Oleh Roby Rizki

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

 

Tips Membersihkan Mainan Si Kecil agar Tidak Jadi Sarang Kuman

Mengkondisikan lingkungan atau ruang bermain yang aman dan bersih adalah kewajiban Ibu sebagai orang tua. Selain itu, si kecil pasti memiliki banyak mainan, entah itu boneka, robot-robotan, mobil-mobilan, dan sebagainya. Apakah Ibu sudah memastikan kebersihan mainan yang digunakan si kecil? Membersihkan mainan si kecil merupakan hal yang perlu dilakukan secara rutin karena mainan dapat menyimpan kuman tanpa Ibu sadari. Berikut tips untuk membersihkan mainan si kecil dengan benar agar terhindar dari penyebaran virus dan bakteri.

Membersihkan Mainan si Kecil Sesuai Jenisnya

Seringkali mainan si kecil terletak di lantai, terkena air liur, dan yang paling mengkhawatirkan adalah ia suka memasukkannya ke dalam mulut.

Dengan demikian, mainan si kecil rentan akan kuman yang dapat menyebabkan sakit. Tak hanya kuman, virus penyebab pilek dan flu dapat juga menempel pada mainan si kecil.

Mainan si kecil memiliki berbagai macam bentuk dan dibuat dari bahan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Ibu perlu teliti dalam membersihkan mainan si kecil.

 

Boneka atau mainan berbahan kain

Boneka atau sebagian besar mainan yang dibuat dari kain dapat cepat kotor dan dengan mudah disinggahi oleh kuman.

Beberapa jenis kain mungkin dapat dibersihkan hanya dengan mesin cuci atau mungkin hanya dicuci biasa saja. Namun, beberapa jenis lainnya tidak demikian.

Jika tertera keterangan bahwa mainan dapat dicuci dengan mesin, gunakan detergen yang ringan atau khusus untuk pakaian si kecil. Ibu dapat menambahkan satu cangkir cuka untuk mengusir bakteri.

Apabila untuk membersihkan mainan si kecil perlu dicuci dengan manual atau dengan tangan, cuci secara perlahan dengan deterjen ringan dan keringkan dengan cara dijemur.

 

Mainan berbahan plastik

Sebagian besar mainan si kecil terbuat dari plastik dan biasanya dapat dibersihkan cukup dengan menggunakan sabun untuk peralatan makan. Ibu juga direkomendasikan untuk mencucinya menggunakan air hangat.

Mainan berbahan plastik yang diwarnai dengan cat yang tidak memiliki kualitas baik biasanya akan luntur. Ibu perlu berhati-hati karena si kecil memiliki kebiasaan memasukkan segala benda ke dalam mulut, termasuk mainan.

Untuk itu, selain harus membersihkan mainan si kecil, Ibu perlu melihat kualitas mainan yang akan diberikan, terutama mainan plastik.

 

Mainan karet atau silikon

Mainan lentur berbahan dasar karet juga dapat ditempati oleh kuman penyebab penyakit. Untuk itu Ibu perlu teliti dalam membersihkan mainan untuk si kecil ini.

Dikarenakan karet akan meleleh apabila dibersihkan dengan cara direndam dalam air mendidih (tidak seperti botol si kecil), Ibu dapat menggunakan campuran 1:1 (satu banding satu) antara air dan cuka untuk membersihkan mainan si kecil ini. Setelah itu biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dan keringkan.

Ibu tentu dapat menggunakan air hangat, tetapi harus disertakan menggunakan sabun dan ditambah shampo si kecil, deterjen ringan, atau cairan antiseptik. Setelah 30 menit, bilas dengan air bersih dan keringkan.

Usahakan untuk tidak memberikan mainan kepada si kecil yang digunakan secara bersamaan. Berikan mainan secara masing-masing.

Perlu diingat jika Ibu akan membeli atau memberi sebuah mainan pada si kecil, cari tahu apakah dapat dicuci atau tidak, Jika tidak, sebaiknya hindari jenis mainan tersebut.

Saat si kecil selesai bermain, ambil mainan dan segera ambil dan simpan di tempat yang jauh dari jangkauan. Ibu dapat mencucinya ketika memiliki waktu senggang.

Rutin membersihkan mainan untuk si kecil merupakan salah satu cara untuk menjauhkan si kecil dari penyakit. Gunakan cara mencuci sesuai dengan jenis mainan si kecil agar dapat benar-benar bebas dari kuman, virus dan bakteri.

 

Sumber:

Alexander, L. (2019, February 15). How to Clean Baby Toys (6 Easy and Safe Tips). Retrieved January 27, 2020, from: https://momlovesbest.com/clean-baby-toys#q2

California Child Care Health Program.Cleaning and Disinfecting. Retrieved January 27, 2020, from: https://cchp.ucsf.edu/sites/g/files/tkssra181/f/cleaning_and_disinfectin...

WebMD. (2010, August 10). 5 Surprising Sources of Lead Exposure. Retrieved January 27, 2020, from: https://www.webmd.com/children/lead#1

Mann, D. (2005, October 13). Germs in the Bedroom. Retrieved January 27, 2020, from: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/features/germs-in-bedroom#1