Sejak lama banyak orang menyatakan kecerdasan intelektual adalah  faktor mutlak yang paling berpengaruh pada kesuksesan hidup seseorang. Kenyataan hal ini tidak seluruhnya tepat lho, Ibu. Menurut penelitian, kecerdasan intelektual saja tak bisa menjadi satu-satunya tolak ukur kecerdasan seseorang. Selain hal ini, ternyata masih banyak juga informasi seputar kecerdasan intelektual yang sudah tidak tepat atau bahkan tergolong mitos. 

Kecerdasan intelektual adalah sebuah kemampuan seseorang terkait dengan intelektual, analisa, logika, dan rasio yang digunakan untuk menerima, menyimpan, dan mengolah informasi menjadi fakta. Berdasar definisi tadi, bisa dikatakan kecerdasan intelektual adalah hal yang sesungguhnya kompleks. Namun karena terlalu banyak informasi seputar kecerdasan intelektual yang beredar, Ibu mungkin jadi bingung ,“Manakah informasi yang tepat?”.  

Untuk memberikan dukungan optimal, memahami fakta seputar kecerdasan intelektual adalah hal yang penting karena dapat berdampak pada perkembangan kecerdasan si Kecil. Agar Ibu tak bingung, berikut ini beberapa pembahasan tentang mitos dan fakta seputar kecerdasan intelektual.  Yuk, simak beberapa penjelasannya.

Mitos 1: Nilai Kecerdasan intelektual adalah Hal yang Tak Mungkin Berubah 

Ibu mungkin pernah mendengar jika skor kecerdasan intelektual adalah hal yang tidak mungkin berubah sepanjang hidup seseorang. Jadi ketika si Kecil mengambil tes kecerdasan intelektual dan mendapatkan hasil skor 120, misalnya, angka ini akan stabil seumur hidup. Padahal kenyataannya saat beranjak dewasa skor kecerdasan intelektual si Kecil bisa saja berubah naik atau turun. Apalagi saat seseorang menua, kecerdasan intelektual atau nilai IQ mereka cenderung menurun. 

Mitos 2: Kecerdasan intelektual adalah Bawaan Lahir Sehingga Tak Mungkin Ditingkatkan

Tidak seperti kecerdasan lainnya, kecerdasan intelektual adalah bawaan dari lahir. Namun, bukan berarti kecerdasan intelektual tidak bisa diasah. Beberapa hal yang menurut penelitian dapat membantu mengasah dan meningkatkan kecerdasan intelektual adalah: rajin bergerak dan berolahraga, cukup beristirahat, mempelajari bahasa asing, hingga belajar memainkan alat musik. 

Baca Juga: Pentingnya Meningkatkan 8 Potensi Kecerdasan si Kecil

Mitos 3: Kecerdasan Intelektual adalah Satu-Satunya Faktor Kesuksesan Seseorang

Dahulu, orang mempercayai bahwa kecerdasan intelektual adalah faktor paling penting dan paling menentukan dalam kesuksesan hidup orang di masa depan. Namun sejak penelitian di tahun 1990, telah terbukti bahwa selain kecerdasan intelektual ada kecerdasan lain yang memiliki hubungan erat dengan kesuksesan seseorang di masa depan. Selain itu, faktor spiritual pun turut ambil bagian dalam mempengaruhi kecerdasan dan kesuksesan si Kecil di masa depan.  saja yang berpengaruh pada kesuksesan anak, kenyataannya faktor kecerdasan emosional dan spiritual juga memiliki pengaruh pada kesuksesan si Kecil di masa depan.  

Mitos 4: Nilai Kecerdasan Intelektual Tinggi adalah Pencapaian Luar Biasa

Jika si Kecil memiliki skor kecerdasan intelektual yang tidak setinggi teman-temannya, bukan berarti ia tak bisa menjadi sukses dan meraih banyak hal luar biasa ya, Bu. Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya kalau kecerdasan intelektual adalah salah satu faktor saja. Skor kecerdasan intelektual yang tinggi tidak menjamin kemampuan seseorang meraih hidup yang lebih baik. Ada banyak hal dan faktor lain yang akan mempengaruhi kecerdasan dan kesuksesan si Kecil di masa depan. 

Mitos 5: Kecerdasan Intelektual Anak Laki-Laki Lebih Tinggi Daripada Perempuan

Kecerdasan intelektual adalah hal yang tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin. Tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa kecerdasan intelektual anak laki-laki secara umum akan lebih tinggi daripada anak perempuan. 

Tak dapat dipungkiri kalau kecerdasan intelektual adalah hal yang penting dimiliki si Kecil, namun jangan sampai terjebak informasi atau mitos seputar kecerdasan intelektual yang dapat menghambat perkembangan kecerdasan intelektual si Kecil ya, Bu.

Setelah memahami beberapa fakta terkait kecerdasan intelektual tadi, jangan lupa untuk dukung perkembangan kecerdasan si Kecil dengan memberikan New Enfagrow A+ MFGM Pro. Dengan dua kali manfaat nutrisi MFGM dan DHA, New Enfagrow A+ MFGM Pro bantu perkembangan koneksi sel otak dan mendukung kecerdasan si Kecil.

 

Sources:

  1. University of Western Ontario. "Scientists debunk the IQ myth: Notion of measuring one's intelligence quotient by singular, standardized test is highly misleading." ScienceDaily. ScienceDaily, 19 December 2012. <www.sciencedaily.com/releases/2012/12/121219133334.htm>.
  2. Mutaqien, Ibnu Aziz. "Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Stres Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Rumah Sakit Umum Sakina Idaman Sleman, Yogyakarta." (2019). https://media.neliti.com/media/publications/85450-ID-analisa-pengaruh-ke....
  3. Ramsden, Sue et al. (2011). Verbal and non-verbal intelligence changes in the teenage brain. Nature. May 17. Doi:10:1038/nature10514. 
  4. Aberg MA, Pedersen NL, Torén K, et al. Cardiovascular fitness is associated with cognition in young adulthood. Proc Natl Acad Sci U S A. 2009;106(49):20906-20911. doi:10.1073/pnas.0905307106 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2785721/
  5. Alhola P, Polo-Kantola P. Sleep deprivation: Impact on cognitive performance. Neuropsychiatr Dis Treat. 2007;3(5):553-567.
  6.  Johan Mårtensson, Johan Eriksson, Nils Christian Bodammer, Magnus Lindgren, Mikael Johansson, Lars Nyberg, Martin Lövdén, Growth of language-related brain areas after foreign language learning, NeuroImage, Volume 63, Issue 1, 2012, Pages 240-244, https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2012.06.043.
  7.  Jäncke L. Music drives brain plasticity. F1000 Biol Rep. 2009;1:78. Published 2009 Oct 14. doi:10.3410/B1-78 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2948283/
  8. Salovey P, Grewal D. The Science of Emotional Intelligence. Current Directions in Psychological Science. 2005;14(6):281-285. https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1111/j.0963-7214.2005.00381.x?