Semakin bertambahnya usia, si Kecil akan semakin aktif dan cenderung mencari hal baru untuk ia pelajari. Banyak aktivitas yang bisa Ibu pilih untuk mengisi waktu si Kecil dan tentunya bermanfaat dalam meningkatkan berbagai kemampuannya. Berikut ide aktivitas seru yang bisa dilakukan si Kecil usia empat tahun ke atas.

1. Menjadi tokoh pahlawan favoritnya

Ada masanya si Kecil mengidolakan tokoh pahlawan yang Ia kenal dari tontonan edukasi maupun film-film fiksi. Lihatlah aksi si Kecil memerankan tokoh pahlawan favoritnya. Pasti ia sangat semangat. Ibu bisa bantu si Kecil membuatkan properti-properti yang sesuai serta kostum dari kain-kain yang tersedia di rumah.

2. Bermain lomba menyanyi

Ketahui apakah si Kecil hobi menyanyi atau menyukai musik? Ajak si Kecil bernyanyi lagu anak-anak dan lihat apakah si Kecil memiliki sifat kompetitif dengan bermain lomba menyanyi. Ajak anggota keluarga lain juga supaya aktivitas si Kecil menjadi lebih seru.

3. Bermain menjadi arsitek

Ibu bisa membantu si Kecil menemukan bakatnya dengan bermain menjadi arsitek. Ajaklah si Kecil mengunjungi taman bermain. Perhatikanlah wahana apa yang paling dinikmatinya. Apakah ia memikirkan jenis perosotan baru atau memilih ayunan dengan warna sesuai imajinasinya?

Biarkan ia mengutarakan ide dan pikirannya. Mintalah ia untuk menggambarkan desain dan rencananya, sketsa kasar sesuai kemampuannya juga tidak apa-apa. Setelah itu, buatlah maket desainnya tersebut dengan menggunakan sedotan, tisu, gulungan tisu toilet, karton, dan lain-lain. Bebaskan si Kecil berimajinasi dan lihat sejauh mana ia menikmati aktivitasnya.

4. Ajak si Kecil membuat cerita pendek atau komik

Susunlah panel-panel storyboard, terdapat gambar dan tulisan sebagai skenarionya. Buatlah adegan-adegan dengan mengosongkan bagian percakapannya. Ajaklah si Kecil mengisi bagian-bagian yang kosong itu dengan percakapan lucu berdasarkan versi dan idenya. Ibu bisa bantu si Kecil menuliskan percakapannya. Setelah itu, berilah judul cerita atau komik tersebut dan namai tokoh-tokohnya. Dari aktivitas itu, si Kecil akan mengetahui bahwa menulis bisa menerjemahkan ekspresinya.

5. Ajak si Kecil membaca bersama

Tentukan judul buku anak-anak yang akan dibacakan setiap minggu. Ajak juga anggota keluarga lain untuk membaca bersama si Kecil. Mintalah para anggota menyiapkan pertanyaan tentang plot, karakter, tema, dan setting sebagai bahan diskusi. Sediakan juga camilan dan minuman supaya si Kecil lebih bersemangat.

6. Bermain kotor-kotoran

Sesekali sisipkan aktivitas bermain dengan air, pasir, dan tanah untuk memperkenalkan si Kecil beragam tekstur dan berbagai elemen yang selalu ada dalam kehidupannya. Sediakan alat-alat penunjang, seperti baskom, sekop, atau Ibu bisa juga mengajak si Kecil untuk menyapu halaman.

7. Membuat karya film sederhana

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan Ibu adalah membuat film bareng keluarga. Diskusikanlah bersama-sama konsep dasar cerita dan dialog-dialognya. Tentunya libatkan si Kecil dalam berdiskusi. Tanyakan karakter yang terpikirkan olehnya atau biarkan ia memilih karakter yang ia sukai. Tetapkan juga peran khusus untuk setiap anggota keluarga, misalnya penulis naskah, sutradara, produser, operator kamera, aktor, dan sebagainya. Setelah itu, syuting bisa dimulai. Jangan ragu untuk mengambil gambar ulang atau mengubah skrip agar kata dan adegan menjadi hidup. 

8. Menjelajah Langit

Memperhatikan bintang di malam hari memang menyenangkan. Namun, ada yang lebih seru, yaitu mengunjungi planetarium. Si Kecil akan lebih mudah memahami dan terbayang langsung bagaimana bentuk planet yang selama ini ia pijak maupun bintang yang ia lihat dari jauh.

9. Merencanakan Perayaan

Hampir selalu ada yang bisa dirayakan setiap bulan oleh Ibu dan si Kecil. Minta si Kecil memikirkan cara-cara yang menyenangkan dan kreatif untuk menghormati hari-hari perayaan tersebut. Misalnya, 22 Desember adalah Hari Ibu Nasional. Libatkan si Kecil dalam merencanakan kegiatan perayaan maupun menu makanan sehat yang akan menjadi pelengkap di acara tersebut.

 

Referensi: