Oleh Roby Rizki

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Asupan nutrisi harian si Kecil berasal dari berbagai macam makanan dan minuman yang dikonsumsinya sehari-hari. Nutrisi yang cukup dapat mendorong tumbuh kembang si Kecil sekaligus menjaga sistem imunnya agar tidak mudah sakit. Apabila Ibu khawatir si Kecil tidak mendapatkan asupan nutrisi yang mencukupi, salah satu alternatifnya adalah suplementasi dalam bentuk susu formula. Namun, bagaimana cara memilih susu formula sesuai kebutuhan si Kecil? Kandungan apa yang sebaiknya terdapat dalam susu formula? Simak penjelasan berikut ini ya, Bu.

 

Kandungan dalam susu formula untuk mendukung sistem imun si Kecil

 

Dokter akan selalu menyarankan anak mendapat asupan nutrisi dari ASI (air susu ibu). Namun terkadang Ibu tidak bisa setiap saat memenuhi anjuran ini. Oleh karena itu, susu formula dapat menjadi solusinya.

Namun, Ibu tentu perlu tetap memperhatikan kandungan di dalam susu formula tersebut. Terutama dalam mempertimbangkan susu formula yang dapat membantu sistem imun si Kecil agar tetap kuat. Apa saja kandungan dalam susu formula yang dimaksud di sini?

Beta-glucan

 

Sebuah penelitian di Cina yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition & Food Science menemukan bahwa Beta-glucan dapat meningkatkan kesehatan si Kecil. Asupan Beta-glucan yang dapat berasal dari susu formula mampu menurunkan risiko dan tingkat keparahan penyakit menular.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memilih susu formula yang mengandung Beta-glucan agar daya tahan tubuh si Kecil lebih kuat sehingga melindunginya dari penyakit menular.

Omega 3 & 6

 

The American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar semua anak mendapatkan asupan Omega 3 & 6 untuk membantu perkembangan otak dan kemampuan belajarnya.

Seperti yang dilansir dari Healthline, Omega 3 & 6 dipercaya dapat mendukung kemampuan belajar si Kecil, seperti fokus, daya tangkap dan memorinya. Ayo Bu dukung momen cerdasnya dengan memastikan si Kecil mengonsumsi nutrisi yang tinggi omega 3 & 6.

Prebiotik

 

Artikel dari Universitas Indonesia yang berjudul Terapi Probiotik dan Prebiotik pada Penyakit Saluran Cerna Anak menyatakan bahwa telah ada bukti mengenai manfaat prebiotik dalam pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit saluran cerna, termasuk diare infeksi, diare akibat antibiotik, traveller’s diarrhea, dan intoleransi laktosa.

Agar daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga dan terlindungi dari berbagai jenis penyakit seperti gangguan saluran cerna, pastikan susu formula mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan si Kecil, termasuk prebiotik.

Polydextrose dan galactooligosaccharides (PDX:GOS)

 

Polydextrose (PDX) adalah sejenis serat larut air (soluble fiber). PDX memiliki efek prebiotik, yang bermanfaat bagi bakteri sehat dalam usus yang berhubungan dengan sistem imun si Kecil.

Sebuah kajian yang diterbitkan di Journal of Nutrition pada tahun 2011 juga mendukung pernyataan ini. Penambahan PDX pada susu formula si Kecil akan menghasilkan efek prebiotik.

Lalu apa manfaat dari PDX:GOS? Sebuah kajian dari Department of Pediatrics di Brazil mengungkapkan, penambahan PDX dan GOS dalam formula terbukti dapat mendukung pencernaan lebih baik serta konsistensi feses yang lebih lunak bagi si Kecil.

Menurut kajian dari fasebj.org, susu formula yang dilengkapi kandungannya dengan PDX, GOX, dan Beta-glucan, lalu difortifikasi dengan mikronutrien termasuk zinc, vitamin A, dan zat besi bermanfaat dalam menurunkan manifestasi alergi di kulit dan saluran pernapasan, contohnya seperti ruam dan asma.

Cermat dalam memilih susu formula merupakan salah satu kunci untuk melindungi si Kecil dari ancaman berbagai jenis penyakit dan juga alergi. Pastikan si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga sehingga tidak mengganggu tumbuh kembangnya.

Ibu bisa memulainya dengan menyajikan nutrisi yang mengandung PDX:GOS. Salah satu nutrisi tersebut ada bisa ditemukan di dalam susu formula.

Susu ini diformulasikan secara spesial karena memiliki kombinasi nutrisi unik dengan prebiotik (PDX:GOS), Beta-glucan, dan kadar Omega 3 dan 6 tinggi yang terbukti klinis meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Dengan meminum susu ini, si Kecil memiliki peluang lebih baik untuk menghindari penyakit pernapasan seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, dan penyakit lain yang menunggu di sekolah ataupun selama di rumah, sehingga momen cerdasnya dapat optimal.

 

 

Sumber:

Fields, L. (2014, March 26). Tips to Choose Baby Formula. Retrieved April 3, 2020, from https://www.webmd.com/parenting/baby/choosing-a-formula#1

Cafasso, J. (2016). Iron Supplements for Kids: Safe Types. Retrieved April 3, 2020, from https://www.healthline.com/health/parenting/iron-supplements-for-kids

F, M. (2016). Bakers Yeast Beta-Glucan Decreases Episodes of Common Childhood Illness in 1 to 4 Year Old Children during Cold Season in China. Journal of Nutrition & Food Sciences, 6(4). https://doi.org/10.4172/2155-9600.1000519

Scalabrin, D., Stolz, S., Zhuang, W., Pontes, M., Mattos, A. de, Almeida, I., … Ribeiro, H. (2014). Impact Of Formula Containing Docosahexaenoic Acid, Prebiotics, and Beta-Glucan On Allergic Manifestations In Young Children. Journal of Allergy and Clinical Immunology, 133(2), AB211. https://doi.org/10.1016/j.jaci.2013.12.755

Firmansyah, A. (2016). Terapi Probiotik dan Prebiotik pada Penyakit Saluran Cerna Anak. Sari Pediatri, 2(4), 210. https://doi.org/10.14238/sp2.4.2001.210-4

Herfel, T. M., Jacobi, S. K., Lin, X., Fellner, V., Walker, D. C., Jouni, Z. E., & Odle, J. (2011). Polydextrose Enrichment of Infant Formula Demonstrates Prebiotic Characteristics by Altering Intestinal Microbiota, Organic Acid Concentrations, and Cytokine Expression in Suckling Piglets. The Journal of Nutrition, 141(12), 2139–2145. https://doi.org/10.3945/jn.111.143727

Polydextrose - an overview | ScienceDirect Topics. (2019). Retrieved April 5, 2020, from https://www.sciencedirect.com/topics/biochemistry-genetics-and-molecular-biology/polydextrose

Ribeiro, T. C. M., Costa-Ribeiro, H., Almeida, P. S., Pontes, M. V., Leite, M. E. Q., Filadelfo, L. R., … Scalabrin, D. M. F. (2012). Stool pattern changes in toddlers consuming a follow-on formula supplemented with polydextrose and galactooligosaccharides. Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition, 54(2), 288–290. https://doi.org/10.1097/MPG.0b013e31823a8a4c

Richter, J., Svozil, V., Král, V., Rajnohová Dobiášová, L., & Vetvicka, V. (2015). β-glucan affects mucosal immunity in children with chronic respiratory problems under physical stress: clinical trials. Annals of Translational Medicine, 3(4). https://doi.org/10.3978/j.issn.2305-5839.2015.03.20