Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 37 minggu?

  • Si Kecil kini berada pada posisi meringkuk di dalam rahim Ibu. Dagunya diselipkan ke bawah dan tangannya dalam posisi memeluk, lututnya terletak di dekat dada.

  • Organ si Kecil siap berfungsi. Pada titik ini, organ si Kecil berada pada titik awal untuk mulai berfungsi, Ibu tetap bisa membantu mengoptimalkan perkembangan tubuh dan tulang si Kecil dengan makanan yang kaya akan protein dan kalsium.

  • Berat badan si Kecil kini hampir 3 kg. Berat badannya akan naik sekitar 14 gram per harinya mulai minggu ini.

Bagaimana perkembangan otak si kecil di masa hamil 37 minggu ini?

  • Koneksi antara neuron di otak si Kecil dengan otot akan semakin meningkat. Ini membuatnya memiliki kemampuan motorik yang lebih baik, seperti memegang jempol kakinya yang kecil.

  • Dukung daya serap otak si Kecil dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang bagus untuk otak, seperti yang mengandung DHA. Asam lemak omega 3 ini terdapat pada makanan seperti salmon dan sarden.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin dihadapi Ibu saat hamil 37 minggu?

Mungkin Ibu akan merasakan dorongan yang kuat untuk bersih-bersih, masak dan membuat rumah Ibu rapi. Ini dikenal sebagai ‘nesting’, insting yang normal karena kegelisahan mengenai perubahan besar yang akan segera datang. Tetap nyaman pada sisa masa kehamilan Ibu dengan melakukan tips di bawah ini:

  • Alih tugaskan tanggung jawab untuk ‘nesting’. Mintalah bantuan dari suami atau kerabat dekat Ibu untuk membantu Ibu menyelesaikan tugas di rumah.

  • Istirahat sebanyak mungkin. Hari kelahiran si Kecil akan segera datang. Simpan energi Ibu untuk melahirkan!

Tips untuk Ibu di tahap kehamilan 37 minggu ini

Ibu dan suami mungkin sudah bersiap-siap dengan perlengkapan yang harus dibawa ke rumah sakit. Di samping hal-hal penting seperti peralatan mandi, sebaiknya Ibu juga membawa benda seperti bola anti-stres, juga kamera untuk mengabadikan momen pertama dengan format keluarga yang lebih besar.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil! 

Pelajari juga bagaimana perkembangan janin saat ibu hamil usia 38 minggu.