Saat si Kecil sedang sakit, si Kecil akan menjadi rewel dan tidak tenang. Mungkin Ibu berpikir untuk segera membawanya ke dokter dan menjalani semua perawatan yang disarankan. Namun, apabila si Kecil terinfeksi virus, tentu Ibu perlu menunggu untuk membawanya ke dokter. Ada beberapa tips yang bisa Ibu lakukan untuk merawat dan menenangkan si Kecil yang sakit.

1. Perbanyak cairan

Pastikan si Kecil mendapatkan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Cairan bisa didapatkan dari menyusui langsung ataupun ASI dengan botol susu. Saat si Kecil sakit, kemungkinan frekuensi menyusui bisa lebih sebentar dari biasanya. Maka, berikan si Kecil ASI dalam jumlah sedikit, tetapi sering. Jangan memberikan cairan lain, seperti air putih apabila si Kecil masih berusia di bawah 6 bulan karena ginjal si Kecil belum cukup kuat dalam memproses air putih. Jika si Kecil sudah di atas 6 bulan, Ibu bisa memberinya air putih.

2. Istirahat yang cukup

Jika si Kecil banyak beristirahat dan tidur, ia akan mudah tenang dan sembuh dari sakitnya. Ajaklah si Kecil tidur dengan waktu lebih awal bahkan tidur siang. Hindari aktivitas yang menarik perhatiannya atau aktivitas yang banyak berinteraksi dengan orang sekitar sehingga si Kecil bisa terpapar kuman. Berikan si Kecil suasana kamar yang tenang sehingga ia mudah tidur.

3. Tetes hidung

Jika hidung si Kecil tersumbat oleh lendir, Ibu bisa menggunakan obat gel atau semprot yang dijual bebas untuk mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat. Namun, pastikan sebelumya Ibu menanyakan pada dokter produk apa yang bisa diberikan untuk si Kecil. Sesekali Ibu dapat memberikan 1-2 tetesan kecil tersebut ke dalam lubang hidung kapan pun si Kecil tersumbat. 

4. Nasal aspirator

Setelah Ibu menggunakan obat tetes hidung atau semprotan, gunakan alat penyedot lendir untuk membersihkan lendir pada hidung si Kecil sehingga ia dapat bernapas dengan lebih mudah. Bersihkan lubang hidung si Kecil dua atau tiga kali sehari dengan menggunakan nasal aspirator.

5. Humidifier (Alat Pelembab Ruangan)

Menggunakan humidifier dapat membantu membuat kamar si Kecil lebih lembab dengan udara yang bersih. Pelembab ruangan yang dingin lebih disarankan daripada pelembab udara yang hangat karena bisa menghasilkan panas. Pastikan Ibu mengikuti petunjuk penggunaan dan rutin mengganti filter supaya bisa menjaga udara tetap bersih. Ibu juga perlu mengisi alat pelembab udara ini dengan air bersih setiap harinya untuk menghindari jamur dan bakteri yang berkembang. 

6. Mandi air hangat

Mandi air hangat tidak hanya akan menenangkan si Kecil yang sedang sakit, tetapi juga akan meredakan rasa nyeri dan sakitnya. Uap dari air hangat juga akan membantu melegakan saluran pernapasan si Kecil. Pastikan Ibu mengeringkan tubuh si Kecil dengan handuk kering setelah mandi air hangat untuk menghindari demam atau meriang.

7. Tinggikan kepala si Kecil

Apabila bayi sulit tidur, maka posisi tidur yang terbaik dan aman adalah tetap telentang dengan sedikit meninggikan kepala bayi sehingga saluran napas akan lebih terbuka

8. Berikan dekapan hangat

Sejauh ini cara terbaik untuk menenangkan si Kecil yang sakit adalah dengan memberi si Kecil banyak cinta dan perhatian. Ada rasa nyaman yang ditimbulkan saat Ibu dan menggendong si Kecil, memberi pijatan, membacakan cerita atau bersenandung untuknya. Ketika si Kecil cenderung sulit tidur dan terus menangis, bantu tenangkan dengan menggendongnya. Gunakan gendongan untuk membantu Ibu mempermudah menggendong bayi. Supaya semakin tenang, ajaklah si Kecil berbicara, meskipun si Kecil belum mengerti, suara Ibu juga bisa membantu membuatnya tenang.

 

Sumber:

https://www.webmd.com/parenting/baby/soothing-sick-child#1