Ketika si kecil lahir, ada begitu banyak orang yang ingin bertemu dan melihatnya. Tamu datang silih berganti, tak hanya membawa beragam hadiah, tapi juga berbagai\ bakteri dan virus yang rentan menyerang si kecil.

Si kecil , terutama yang baru lahir, sangat rentan terserang infeksi dari luar, baik yang berasal dari lingkungan maupun orang-orang di sekitarnya. Dan saat tamu datang ke rumah menjenguk si kecil, bukan tak mungkin mereka pun membawa berbagai kuman penyakit dari luar termasuk debu dan kotoran yang menempel di pakaian. Tentunya sulit untuk melarang mereka untuk berada dekat dengan si kecil,  menyentuh, atau bahkan menggendongnya?

Demi kesehatan si kecil, Ibu pun harus menerapkan beberapa aturan kepada para tamu, terutama soal kebersihan.

1. Tamu wajib cuci tangan sebelum bertemu si kecil

Sediakan cairan pembersih tangan antiseptik di dekat tempat tidur si kecil, dan minta setiap tamu yang ingin menggendong si kecil untuk memakainya terlebih dahulu.

2. Jangan dekatkan si kecil pada tamu yang sedang sakit

Biarkan si kecil  tetap berada di kamar ketika salah satu tamu yang berkunjung terlihat sakit, seperti pilek dan batuk. Ibu bisa bilang kalau si kecil baru saja tertidur. Atau, biarkan si kecil tetap berada dalam gendongan Ibu dan minta pengertian tamu yang sedang sakit tersebut agar tidak berada dekat dengan si kecil.

3.Ganti pakaian setelah menerima kunjungan banyak orang

Beberapa tamu kadang datang berombongan, atau mungkin keluarga besar Ibu dan Ayah datang secara bersamaan untuk berkumpul sambil menjenguk si kecil. Saat banyak orang seperti ini, sulit untuk memantau siapa saja yang menggendong si kecil, memegang, atau sekadar mencolek pipinya. Segera ganti baju serta popoknya dengan yang bersih. Ingat, semakin banyak orang di sekitar si kecil, semakin banyak pula virus dan bakteri. Ditambah, beberapa tamu, seperti anak-anak, mungkin tak sengaja meninggalkan noda pada pakaian si kecil ketika berdekatan.

4.Mandikan si kecil dua kali sehari

Memandikan si kecil adalah saat satu cara untuk menjaganya tetap bersih dan terhindar dari kotoran pembawa kuman penyakit. Mandikan si kecil dua kali sehari, terutama setelah menerima kunjungan tamu dalam jumlah banyak sekaligus.

5.Hati-hati dengan hadiah berbentuk boneka

Beberapa tamu mungkin memberi boneka sebagai hadiah untuk si kecil. Jangan letakkan boneka di tempat tidur bayi, atau di dekat bayi, ya. Apalagi kalau boneka tersebut berbulu dan berukuran cukup besar. Pasalnya, sama seperti karpet, bulu pada boneka merupakan perangkap yang sangat baik untuk debu dan kotoran. Kuman dan bakteri sangat mudah bersarang di sana, terutama kalau boneka jarang dibersihkan.