Ibu sering mendengar istilah milenial atau generasi Z yang sering disebut-sebut di media sosial karena memiliki sikap dan nilai yang berbeda dari generasi sebelumnya? Ternyata ada generasi yang lebih baru dari dua generasi ini, yaitu “Generasi Alfa”. Lahir dari orang tua yang termasuk ke dalam generasi milenial, Gen Alfa biasanya lahir di antara tahun 2010 dan 2025.

Apa Bedanya Generasi Alfa dengan Generasi Sebelumnya?

Anak-anak generasi Alfa lahir di saat teknologi maju pesat dan beroperasi selama 24 jam setiap harinya, sepanjang tahun, dan secara global. Hidup mereka tidak bisa lepas dari teknologi.

Mengapa Gadget Mempengaruhi Kecerdasan Intrapersonal?

Anak-anak generasi Alfa sangat lekat dengan gadget, karena umumnya orang tua menempatkan layar (screen) di depan mereka sejak usia amat dini untuk menenangkan mereka, untuk menghibur, dan juga sebagai alat bantu pendidikan. Paparan terhadap layar seperti ini selama tahun-tahun pembentukan mereka, akan berdampak bagi tumbuh kembang mereka, baik itu yang positif, maupun yang negatif.

Munculnya gamifikasi pendidikan beriringan dengan rentang perhatian anak yang lebih pendek, dan peningkatan literasi digital berdampingan dengan gangguan formasi sosial anak. Kecerdasan sosial atau kecerdasan interpersonal anak sangat dipengaruhi penggunaan gadget, dan kecerdasan interpersonal anak tidak bisa lepas dari kecerdasan intrapersonal.

Apa itu Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal?

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk berkomunikasi, peka terhadap emosi orang lain, mudah menyesuaikan diri dengan orang lain, memiliki empati, dan suka menolong orang lain. Sedangkan kecerdasan intrapersonal mencakup hubungan anak dengan dirinya sendiri, kepekaan terhadap perasaan, keinginan, dan kecemasannya sendiri, dan kapasitas untuk merencanakan dan bertindak sesuai dengan karakter dirinya.

Dalam merasakan segala sesuatu, anak akan menghadapi kombinasi dari kecerdasan interpersonal dan intrapersonal.  Anak-anak di masa kanak-kanak mereka yang belum sepenuhnya mengembangkan kecerdasan intrapersonal mereka, mungkin akan kesulitan mengendalikan emosi mereka. Contoh yang mungkin paling sering Ibu temui sehari-hari adalah ketika anak mengekspresikan kemarahan dan kekesalannya dengan berguling-guling di lantai, meminta mainan temannya, atau tidak mau membagi makanannya, atau meminjamkan barang miliknya.

Baca juga: Pentingnya Mendukung Perkembangan Emosi Anak

Bagaimana Cara Mengasah Kecerdasan Intrapersonal Anak?

Beberapa peneliti percaya bahwa bermain adalah media untuk bersosialisasi. Bermain memberi anak kesempatan untuk bereksplorasi, menemukan, mengungkapkan perasaan, berkreasi, dan belajar dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, bermain dapat membantu anak belajar tentang diri mereka sendiri (kecerdasan intrapersonal), serta orang-orang dan lingkungan di sekitar mereka (kecerdasan interpersonal).

Lakukan intervensi terhadap kebiasaan penggunaan gadget si Kecil, dan ajak mereka untuk bermain tanpa menggunakan gadget. Ajak si Kecil memainkan permainan tradisional, atau permainan yang menggunakan alat agar ia bisa belajar berinteraksi dengan seru tanpa tekanan, sambil mengembangkan keterampilan motorik, keterampilan sosial-emosional, dan berbahasa.

Beberapa tips yang bisa Ibu praktikkan untuk melakukan intervensi penggunaan gadget anak:

 

1. Beri contoh

Anak-anak akan selalu mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya. Jika mereka melihat Ibu menghabiskan banyak waktu menggunakan gadget, mereka akan melakukan hal yang sama. Batasi waktu yang Ibu habiskan untuk menggunakan gadget (khususnya ponsel) saat berada di dekat anak.

2. Buat aturan dan disiplin menerapkannya

Tetapkan batasan penggunaan gadget, namun pastikan untuk menjelaskan kepada mereka alasan di balik aturan yang Ibu buat. Aturan yang dianjurkan American Academy of Pediatrics adalah:

  •  NO screen-time atau tidak ada penggunaan gadget sama sekali untuk anak-anak di bawah 18 bulan.
  • SATU jam per hari untuk anak-anak antara 2-5 tahun.

Di luar ini, coba batasi waktu layar sebanyak mungkin (terutama media digital) dan jangan biarkan melebihi 2-3 jam per hari secara maksimal, termasuk TV, laptop, game, dan penggunaan ponsel.

3. Batasi jumlah gadget di rumah

Pertimbangkan kegunaan dan keterjangkauan gadget. Anak-anak tidak perlu dibelikan semua mainan terbaru. Batasi juga jumlah gadget yang terlihat di rumah, misalnya dengan menyimpan gadget hingga waktu bermain tiba.

4. Habiskan lebih banyak waktu dengan anak

Ini mungkin terdengar klise, tapi penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang memiliki lebih banyak waktu sendirian akan lebih mudah kecanduan gadget.

5. Pantau konten yang dikonsumsi anak

Pastikan konten yang dikonsumsi anak, termasuk video game dan kartun, sesuai untuk anak.  Gunakan kesempatan ini untuk berkomunikasi dan mengedukasi anak tentang nilai dan moral (misalnya kekerasan dan cara menyelesaikan masalah saat ada konflik).

6. Puji usaha si Kecil

Penting untuk memuji upaya si Kecil ketika ia berusaha memprioritaskan aktivitas lain daripada waktu layar, atas kemauannya sendiri. Memuji perilaku positif akan mendorong si Kecil untuk terus melakukannya.

Ternyata mengasah kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak generasi Alfa itu gampang tapi sulit, ya? Dari daftar tips di atas, mana yang sudah Ibu terapkan di rumah?

Sources:

  1. Understanding Generation Alpha. Researchgate.net. (2020). Retrieved 10 February 2022, from https://www.researchgate.net/publication/342347030_Understanding_Generat...
  2. Understanding Generation Alpha. Generationalpha.com. (2020). Retrieved 10 February 2022, from https://generationalpha.com/wp-content/uploads/2020/02/Understanding-Gen...
  3. Improvement of interpersonal and intrapersonal intelligence through traditional games. Psychological Research and Intervention, 1(1), 2018, 1-9. (2018). Retrieved 10 February 2022, from https://journal.uny.ac.id/index.php/pri/article/view/21192
  4. Mengasah Kecerdasan Interpersonal Anak. Seameo-ceccep.org. (2020). Retrieved 10 February 2022, from http://seameo-ceccep.org/web/2020/11/26/mengasah-kecerdasan-interpersona...
  5. A Harvard psychologist says humans have 8 types of intelligence. Which ones do you score the highest in? cnbc.com. (2021). Retrieved 10 February 2022, from https://www.cnbc.com/2021/03/10/harvard-psychologist-types-of-intelligen...
  6. 10 Very Important Things Parents MUST Do to Prevent Gadget Addiction in Kids! parenting.firstcry.com. (2018). Retrieved 10 February 2022, from https://parenting.firstcry.com/articles/10-very-important-things-parents...