Mengingat wabah Coronavirus (COVID-19) yang terjadi saat ini, kebutuhan untuk memperkuat sistem imunitas si kecil menjadi lebih penting dari biasanya. Karena dalam kondisi normal saja, banyak orang tua yang bertanya kepada dokter mengenai cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

Dokter pun sering menjawab dengan “makan secara benar dan teratur”. Namun respon seperti ini sering membuat Ibu tidak puas bukan? Tetapi itulah kenyataannya, Ibu harus memberikan si kecil makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi di setiap harinya.

Berurusan dengan Coronavirus (COVID-19) dan kekebalan bayi Anda

 

Untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya, Ibu perlu memberi si kecil makanan yang memiliki jajaran nutrisi penting seperti protein (yang terdiri dari asam amino), karbohidrat, vitamin, mineral, lemak (ada berbagai kelas), prebiotik dan juga probiotik. Ibu tidak perlu khawatir ketika masih menyusui si kecil, karena ASI mengandung semua unsur tersebut dalam jumlah dan proporsi yang pas dibutuhkan oleh si kecil.

Namun bila si kecil mengkonsumsi makanan selain dari ASI, Ibu harus pastikan agar makanan tersebut memiliki seluruh nutrisi yang diperlukan oleh tubuh si kecil agar dapat meningkatkan dan memperkuat sistem imunitasnya.

Beri nutrisi pada bayi Anda dengan lebih dari ASI yang mengandung asam lemak omega 3

 

Diantara asam lemak, omega 3 merupakan yang paling penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, fungsi penglihatan yang baik dan juga berkontribusi untuk perkembangan otak. Maka dari itu, nutrisi dalam makanan si kecil harus mengandung kadar omega 3 yang memadai.

Lalu ada juga prebiotik, yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam sistem pencernaan si kecil, yang memiliki peran penting untuk memperkuat fungsi kekebalan tubuhnya dan melawan infeksi dari bakteri atau virus.

Semoga informasi yang telah diberikan dapat membantu, tapi Ibu bisa menanyakan kepada dokter mengenai spesifikasi makanan apa saja yang mengandung omega 3 dan prebiotik dalam jumlah yang pas untuk diberikan kepada si kecil.

Selain memberi si kecil makanan yang tepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, ingatlah untuk selalu menerapkan langkah-langkah kebersihan yang preventif agar menghindari penyebaran Coronavirus (COVID-19).

Jika Ibu tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang Coronavirus (COVID-19), langsung saja buka link berikut ini https://www.covid-19facts.com/.

 

References

1. Zapata González F. Modulación del sistema inmune por el ácido docosahexaenoico: efecto sobre la célula dendrítica. Departamento de bioquímica y biología molecular, Facultad de biología, Universitat de Barcelona, abril de 2005. Consultado el 19 de marzo de 2020 en: http://diposit.ub.edu/dspace/bitstream/2445/36143/1/TESIS_FZAPATA.pdf