Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

ragam Manfaat Beta-glucan untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Ibu pasti sudah tahu, ada beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah Beta-glucan, serat yang punya manfaat penting bagi kesehatannya. Serat ini mudah ditemukan dalam berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Ingin tahu apa fungsi dan manfaat Beta-glucan bagi kesehatan tubuh si Kecil? Simak penjelasannya di bawah ini ya, Bu.

Mengenal manfaat Beta-glucan untuk si Kecil

 

manfaat Beta-glukan untuk anak

Beta-glucan adalah serat solubel atau serat yang larut air, yang berfungsi menyerap air dan membuat makanan berformulasi menjadi bentuk gel di dalam usus sehingga membantu melancarkan sistem pencernaan si Kecil. Beta-glucan dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan, misalnya jamur shitake, susu kaya serat, hingga sereal gandum. Berikut ragam manfaat Beta-glucan untuk kesehatan si Kecil:

1. Meningkatkan sistem imun

 

Beta-glukan adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak

Salah satu manfaat utama Beta-glucan adalah meningkatkan sistem imunitasnya. Seperti dilansir dari Healthline, Beta-glucan dapat menjaga sistem daya tahan tubuh sehingga tubuh dapat melawan penyakit dengan lebih efektif.

Dengan mengonsumsi Beta-glucan, akan merangsang respon imun tubuh untuk melawan penyakit. Sebuah penelitian menyatakan bahwa Beta-glucan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi penyakit serta menangkal kanker secara efektif.

Inilah mengapa Beta-glucan sangat penting untuk menjaga sistem imun si Kecil. Dengan sistem imun yang kuat dan terjaga, tubuh si Kecil akan lebih sehat dalam melawan infeksi penyakit seperti flu, batuk, dan pilek terutama saat cuaca tidak menentu.

2. Melancarkan sistem pencernaan

 

Beta-glukan membantu menghaluskan sistem pencernaan’

Sebagai kandungan serat yang larut airr, Beta-glucan juga efektif untuk melancarkan sistem pencernaan si Kecil. Formulasi gel yang diciptakan oleh Beta-glucan dapat memperlambat transit makanan di dalam usus dan memberikan efek rasa kenyang lebih lama. Selain itu Beta-glucan juga dapat memicu pergerakan usus agar BAB si Kecil tetap lancar. Selain itu, efek positif lainnya adalah mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah dan kolesterol tubuh.

Nah, jika Ibu belum menyertakan Beta-glucan dalam asupan si Kecil, saatnya untuk menambahkan nutrisi seperti jamur, rumput laut, sereal gandum, dan susu kaya serat yang mengandung PDX:GOS dan Beta-glucan dalam menu harian si Kecil.

3. Mengontrol kolesterol

 

Beta-glukan mengontrol kolesterol

Saat ini ada banyak sekali makanan yang mengandung lemak tinggi, mulai dari makanan manis hingga gorengan yang mungkin sangat disukai si Kecil.

Selain perlu membatasi asupan makanan tidak sehat ini, Ibu juga dapat memberikan suplemen makanan bernutrisi yang mengandung Beta-glucan untuk mengontrol kolesterol pada si Kecil. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa konsumsi sereal gandum yang mengandung Beta-glucan dapat mengontrol penurunan kolesterol total tubuh hingga 5% dan pengurangan kolesterol jahat (LDL) hingga 7%. Karena itu, sebaiknya konsumsi Beta-glucan Ibu berikan kepada si Kecil sebagai bagian dari asupan hariannya.

4. Mengontrol kadar gula darah

 

Beta-glukan mengontrol kadar gula darah

Anak Ibu memiliki risiko diabetes akibat keturunan atau gaya hidup yang kurang sehat? Di sinilah peran Beta-glucan untuk mengontrol kadar gula darah.

Berbagai penelitian setuju bahwa kandungan serat ini merupakan perawatan yang tepat untuk mengelola diabetes. Berdasarkan jurnal Nutricion Hospitalaria, konsumsi Beta-glucan dapat menurunkan kadar glukosa darah pada pasien diabetes.

Bagaimana Bu, sungguh banyak sekali manfaat mengonsumsi Beta-glucan ya. Agar si Kecil tetap sehat, mulailah memberikan nutrisi yang mengandung Beta-glucan baginya. Salah satu sumber nutrisi ini bisa ditemukan dalam susu formula yang mengandung prebiotik (PDX:GOS), Beta-glucan, dan kadar Omega 3 dan 6 yang tinggi.

Formulasi susu ini terbukti klinis mampu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Sehingga si Kecil terhindar dari penyakit pernapasan seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, dan penyakit lainnya yang  mungkin menunggu di sekolah atau pun di rumah.

 

Sumber:

The Benefits of Beta-Glucan. (n.d.). Retrieved April 3, 2020, from Verywell Health website: https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-beta-glucan-89418#citation-7

Beta Glucan: The Heart Healthy Fiber. (n.d.). Retrieved April 4, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/beta-glucan-heart-healthy

What Is Fiber? Benefits, Food Sources, Supplements, Side Effects | Everyday Health. (n.d.). Retrieved April 3, 2020, from EverydayHealth.com website: https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/fiber-benefits-food-sources-supplements-side-effects/

Murphy, E. A., Davis, J. M., & Carmichael, M. D. (2010). Immune modulating effects of β-glucan. Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care, 13(6), 656–661. https://doi.org/10.1097/mco.0b013e32833f1afb

Henrion, M., Francey, C., Lê, K.-A., & Lamothe, L. (2019). Cereal B-Glucans: The Impact of Processing and How It Affects Physiological Responses. Nutrients, 11(8), 1729. https://doi.org/10.3390/nu11081729

Francelino Andrade E, Vieira Lobato R, Vasques Araújo T, Gilberto Zangerônimo M, Vicente Sousa R, José Pereira L. Effect of beta-glucans in the control of blood glucose levels of diabetic patients: a systematic review. Nutr Hosp. 2014;31(1):170-7. doi:10.3305/nh.2015.31.1.7597