Tahukah Ibu, selain memberikan pendampingan belajar, peran nutrisi menentukan kecerdasan otak si Kecil. Oleh karenanya, Ibu perlu memperhatikan nutrisi penting pada menu makanan hariannya. Salah satu nutrisi yang memiliki manfaat untuk dukung kecerdasan otak anak adalah omega 3 dan 6.

Yuk, kulik betapa pentingnya kedua peran omega 3 dan 6 untuk tumbuh kembang si Kecil.

Mengetahui Manfaat Omega 3 dan 6 untuk Kebaikan Anak

Rasanya bahagia melihat si Kecil yang mulai dapat membaca buku, gemar berbincang, atau bahkan belajar mengatakan “terima kasih” ketika diberikan sesuatu. Proses ini membutuhkan tahapan dan kesabaran Ibu dalam mengajarkannya.

Ada beragam nutrisi yang dibutuhkan si Kecil agar ia siap melangkah ke tahapan tumbuh kembang selanjutnya. Termasuk asam lemak omega 3 dan 6 untuk tumbuh kembang si Kecil.

Jika mengetahui kegunaannya, nutrisi tersebut tidak hanya untuk memelihara kesehatan si Kecil, tetapi membantu proses belajar si Kecil. Berikut ini manfaat selengkapnya dari omega 3 dan 6 yang wajib Ibu ketahui.

1. Mendorong proses belajar si Kecil

Perkembangan kognitif si Kecil semasa proses belajarnya didukung dengan nutrisi omega 3 yang sering ditemukan dalam minyak ikan. Kecukupan omega 3 menjadi hal mendasar sebagai asupan pendukung perkembangan sistem saraf anak.

Disebutkan dalam studi Revista Paulista De Pediatria, bahwa omega 3 mampu mendukung perkembangan otak serta kesehatan mental si Kecil dalam tumbuh kembangnya. Selain itu, nutrisi tersebut juga meningkatkan daya lihat manusia dalam beberapa tahun pertama kehidupannya.

Peneliti melakukan suplementasi omega 3 pada anak yang berusia 4 tahun selama 4 bulan. Mereka melihat adanya dampak positif pada kemampuan belajarnya, termasuk kemampuan mendengar dan mengumpulkan kosakata. Dari penelitian tersebut, dapat dikatakan penting untuk menyertakan omega 3 dalam asupan harian agar anak mendapatkan manfaat optimal.

2. Meningkatkan kemampuan membaca

Tahukah Anda bahwa si Kecil yang mulai belajar membaca juga melatih kekuatan dan kemampuan otak. Ini merupakan kemampuan dasar yang bisa dikembangkan anak, terutama dalam mengasah imajinasi, konsentrasi, serta kosakatanya.

Melalui asupan omega 3 dan 6, si Kecil dibantu untuk mendorong kemampuan membacanya. Disebutkan dalam Journal of Nutrition and Food Sciences oleh Kirby dan Derbyshire, omega 3 dan 6 mendukung kemampuan si Kecil dalam membaca. Nutrisi untuk otak anak ini juga membantu anak berkonsentrasi dan mendukung daya ingatnya.

Kemampuan si Kecil dalam membaca, fokus, dan mengingat tentu menjadikan fondasi kuat untuk berkembang pada masa mendatang.

3. Meningkatkan suasana hati dan merawat kesehatan mental

Masih dari penelitian Kirby dan Derbyshire, disebutkan juga bahwa manfaat omega 3 dan 6 baik untuk merawat kesehatan mental anak. Terutama menekan risiko hiperaktivitas dan ADHD pada si Kecil. Nutrisi tersebut juga dikatakan dapat mendukung kestabilan suasana hati si Kecil.

Ketika anak memiliki suasana hati yang baik, tentu memudahkan anak untuk menangkap informasi dan ajaran yang Ibu berikan. Kabar baiknya, berdasarkan laman Harvard Health Publishing, omega 3 juga memberikan manfaat untuk meningkatkan suasana hati si Kecil, termasuk mencegah si Kecil depresi atau gangguan perubahan suasana hati.

Sumber omega 3 dan 6 yang dukung kecerdasan si Kecil

Dari beragam manfaat yang mendukung fungsi otak, omega 3 dan 6 tentu penting untuk mendukung kecerdasan si Kecil. Di samping itu, secara umum omega 3 dan 6 juga turut mendukung kesehatan si Kecil secara keseluruhan dan menekan risiko penyakit, salah satunya gangguan jantung.

Kembali lagi berbicara manfaat omega 3 dan 6 untuk kecerdasannya, Ibu bisa memberikan asupan yang mengandung nutrisi tersebut untuk menstimulasi daya belajar anak.

Berikut sumber makanan kaya omega 3 dan 6 yang direkomendasikan Aviccena Journal of Phytomedicine dan Harvard Health Publishing School:

  • Ikan salmon
  • Ikan mackerel
  • Ikan sardin
  • Kacang kenari
  • Almond
  • Pisang

Di samping itu, Ibu bisa memberikan susu pertumbuhan yang tinggi kandungan omega 3 dan 6, prebiotik PDX/GOS dan serat pangan Beta Glucan. PDX/GOS dan Beta Glucan bantu tingkatkan kesehatan pencernaan dan imunitas si Kecil. Tentunya imunitas si Kecil yang kuat akan dukung perkembangannya. Pastikan anak mendapatkan manfaat omega 3 dan 6 dari asupan hariannya untuk dukung kemampuan belajar optimal.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini.

Referensi: