Mengetahui cara menavigasi semua informasi tentang Coronavirus (COVID-19) bisa membuat stres

 

Jika Ibu sedang hamil atau menyusui, mungkin Ibu sangat khawatir akan kemungkinan terjangkit Coronavirus (COVID-19) dan dampaknya terhadap kesehatan si kecil.

Tingkat resiko jika Ibu hamil

 

Seperti yang mungkin pernah Ibu dengar atau baca, bahwa wanita hamil lebih mungkin tertular influenza (disebabkan oleh kelas virus lain) dan tertular infeksi yang disebabkan oleh virus dari keluarga yang sama dengan Coronavirus (COVID-19). Dengan demikian, Ibu harus tetap waspada dan mengambil semua tindakan pencegahan selama kehamilan untuk meminimalisirkan resiko.

 

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Ibu lakukan. Yang pertama adalah untuk selalu menjaga kebersihan, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan juga bersihkan lantai permukaan rumah. Lalu langkah berikutnya, jangan pernah meninggalkan rumah jika tidak ada urusan yang darurat, serta pastikan untuk menghindari tempat ramai. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk makan secara benar dan istirahatlah dengan teratur agar dapat menjaga sistem kekebalan tubuh Ibu.

 

Jika terinfeksi, apakah Coronavirus (COVID-19) akan mempengaruhi si Kecil? 

 

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa virus tersebut tidak masuk ke dalam plasenta atau cairan ketuban. Jadi semua bayi yang lahir dengan sehat walaupun sang Ibu terinfeksi. Namun, walaupun begitu melakukan pencegahan seperti menjaga kebersihan adalah tindakan terbaik untuk saat ini.

Tetapi bagaimana jika Ibu sedang menyusui?

 

Studi yang telah dilakukan tidak menemukan jejak virus dalam ASI Ibu yang telah terinfeksi. Artinya, untuk saat ini, semuanya menunjukkan bahwa Coronavirus (COVID-19) tidak menyebar saat sedang menyusui.

Berbagai ahli kesehatan pun setuju bahwa jika Ibu terinfeksi, terus menyusui si kecil adalah keputusan terbaik. Karena ASI adalah makanan yang paling ideal untuk si kecil, yang memiliki semua kandungan nutrisi penting untuk menjaga sistem imunitas serta baik dalam perkembangan fisik, mental dan juga membangun ikatan emosional si kecil dengan Ibu. Dan tidak hanya itu, jika Ibu terinfeksi, tubuh Ibu akan membuat satu set antibodi spesifik yang akan masuk ke dalam ASI untuk melindungi si kecil dari virus tersebut.

Namun, Ibu harus ingat bahkan jika si kecil memiliki perlindungan tambahan dari ASI, jika terinfeksi, Ibu tetap harus melindunginya dari bersin atau batuk, serta cuci tanganlah terlebih dahulu dengan sabun sebelum menyentuh si kecil. Lalu untuk mencegah si kecil terkena infeksi, Ibu harus menggunakan masker atau penutup mulut saat menyusui, menjaga kebersihan secara maksimal dan meminta bantuan orang lain yang sehat untuk memberikan makan pada si kecil.

Jika ragu, Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk memberi tahu mengenai langkah dan solusi terbaiknya, agar baik untuk kesehatan Ibu, si kecil serta anggota keluarga lainnya.

Jika Ibu tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang Coronavirus (COVID-19), langsung saja buka link berikut ini https://www.covid-19facts.com/.

Pelajari lebih lanjut tentang kehamilan Anda dan Coronavirus (Covid-19): Nutrisi Penting Untuk Imunitas Si Kecil

 

References

1. Centers for Disease Control and Prevention (CDC; 17 February 2020). Frequently Asked Questions and Answers: Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) and Pregnancy. Accessed 20 February 2020 via: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/specific-groups/pregnancy-faq.html

2. Centers for Disease Control and Prevention (CDC; 15 February 2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Frequently Asked Questions and Answers. . Accessed 19 February 2020 via: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/faq.html

3. Chen H, Guo J, Wang C, et al. Clinical characteristics and intrauterine vertical transmission potential of COVID-19 infection in nine pregnant women: a retrospective review of medical records. Lancet 2020; Published 12 February 2020. Available at: https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30360-3

4. Lam, C.M., Wong, S.F., Leung, T.N., Chow, K.M., Yu, W.C., Wong, T.Y., Lai, S.T. and Ho, L.C. (2004), A case-controlled study comparing clinical course and outcomes of pregnant and nonpregnant women with severe acute respiratory syndrome. BJOG: An International Journal of Obstetrics & Gynaecology, 111: 771-774.

5. Shek CC, Ng PC, Fung GP, et al. Infants born to mothers with severe acute respiratory syndrome. Pediatrics 2003; 112: e254. UNICEF (February 2020). Coronavirus disease (COVID-19): What parents should know. Accessed 18 February 2020 via : https://www.unicef.org/es/historias/coronavirus-lo-que-los-padres-deben-saber

6. Redigolo T. Coronavirus with a baby: Can I breastfeed while infected with COVID-19? Express Online. 13 March 2020. https://www.express.co.uk/life-style/health/1255041/Coronavirus-babies-newborns-breastfeed-safe-infected-coronavirus-covid-19 (Accessed 16 March 2020).

7. Center for Disease Control. COVID-19 Pregnancy & Breastfeeding, Information about Coronavirus Disease. 2020 https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/pregnancy-breastfeeding.html  (Accessed 20 March 2020).