Selama sembilan bulan lamanya, bayi telah bekerja keras dalam perkembangan pancaindranya ketika berada di dalam kandungan. Kemampuannya semakin baik dalam melihat, mendengar dan mencium objek yang paling ia sayangi, Ibu, sejak hari pertamanya.

Lihat bagaimana perubahan pancaindranya ketika menjadi bayi:

Pengecap

Bayi yang baru lahir sudah mengenal variasi rasa, seperti manis dan asam. Dan mereka semua terlahir untuk menerima rasa dari ASI atau susu jenis lainnya.

Penciuman

Si kecil mulai mengembangkan indra penciumannya sejak trimester ketiga kehamilan Ibu. Dan kini ia mulai menggunakannya untuk membantunya menemukan makanan dan kenyamanan dari aroma Ibu dan ayah yang sudah akrab dengannya.

Penglihatan

Saat pertama ia melihat dunianya, semua masih tampak buram. Kini ia sudah mulai dapat fokus pada objek yang memiliki kontras tinggi dalam jarak pandang sekitar 23-30 cm. Dalam beberapa bulan ke depan, objek akan menjadi semakin jelas di matanya. Nutrisi penting seperti DHA dan ARA, yang terdapat di ASI dan hampir semua susu jenis lainnya seperti susu formula, dapat membantu perkembangan visual si kecil.

Pendengaran

Dalam beberapa minggu pertama di kehidupannya, pendengaran si kecil akan sedikit teredam. Ini akan membantunya beradaptasi dengan kebisingan di dunia luar dari suara ritme yang teratur di dalam kandungan.

Perasa

Kemampuan perasa si kecil dimulai dari mulutnya dan diikuti dengan seluruh anggota tubuhnya. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa seiring pertumbuhannya si kecil sering memasukan semua hal ke dalam mulutnya.