Tubuh si Kecil yang masih bertumbuh dan berkembang membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang tepat. Tidak hanya dukung tumbuh kembangnya, nutrisi penting ini membantu menguatkan sistem imun mereka. Memelihara kesehatan fisik dan imunitas tubuh yang kuat turut melindungi si Kecil dari penyakit. Terutama di tengah pandemi COVID-19.

Dalam menguatkan imunitas si Kecil dan mencegahnya dari infeksi penyakit, orang tua perlu menyertakan vitamin dan mineral utama ke dalam makanan harian si Kecil. Ingatlah, membangun kekebalan tubuh dimulai dari pemenuhan nutrisi yang baik.

Berikut ini beberapa vitamin dan mineral penting yang perlu diperoleh si Kecil untuk membangun imunitas yang kuat

 

1. Zink

Peningkat imunitas ini mampu menurunkan risiko diare, malaria, serta gangguan sistem pernapasan seperti pneumonia. Kehadiran zink dalam tubuh si Kecil, dapat mendorong pertumbuhan dan meningkatkan berat badan bayi dan anak-anak. Di samping itu, mineral ini dapat melawan peradangan. Menurut ahli diet Julia Zumpano, sumber zink yang terbaik untuk anak-anak berasal dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Prebiotik

Zumpano mengatakan, prebiotik merupakan nutrisi yang baik untuk menyeimbangkan jumlah bakteri sehat di dalam tubuh. Prebiotik memegang peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh si Kecil. Usus merupakan 70% di mana sel imunitas berada. Jika usus sehat, maka imunitas tubuh pun kuat. Ibu dapat memberikan yoghurt dan potongan pisang hijau kepada si Kecil, karena keduanya sumber prebiotik yang baik.

3. Vitamin A

Vitamin ini berperan dalam merawat kesehatan kulit, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Vitamin A dapat ditemukan dalam makanan yang berwarna kuning dan oranye, seperti wortel, produk susu, kuning telur, dan ikan berlemak seperti sarden dan salmon. Ibu bisa mengkreasikan menu makanan kaya vitamin A ini. Misalnya, dengan menyajikan ikan kukus dan sayuran rebus yang telah dibumbui.

4. Vitamin B

Vitamin B membantu dalam memproduksi sel darah merah dan fungsi metabolisme tubuh. Vitamin ini ditemukan di dalam daging sapi, daging ayam, ikan, kedelai, susu, telur, biji-bijian, serta roti dan sereal yang diperkaya vitamin B.

Untuk ide makanan si Kecil, Ibu juga bisa menyajikan sandwich yang berisi ayam, tomat, dan selada. Selain itu, telur rebus dan bubur bayam yang diberikan potongan kecil-kecil wortel dan brokoli.

5. Vitamin C

Dikenal juga sebagai asam askorbat, vitamin C menjadi senjata bagi tubuh untuk melawan infeksi dan mendukung penyembuhan, menguatkan otot jaringan, dan memelihara kesehatan kulit. Vitamin C juga bantu memelihara kesehatan gusi, gigi, tulang, dan tulang rawan. Adapun sumber vitamin C yang bisa diperoleh si Kecil dari stroberi, jeruk, tomat, kentang, kubis, bayam, serta brokoli. Deretan makanan ini dapat dikreasikan menjadi menu camilan si Kecil yang bernutrisi.

6. Vitamin D

Vitamin ini membantu gigi dan tulang si Kecil lebih kuat di masa tumbuh kembangnya. Selain itu, asupan vitamin D membantu penyerapan mineral, seperti kalsium. Selain dari sinar matahari (paling tidak 10 menit setiap harinya), anak bisa mendapatkan vitamin D dari minyak ikan dan produk susu yang telah difortifikasi.

Jika ingin mengajak si Kecil pergi ke luar rumah untuk mendapatkan sinar matahari, jangan lupa oleskan sunscreen untuk mencegah risiko dampak sinar UV. Sementara untuk menyajikan makanan yang lezat dan kaya vitamin D, Ibu dapat memberikan keju sebagai camilan, muffin gandum dengan taburan kismis, smoothie mangga dan pisang, maupun telur urak arik.

7. Zat besi

Mineral ini membantu produksi darah dan memperkuat otot, terutama selama periode emas pertumbuhan si Kecil. Beberapa makanan sebagai sumber zat besi yang baik antara lain ikan, kacang-kacangan, ayam, roti, dan sereal. Dalam penyajian makanan mengandung zat besi, Ibu dapat menyuguhkan sandwich, bubur bayam, maupun smoothies semangka.

8. Kalsium

Mineral ini menjadi peningkat imunitas untuk menyehatkan gigi dan tulang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan tulang rapuh, lemah, dan keropos. Ke depannya, si Kecil bisa berisiko mengalami osteoporosis. Maka itu, penting untuk memberikan si Kecil asupan tinggi kalsium, seperti brokoli, susu, sardin, yoghurt, dan keju.

9. Docosahexaenoic Acid (DHA)

DHA merupakan bagian lemak terpenting untuk meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi yang mempelajari aktivitas otak mengatakan, DHA berdampak positif pada area kognitif si Kecil. Para peneliti menyarankan, agar si Kecil mengonsumsi DHA, sebagai peningkat imunitas, yang mendukung kemampuan belajarnya di sekolah.

10. Yeast Beta Glucan

Yeast Beta Glucan merupakan serat yang bantu memelihara imunitas alami si Kecil dalam melawan infeksi penyakit, seperti gangguan pernapasan. Sebuah uji klinis mengatakan, anak usia tiga sampai empat tahun yang diberikan susu formula dengan kandungan Yeast Beta Glucan, DHA, dan prebiotik memiliki imunitas yang lebih kuat terhadap penyakit. Jika diberikan secara teratur, nutrisi ini mampu menekan risiko infeksi sistem pernapasan pada anak, setidaknya 66 persen.

11. Kalium

Asupan peningkat imunitas ini mampu mengontrol saraf dan kontraksi otot, serta menjaga keseimbangan cairan. Kalium mudah ditemukan pada kacang-kacangan, pisang, dan buah-buahan kering. Ibu bisa menyertakan pilihan makanan ini sebagai selingan cemilan sehat, agar asupan kalium harian si Kecil tercukupi.

12. Magnesium

Mineral ini dapat meningkatkan imunitas si Kecil, sekaligus mendukung penguatan tulang yang sehat. Di dalam tubuh, magnesium membantu pelepasan energi dari makanan dan berperan penting bagi aktivitas otot dan saraf. Magnesium dapat diperoleh dari susu, kacang-kacangan, daging sapi tanpa lemak, ikan, biji-bijian, serta pisang.

13. Vitamin dan mineral

merupakan sahabat terbaik baik untuk meningkatkan imunitas si Kecil. Dengan mengonsumsi vitamin dan mineral dari sekarang, si Kecil telah berinvestasi untuk kesehatannya di masa mendatang. Sertakan vitamin dan mineral pada setiap menu harian si Kecil. Berikan juga beragam sayur dan buah untuk si Kecil, agar ia bertumbuh dan berkembang, demi menjalani masa dewasa yang sehat.

Bimbing si Kecil untuk hidup pada jalur yang sehat. Jangan lupa berikan vitamin dan mineral yang cukup. Semoga si Kecil pun selalu ingat dan terbiasa menjalani diet sehat ini pada masa dewasanya nanti.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini.

Referensi: