Di tengah mewabahnya pandemi COVID-19 ini, menjaga sistem imun si Kecil memang butuh upaya ekstra. Apalagi, sistem imun anak di bawah usia 3 tahun memang masih dalam tahap pembentukan. Inilah yang menyebabkan mengapa anak-anak lebih rentan terkena infeksi penyakit dibandingkan dengan orang dewasa.

Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh si Kecil adalah melalui makanan. Penelitian menyebutkan, buah dan sayuran yang tinggi vitamin A dan C dapat membantu meningkatkan kemampuan alami tubuh melawan virus dan penyakit.

Jadi, sekarang saatnya Ibu memastikan semua menu si Kecil mengandung keenam makanan peningkat imunitas tubuh di bawah ini, ya!

6 Bahan Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun si Kecil

 

1. Brokoli

 

Sayuran satu ini terkenal sebagai peningkat sistem imun si Kecil. Faktanya, brokoli merupakan salah satu sayuran dengan kandungan antioksidan tertinggi selain bayam, wortel, asparagus, dan sawi.

Antioksidan dapat menangkal radikal bebas serta membantu tubuh lebih mudah mengeluarkan racun melalui urin dan feses. Dengan begitu, kekebalan tubuh si Kecil pun akan meningkat, karena sistem imunnya telah terbiasa memerangi virus dan racun yang masuk ke dalam tubuh.

Selain kaya akan antioksidan, brokoli juga kaya akan vitamin C, A, dan E. Ketiga vitamin ini sangat penting untuk sistem imun si Kecil.

Jika Ibu khawatir si Kecil tidak menyukainya, coba deh, rajang halus brokoli dan campurkan ke dalam adonan makanan yang disukai si Kecil!

2. Ikan Laut

 

Selain dapat meningkatkan kecerdasan si Kecil dari kandungan omega 3, ikan laut juga kaya akan vitamin, protein, serta mineral, lho! Ketiga unsur ini sangat dibutuhkan demi meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Ibu bisa mengolah ikan laut menjadi berbagai jenis makanan, menyesuaikan tekstur yang disukai oleh si Kecil. Jika Ibu ingin memprioritaskan ikan laut sebagai menu si Kecil, pastikan si Kecil tidak alergi, ya!

3. Buah-buahan

 

Sumber vitamin C terbanyak bisa Ibu dapatkan dari buah-buahan. Jambu, pepaya, kiwi, jeruk dan mangga adalah beberapa di antaranya.

Tenang, Bu! Ada banyak cara untuk membuat anak menjadi suka dengan buah-buahan ini. Mengolahnya menjadi salad buah, puding buah, atau smoothies bisa menjadi rekomendasinya.

Usahakan, pilih buah yang sudah matang sehingga rasanya manis, ya, Bu. Jadi, tidak perlu menambahkan terlalu banyak gula lagi untuk disajikan pada si Kecil.

4. Yoghurt

 

Olahan makanan yang kaya akan probiotik ini juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Probiotik adalah bakteri baik yang memang berfungsi untuk mencegah infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu seperti diare, ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), hingga flu.

Jika si Kecil menyukainya, Ibu bisa memberikan yoghurt 20-60 gr per hari. Eits, mengolah yoghurt menjadi saus pendamping makanan manis juga ide yang bagus, lho!

5. Bayam

 

Sama seperti brokoli, bayam kaya akan antioksidan, vitamin C serta vitamin A. Salah satu kandungan khusus yang terdapat pada bayam, adalah beta karoten.

Beta karoten ini nantinya akan diolah di dalam tubuh menjadi vitamin A. Seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat baik sebagai peningkat daya tahan tubuh si Kecil.

Saat memasak bayam, pastikan tidak terlalu lama agar nutrisinya tidak rusak ya, Bu.

6. Bawang Putih

 

Selain membuat masakan jadi lebih sedap, bawang putih juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, lho, Bu!

Bawang putih mengandung zat allicin yang akan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh si Kecil yang sudah terbentuk. Zat allicin ini akan merangsang aktivitas sel darah putih di dalam tubuh sehingga pertahanan tubuh menjadi lebih kuat terhadap bakteri, virus, dan parasit. Tambahkan 1-2 siung bawang putih yang dirajang halus pada menu masakan yang dihidangkan untuk si Kecil.

Lengkapi Pola Hidup Sehat si Kecil dengan Minum Susu

 

Pada usia balita, nutrisi menjadi faktor penting yang menentukan kualitas daya tahan tubuh. Untuk itu, Ibu wajib memperhatikan apa pun yang dikonsumsi oleh si Kecil, termasuk menu pelengkap seperti susu.

Mungkin Ibu seringkali khawatir, sudah cukupkah nutrisi yang diberikan melalui makanan untuk si Kecil? Nah, susu bisa menjadi pelengkapnya agar kebutuhan gizi si Kecil selalu tercukupi.

Enfagrow A+ 3 New Extra Advanced Formula adalah pilihan yang tepat untuk melengkapi nutrisi si Kecil. Formula baru dan eksklusif dari susu ini mengandung omega 3 dan omega 6 tertinggi, lho! Tentu saja sangat baik untuk perkembangan otak dan kecerdasannya kelak.

Selain itu, Enfagrow A+ 3 New Extra Advanced Formula juga sudah dilengkapi dengan Beta-Glucan. Beta-Glucan ini mendukung untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil agar tetap aktif dan tak mudah sakit.

Tak lupa, susu formula pilihan Ibu ini juga mengandung PDX/GOS yang baik untuk sistem pencernaannya. Dengan begitu, vitamin dan nutrisi dari makanan yang si Kecil konsumsi dapat diserap serta diolah dengan baik di dalam tubuh. Tentu Ibu tidak mau semua nutrisi itu terbuang sia-sia, bukan?

Bersama Enfagrow A+ 3 New Extra Advanced Formula, ciptakan kehidupan si Kecil yang aktif, sehat, dan tumbuh cerdas. Selamat mencoba ya, Bu!