Selama sembilan bulan terakhir, bayi telah mengembangkan inderanya selama berada di dalam rahim. Alangkah baiknya jika bayi bisa melihat, mendengar dan mencium Ibu – mulai dari hari pertamanya.

Ketahui perkembangan indera si kecil sejak ia baru lahir:

Perasa

Si kecil yang baru lahir sudah bisa mengecap beragam rasa, seperti manis dan asam. Mereka terlahir dengan keinginan merasakan ASI atau susu formula.

Penciuman

Indera penciuman si kecil sudah terlatih sejak di trimester ketiga. Setelah lahir, si kecil menggunakannya untuk menemukan makanan dan rasa nyaman dari bau familiar ibu dan ayahnya.

Penglihatan

Sejak saat pertama kali membuka mata, penglihatan si kecil masih sedikit kabur. Saat ini, dia baru bisa melihat objek dengan warna kontras yang tinggi, berjarak 20-30 cm. Tapi dalam beberapa bulan, penglihatannya akan bertambah tajam dan jelas. Nutrisi penting seperti DHA dan ARA, yang terkandung dalam ASI dapat membantu perkembangan penglihatannya.

Pendengaran

Pada beberapa minggu awal, pendengaran si kecil masih sedikit terbatas. Hal ini akan mempermudah transisinya dari ritme rahim yang teratur ke dunia luar yang lebih bising.

Peraba

Perkembangan indera peraba si kecil dimulai dari mulutnya, dan berlanjut ke seluruh bagian tubuhnya. Inilah yang menyebabkan munculnya keinginan si kecil untuk memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya.