Tahukah Moms kalau membaca dapat membantu si Kecil mengembangkan kemampuan bahasa dan kosakatanya? Yuk, simak tips berikut untuk manfaatkan waktu membaca dengan si Kecil!

Pentingnya Membaca & Perkembangan Berbahasa

Perkembangan bahasa pada anak meliputi pemahaman awal tentang bunyi. Pasti Moms pernah memperhatikan saat si Kecil merespons suara, bukan hanya kata-kata tapi juga nada suara sebelum mereka bisa mengekspresikan diri mereka. Hal ini disebut bahasa reseptif, dimana perkembangan ini muncul sebelum anak memiliki kemampuan untuk merespons dengan baik.

Ketika si Kecil sudah memasuki usia sekolah, kosakata mereka bertambah hingga rata-rata 5.000, yang artinya mereka harus belajar, setidaknya tiga setengah kata dalam sehari. Membaca adalah cara yang ideal untuk membantu si Kecil mengembangkan kosakata dan memiliki pemahaman bahasa yang kuat.

Tips Membuat Membaca Sebagai Cara untuk Pengembangan & Penguasaan Bahasa si Kecil

 

1. Mulai sejak dini

Tidak ada umur yang terlalu dini untuk memulai kebiasaan membaca dengan si Kecil. Tapi, Moms perlu perhatikan bahwa balita akan mulai lebih tertarik pada buku ketika ia memasuki usia 6 bulan.

2. Sering membaca

Semakin sering Anda membacakan cerita untuk si Kecil, semakin siap dirinya untuk menggunakan sekaligus belajar bahasa di lingkungan sekolah. Tidak ada frekuensi yang ditetapkan untuk membaca, tapi yuk mulai membaca sesering mungkin.

3. Bikin sesi membaca lebih menarik

Buku yang menarik atau unik secara visual (seperti buku pop- up) sama pentingnya lho dengan warna-warna cerah pada buku dan topik yang Mom pilih untuk dibacakan ke si Kecil.

4. Jangan terpaku oleh narasi

Jangan terpaku pada kata-kata di halaman buku. ya, Moms! Ceritakan pada si Kecil tentang tindakan yang diambil oleh sebuah karakter, namakan objek, dan ajak anak diskusi tentang apa yang mereka lihat dalam buku dan picu anak untuk berpikir apa yang akan terjadi selanjutnya.

Ayo Moms, rutin membaca dengan Si Kecil! Selain untuk mengembangkan keahlian berbahasa, anak pun akan menumbuhkan rasa cinta terhadap membaca dalam jangka panjang.

 

Source: