Empati merupakan perpaduan sikap dan respon afektif dan kognitif terhadap apa yang dialami orang lain. Sejak dari bayi, anak telah dapat menunjukkan emosi melalui wajah atau gerakannya,
dan memiliki kecenderungan untuk menunjukkan perhatian dan simpati kepada orang-orang di sekitar, dan dapat mengekspresikan emosi yang sesuai dengan emosi orang lain.

8 Tanda cerdas: Perkembangan anak dalam keterampilan moral 

 

Kegiatan yang direkomendasikan untuk anak-anak 1 tahun ke atas

 

Penjelasan

Orang tua sebagai role-model

Orang tua harus berperilaku dengan menjadi contoh moral yang baik bagi anak-anak mereka. Melalui kegiatan sehari-hari, misalnya tidak berbohong untuk menolak ketika tetangga datang meminta bantuan.

Contoh lain seperti tidak mengemudi melalui lampu merah dengan berbagai alasan, tepat waktu saat bertemu dengan anak-anak dan orang lain baik di rumah maupun di luar ruangan, dll.

Latih anak Anda untuk membantu diri sendiri

 Latih anak Anda untuk membantu diri sendiri sesuai dengan usianya. Beberapa hal yang dapat dilakukuan yaitu:

  •  Belajar menyikat gigi, ibu membantu pada saat pertama kali, kemudian perlahan membiarkan anak ibu melakukannya sendiri.
  •  Di kemudian hari, ibu datang untuk melihat lagi apakah sikat gigi disimpan pada tempatnya sesudah digunakan.

Contoh lain seperti belajar berpakaian, kenakan kaus-celana dan sepatu anak Anda sendiri, belajar mengambil makanan sendiri, dll.

 

Biarkan anak-anak Anda membantu pekerjaan rumah tangga

 

Melatih anak-anak Anda untuk membantu Anda bekerja di rumah akan menciptakan landasan moral bagi anak-anak Anda. Anda bisa mulai dari tugas-tugas sederhana, seperti merapikan tempat tidur sendiri, mengambil pakaian untuk dicuci di mesin cuci, menempatkan peralatan makan di atas meja, membantu ibu untuk menyimpan pakaian di lemari, membantu ibu menyiram tanaman, dll.

Ketika anak-anak telah terbiasa membantu pekerjaan rumah sejak kecil, mereka dapat dipercaya untuk tanggung jawab lebih saat beranjak dewasa.

Ceritakan tentang orang baik dan kisah moral kepada anak-anak Anda

 

Anda dapat menceritakan kisah yang memiliki karakter bermoral baik untuk disampaikan kepada anak. Sehingga anak dapat menyerap perbuatan baik dengan moralitas dari karakter tersebut.  Anda dapat menceritakan bagaimana pentingnya memberikan kursi untuk seorang nenek di bus,membawa makanan untuk kucing liar, dll.

Ajari anak untuk mencintai alam

 

Ajari anak-anak untuk mencintai alam dengan menanam tanaman, mengamati bunga, mengamati burung, kupu-kupu, ulat bulu, mengawasi kehidupan hewan peliharaan, memberi makan ikan, makanan kucing, dll.,sehingga menciptakan pikiran yang lembut untuk anak-anak Anda.

Mengadopsi atau memelihara hewan peliharaan

Memelihara binatang memungkinkan anak-anak untuk belajar tentang kasih sayang, kelembutan, berbagi tanggung jawab, dll.

Tetapkan tugas kepada anak-anak untuk berpartisipasi dalam memelihara hewan seperti memberi makan anjing atau kucing.

Menyumbangkan barang kepada yang kurang mampu

Ajaklah anak-anak Anda untuk memberi sumbangan dan beri tahu bahwa ada orang lain yang lebih sulit daripada mereka.

Ada orang lain yang tidak memiliki pakaian dan mainan seperti anak-anak Anda. Ajar mereka untuk memberi ketika melihat kotak sumbangan atau melihat seorang pengemis.