Untuk kebanyakan ibu, proses persalinan dan kelahiran tidak akan seperti yang terlihat di film. Melainkan lebih luar biasa lagi. Beberapa wanita mengalami proses kelahiran yang cepat, tapi ada pula yang sangat lama. Banyak kelahiran yang dimulai dengan kontraksi, tapi ada juga yang tidak merasakan apa pun sampai air ketubannya pecah. Namun, inilah hal-hal yang akan terjadi (meskipun urutannya bisa berbeda untuk setiap orang):

1. Ibu akan mulai mengalami kontraksi.

 Ukur durasi dan interval antar kontraksi. Hubungi dokter terlebih dahulu sebelum bergegas ke rumah sakit.

2. Berangkat ke rumah sakit.

Sesampainya rumah sakit, daftarkan diri atau minta anggota keluarga lainnya yang melakukannya.

3. Ibu akan dibawa ke ruangan bersalin.

Ibu akan berganti pakaian dengan pakaian rumah sakit, dan diminta menandatangani beberapa formulir. Ibu akan mendapat pertanyaan seputar kontraksi yang dialami, dan apakah air ketuban sudah pecah. Perawat akan melakukan pemeriksaan terhadap denyut nadi, tekanan darah, urin, dan dilatasi serviks.

4. Ibu akan memasuki tahap pertama persalinan.

Tahap ini adalah tahap yang terpanjang, rata-rata 6-12 jam tergantung apakah Ibu sudah pernah melahirkan sebelumnya.

Pada fase awal, kontraksi mungkin terasa sakit, menekan dan membuat perut terasa penuh. Bantulah dengan berjalan-jalan.

Pada fase aktif, frekuensi kontraksi meningkat dan berlangsung lebih panjang, dengan interval antara 2-5 menit. Bantulah dengan duduk di kursi goyang atau mandi dengan air hangat.

Pada fase transisi, interval kontraksi adalah antara 2-3 menit dengan durasi 60-90 detik. Hal ini tidaklah mudah, tapi hanya berlangsung sebentar. Ingatlah teknik pernapasan yang Ibu pelajari di kelas melahirkan.

5. Ibu akan memasuki tahap kedua persalinan.

Tahap ini terjadi ketika dilatasi sudah terjadi sepenuhnya. Ketika sudah ada cukup ruang untuk bayi melewati leher rahim, Ibu akan diminta mendorong untuk membantu bayi bergerak melalui saluran melahirkan. Tahap ini berakhir saat bayi sudah keluar dan tali pusat dipotong.

6. Menjadi ibu.

Selamat, Ibu sudah berhasil. Persalinan belum sepenuhnya berakhir, tapi bagian yang tersulit sudah berlalu.

7. Ibu akan memasuki tahap terakhir persalinan.

Pada tahap ini, plasenta akan dikeluarkan dari rahim. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit, dan Ibu mungkin akan merasakan kontraksi ringan sampai seluruh plasenta sudah dikeluarkan.

Demikianlah terjadinya keajaiban proses melahirkan.