Oleh Roby Rizki

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

 

Tetap Sehat Walau Si Kecil Suka Main Kotor-kotoran, Ini Tipsnya!

Si kecil akan mulai bergerak aktif apabila sudah bisa merangkak pada usia 9-12 bulan. Saat periode ini, sebagian besar orangtua pasti tidak mau si kecil terkena kuman atau bakteri ketika bermain kotor-kotoran. Namun, Ibu tidak perlu melarang si kecil apabila bermain di luar ruangan meski menyebabkan mereka kotor. Hal yang lebih penting untuk diperhatikan adalah mengetahui bagaimana cara menjaga si kecil agar tetap sehat dan aman. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan anak yang perlu Ibu ketahui.

Menjaga kesehatan anak dengan mengerti cara kerja kuman

Orangtua pasti dipusingkan dengan kuman yang dengan mudah dapat menyerang si kecil. Wajar saja, karena kuman dapat menyebabkan penyakit serius yang berbahaya bagi anak kecil. Namun, Ibu perlu mengerti dan sadar bahwa si kecil memiliki sistem imun atau daya tahan tubuh yang kuat, mungkin lebih kuat dari yang Ibu pikir.

Paparan kuman merupakan bagian dari tumbuh kembang. Menjaga anak tidak senantiasa harus benar-benar menjauhkan si kecil dari kuman. Bahkan sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa anak yang terpapar kuman di awal kehidupan akan lebih tahan terhadap serangan penyakit, seperti alergi dan asma di masa yang akan datang.

Ketika si kecil terpapar sebuah kuman atau virus, daya tahan tubuh akan belajar membangun perlindungan agar kelak tubuh dapat melawan kuman tersebut, sehingga menjaga anak dari infeksi.

Mengajarkan untuk terbiasa mencuci tangan

Daripada terlalu khawatir akan paparan kuman, sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan sederhana. Kuman paling sering menyebar melalui sentuhan sehingga sulit untuk menghindarinya.

Namun, Ibu dapat mengurangi tingkat penyebarannya dengan sering mencuci tangan. Orangtua dan anak sama-sama harus menerapkan kebiasaan ini untuk mencegah penyebarannya.

Setelah si kecil bermain pasir atau melakukan aktivitas di luar ruangan, ajak untuk mencuci tangan bersama. Dengan demikian, Ibu dapat mengurangi risiko si kecil mengalami penyakit atau infeksi akibat kuman.

Memandikan anak lebih sering dari sebelumnya

Ketika menginjak usia 6 sampai 12 bulan, si kecil mulai banyak bergerak dan dapat mulai mengonsumsi makanan padat. Masa ini merupakan tantangan bagi orangtua dalam menjaga anaknya. Kedua aktivitas tersebut dapat dengan mudah membuat si kecil kotor. Sebelum menginjak usia ini, si kecil memang disarankan untuk tidak terlalu sering mandi. Namun, dengan jumlah aktivitas yang bertambah, Ibu perlu mulai memandikan si kecil lebih sering.

Menjaga kesehatan anak dengan memandikannya ini perlu dilakukan dengan menggunakan sabun berformula ringan, khusus untuk anak yang masih berusia di bawah satu tahun. Sabun khusus untuk bayi memiliki kandungan yang lebih aman dan tidak akan mengiritasi kulit.

Menjaga anak dengan mengontrol lingkungan

Sekali-kali, Ibu pasti ingin membawa si kecil untuk bermain di luar ruangan. Namun, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut agar si kecil tetap terhindar dari serangan virus atau cedera saat melakukan aktivitas.

  • Membatasi kontak dengan orang lain
  • Membawa tisu basah yang bersifat antiseptik saat makan di luar
  • Ketika bermain di taman, lakukan di tempat teduh atau yang terdapat penutup.
  • Kenakan pakaian yang layak untuk melindungi kulit si kecil dari iritasi
  • Pastikan area bermain bebas dari kerikil atau benda-benda berbahaya yang dapat melukai si kecil

Anda mungkin akan kesulitan untuk menjaga paparan kuman saat berada di tempat seperti mal atau kotak pasir di taman bermain. Hal yang perlu Ibu lakukan adalah kembali ke dasar, yaitu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer (pembersih tangan).

 

Sumber:

Griffin, R. M. (n.d.). Healthy Baby: Protecting Babies and Toddlers From Germs at Home. Retrieved February 19, 2020, from WebMD website: https://www.webmd.com/parenting/features/germs-at-home#1

When can I start using regular soap on my baby? | BabyCenter. (2020). Retrieved February 19, 2020, from BabyCenter website: https://www.babycenter.com/404_when-can-i-start-using-regular-soap-on-my-baby_1368465.bc

Zamosky, L. (n.d.). Are We Too Clean? Letting Kids Get Dirty and Germy. Retrieved February 19, 2020, from WebMD website: https://www.webmd.com/parenting/features/kids-and-dirt-germs#1

Sand Pits | Kids Health. (n.d.). Retrieved February 19, 2020, from kidshealth.schn.health.nsw.gov.au website: https://kidshealth.schn.health.nsw.gov.au/sand-pits

How Often Should You Bathe Your Baby? (n.d.). Retrieved February 19, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/baby/how-often-should-you-bathe-a-newborn#6-12-months