga ditemukan pada kerang. Berbagai jenis ikan seperti ikan lele, udang, salmon liar, pollack, dan tuna (tuna kaleng memiliki merkuri tiga kali lebih sedikit daripada tuna albacore) merupakan sumber yang paling aman, karena mengandung lebih sedikit racun. Ikan terkadang dijuluki makanan otak karena ikan merupakan sumber DHA yang sangat baik, dan sangat berkontribusi pada perkembangan otak yang sehat.

Minyak ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, dan Ibu bisa memberikannya melalui suplemen. Jangan lupa untuk menanyakan terlebih dahulu kepada dokter anak mengenai suplemen yang tepat bagi si Kecil serta variasi yang disarankan.

Pastikan Ibu selalu penuhi nutrisi seimbang untuk perkembangan otak si Kecil dengan memberikan asupan makanan yang bergizi serta didukung dengan Enfagrow A+ Neurapro. Dengan kadar DHA 35 miligram per gelas sajian, dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan DHA harian si Kecil. Ibu dapat memberikan 3 gelas Enfagrow A+ setiap hari untuk dukung kecerdasan otaknya. Ayo Bu, berikan ia nutrisi yang optimal agar si Kecil dapat terus belajar tanpa batas!

 

Referensi: