Seperti banyak kemajuan ilmiah lainnya, ilmu gizi juga telah berkembang pesat. Namun DHA bukanlah hal baru. DHA atau docosahexaenoic acid adalah sejenis asam lemak omega-3.

DHA telah dipelajari selama bertahun-tahun sebagai nutrisi yang bermanfaat bagi anak-anak dan orang dewasa. Susu formula yang memiliki DHA telah dipelajari secara klinis selama lebih dari 20 tahun. DHA telah terbukti mampu mendukung perkembangan otak sejak dini. Pertumbuhan otak si Kecil dimulai dari saat ia dikandung di dalam rahim, dan terus berkembang pesat hingga usia 3 tahun. Oleh karena itu, nutrisi esensial bagi otak ini juga dapat ditemukan dalam formula susu anak yang dirancang untuk memberikan nutrisi penting bagi pertumbuhan otaknya.

DHA adalah asam lemak esensial bagi otak dan merupakan komponen struktural utama jaringan otak, yang berperan dalam komunikasi efektif antara sel-sel otak. DHA adalah salah satu nutrisi yang merupakan bahan penyusun otak yang membantu membangun otak dan menjaga sel-sel otak tetap fleksibel. DHA penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak, serta fungsi otak. DHA, bersama dengan nutrisi lain seperti Vitamin B, Zat Besi, Zinc, dan Yodium membantu mendukung perkembangan si Kecil secara keseluruhan pada area perkembangan utama, seperti keterampilan kognitif, motorik, emosional, dan komunikasi. Area perkembangan utama ini membantu berkontribusi pada pembelajaran berkelanjutan si Kecil secara menyeluruh.

Apakah si Kecil telah mendapatkan asupan DHA yang memadai? 

Jika si Kecil berusia antara 12-24 bulan, FAO/WHO merekomendasikan asupan DHA hariannya sebanyak 10-12 miligram per kilogram berat badan anak-anak di usia ini. Meskipun nutrisi esensial ini dapat diperoleh dari sumber makanan alami seperti ikan tenggiri dan salmon, sebagian besar balita mungkin tidak mengonsumsi makanan tersebut secara rutin.

Bagaimana mencukupi asupan DHA si Kecil? 

Tahun-tahun awal kehidupan si Kecil merupakan masa emasnya untuk membangun fondasi pembelajaran yang kokoh. Inilah periode ketika otak si Kecil tumbuh dan berkembang pesat, bersama dengan area perkembangan lainnya.

Untuk mendukung perkembangan otak di masa emas si Kecil, Ibu perlu memberikan asupan nutrisi yang kaya akan DHA. Enfagrow A+ Neurapro adalah susu dengan kandungan DHA yang diformulasikan secara ilmiah dan memiliki kadar DHA 35mg per saji untuk membantu si Kecil memenuhi kebutuhan asupan DHA hariannya. Dengan memberikan si Kecil 3 gelas Enfagrow A+ Neurapro setiap hari, Ibu dapat membantu perkembangan otaknya secara optimal dan mendukung kemampuan belajar tanpa batas.

 

Referensi: 

  • FAO 2010, Fats and fatty acids in human nutrition. Report of an expert consultation. FAO Food and Nutrition Paper no.91.FAO: Rome.
  • USDA Food Composition Databases. https://ndb.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/172322/nutrients Accessed on April 2019.
  • Mead Johnson Nutrition Company’s claim is based in part on Value Sales data reported by Nielsen for the Children Nutrition Milk Formula category across measured off-premise retail channels in 27 countries for the 12 months ending June 2017.
  • Kuratko CN, Barrett EC, Nelson EB, Salem N Jr.The relationship of docosahexaenoic acid (DHA) with learning and behavior in health children: a review. Nutrients. 2013;5:2777-810.
  • Why is DHA Important for Your Child. Retrieved 11 February 2021, from https://www.enfagrow.com.sg/articles/why-dha-important-your-child