Ketika bayi yang biasanya suka ASI (Air Susu Ibu), tiba-tiba menolak menyusu, Ibu pun menjadi khawatir. Bagaimana tidak, saat Si Kecil tak mau menerima ASI, otomatis pasokan nutrisinya ikut tersendat. Ada beberapa alasan mengapa bayi mogok menyusu. Cari tahu penyebab dan cara menanganinya sekarang, yuk, Bu.

Penyebab bayi tidak mau menyusu

 

Beberapa orang menandakan hal ini sebagai tanda bahwa sudah waktunya bayi dikenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, bayi yang sudah siap untuk makan makanan padat umumnya akan menunjukkan tanda-tanda yang berlangsung beberapa hari hingga berminggu-minggu. Maka dari itu, sebaiknya cek dulu hal apa saja yang membuat bayi tidak mau menyusu.

Alasan emosional

 

Ada 2 alasan mengapa bayi tidak ingin menyusu. Pertama adalah alasan emosional. Menurut Mayo Clinic, salah satu pemicunya adalah stres.

Stimulasi berlebihan di produksi ASI, keterlambatan pemberian ASI, atau terlalu lama berpisah dengan Ibu dapat membuat Si Kecil merasa stres. Selain itu, berbagai kondisi tersebut juga dapat membuatnya rewel bahkan menolak menyusu.

Kemudian, reaksi dari Ibu ketika bayi tidak sengaja menggigit puting susu juga bisa memicu bayi tidak ingin menyusu. Selain itu, terkadang perhatian bayi dialihkan oleh hal lain saat jam menyusui, seperti ketika ada mainan di dekatnya.

Selanjutnya, stres yang dialami oleh Ibu juga memicu bayi tidak mau minum susu. Ketika pikiran Ibu sedang tidak tenang karena beberapa hal, seperti urusan keluarga atau pekerjaan, Si Kecil juga dapat merasakan gangguan ini.

Tidak hanya itu, perubahan aroma tubuh juga membuat bayi tidak mau menyusu. Sejumlah bayi belum terbiasa dengan aroma tubuh yang berbeda karena produk deodoran, sabun, atau losion yang baru Ibu coba.

Alasan fisik

 

Alasan fisik umumnya terjadi karena kondisi kesehatan Si Kecil. Beberapa di antaranya:

  • Hidung tersumbat

  • Sakit di area telinga

  • Sakit tenggorokan atau ada luka di area mulut

  • Gusi bengkak karena tumbuh gigi alias teething

  • Sedang merasakan ketidaknyamanan setelah imunisasi

Selain itu, perubahan pada ASI juga bisa membuat Si Kecil mogok menyusu. Ketika Ibu mengonsumsi sebuah makanan yang jarang ada di dalam pola makan sehari-hari, rasa ASI dapat ikut berbeda. Kemudian, ASI yang terlalu banyak juga terkadang membuat bayi takut saat menyusu. Contohnya, aliran ASI terlalu kencang bagi Si Kecil.

Mengatasi masalah bayi tidak mau menyusu

 

Masalah bayi menolak makan dapat membuat Ibu tidak nyaman. Wajar jika Ibu merasa frustasi. Akan tetapi, Ibu jangan menyalahkan diri sendiri. Ada beberapa hal yang dapat membantu Si Kecil kembali menyusu.

Hal utama yang harus diingat dalam mengatasi masalah bayi tidak mau menyusu adalah tetap sabar dan tenang. Memaksa bayi hanya akan memperburuk keadaan.

Lebih baik berhenti dan mencoba lagi ketika bayi sedang mengantuk. Cara lain yang dapat dicoba adalah mengajaknya bermain atau menyanyikan lagu favoritnya. Setelah Si Kecil lebih rileks, Ibu dapat mencoba menyusuinya lagi atau sekadar cuddling.

Cara lain yang dapat dicoba adalah:

  • Mengubah posisi menyusui

  • Mengeluarkan ingus bayi sebelum menyusui jika hidungnya tersumbat

  • Menyusui di ruangan yang tenang tanpa gangguan

  • Mengevaluasi perubahan pada rutinitas atau pola makan Ibu

  • Kontak kulit ke kulit dapat mendorong si Kecil untuk mau menyusu (misal, mandi bersama)

  • Menghabiskan waktu lebih banyak untuk bermain dengan Si Kecil

  • Mencoba memberinya ASI melalui botol atau sendok untuk sementara waktu

Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter jika bayi mogok menyusu karena kondisi kesehatannya. Selain sakit, konsultasi dengan dokter juga diperlukan jika mogok menyusu berlangsung lebih dari beberapa hari, frekuensi ganti popok yang menurun, atau Ibu mengalami masalah menyusui lainnya.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan berbagai informasi penting seputar tumbuh kembang anak. Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

Referensi: 

- Breast refusal. (2011, July 8). Australian Breastfeeding Association. Retrieved July 28, 2020, from https://www.breastfeeding.asn.au/bf-info/breast-refusal

- Breast-feeding strike: Why do babies refuse to nurse? (2020, February 7). Mayo Clinic. Retrieved July 28, 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/breastfeeding-strike/faq-20058157

- Nursing strikes. (2019, October 13). La Leche League International. Retrieved July 28, 2020, from https://www.llli.org/breastfeeding-info/nursing-strikes/

- Nursing strikes. (2019, June 4). La Leche League GB. Retrieved July 28, 2020, from https://www.laleche.org.uk/nursing-strikes/