Ada banyak musuh tak kasat mata yang mudah mengancam kesehatan dan kesejahteraan anak, terutama saat usia balita menuju usia sekolah.

Pada masa pertumbuhannya, tidak jarang anak merasa tidak sehat. Namun, sistem imun yang sehat dapat membantu anak merasa lebih baik dan pulih secara cepat dari penyakit ringan,  secara alami dan efektif melawan penyakit dan infeksi.

Orangtua memiliki peran penting dalam membantu anak meningkatkan sistem imun dengan mendorongnya melakukan kebiasaan baik seperti rutin mencuci tangan, pemeriksaan secara berkala ke dokter, dan memastikan ia tetap berolahraga dan mendapat tidur yang cukup. Faktor penting lain yang berkontribusi pada imunitas anak adalah nutrisi. Mengonsumsi nutrisi yang tepat akan membantu sel-sel imun untuk berfungsi dengan baik.

Jenis-jenis makanan untuk meningkatkan imunitas anak

Memasukkan makanan yang dapat meningkatkan imunitas dalam menu makan anak merupakan cara terbaik untuk memperkuat sistem imun karena dapat membuat tubuh kecil mereka siap dalam menangkal penyusup yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa makanan penambah imunitas yang dapat dimasukan ke dalam menu makan dan camilan si kecil untuk membantu meningkatkan imunitas anak:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, walnut merupakan tambahan baik bagi camilan si kecil. Makanan tersebut merupakan sumber zink, mineral yang penting untuk mendukung sistem imun. Kacang-kacangan juga mengandung mineral penting lainnya seperti protein, serat, lemak tak jenuh tunggal dan ganda, kalium, dan lainnya. Pastikan si kecil tidak memiliki alergi kacang untuk menghindari kondisi medis darurat. Selain itu, selalu awasi konsumsinya karena sebutir kacang bisa menyebabkan anak tersedak.

2. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik. Kandungan ini membantu meningkatkan populasi bakteri baik dan mengurangi jumlah bakteri merugikan dalam usus, sehingga mendukung kesehatan dan juga sistem imunitas anak.

3. Telur

Telur mengandung vitamin D dan selenium serta mudah untuk diolah menjadi berbagai hidangan yang digemari anak. Entah itu telor mata sapi, telor rebus atau telur orek, si kecil akan mendapat sumber penambah imunitas dari setiap suapan. Namun, telur juga dikenal sebagai alergi (pemicu alergi. Anda mungkin perlu berkonsultasi pada dokter sebelum memasukkan makanan seperti telur pada menu makan anak, terutama jika memiliki riwayat keluarga pengidap alergi.

4. Apel

Terdapat alasan dibalik istilah “sebutir apel sehari menjauhkan kita dari dokter”. Hal ini dikarenakan apel mengandung vitamin C dan serat yang mampu mendukung pencernaan dan imunitas menjadi lebih baik. Apel juga menjadi alternatif baik untuk makanan dan camilan manis.

5. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C dan fitokimia yang memiliki banyak manfaat, antara lain mendukung sistem kekebalan tubuh.

6. Ubi dan kentang

Ubi dikenal sebagai superfoods yang kaya akan vitamin A. Selain itu, kentang putih yang sering diremehkan ini ternyata kaya akan vitamin C. Kentang putih dapat membantu melawan pilek yang dipicu oleh perubahan kondisi cuaca. Pastikan saja Anda mengolah ubi manis dan kentang dengan cara yang sehat, dibandingkan menyajikannya dengan cara digoreng atau ditumbuk menggunakan mentega dan keju.

Nutrisi dalam Makanan yang Tak Kalah Penting untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Mengingat sistem imun anak masih berkembang, si kecil bisa diberikan tambahan nutrisi yang tepat seperti:

1. Kelompok vitamin B atau vitamin B kompleks

Kelompok vitamin ini (yang terdiri dari vitamin B1, B2, niasin, asam pantotenat, B6, biotin, B12, dan asam folat) diperlukan untuk memproduksi darah merah yang sehat, serta mendukung sejumlah fungsi metabolisme. Daging tanpa lemak, unggas, dan ikan semuanya merupakan sumber vitamin B yang baik.

2. Zat besi

Zat besi berperan penting dalam mendukung sejumlah respon imun bawaan dalam tubuh anak, termasuk membawa oksigen ke semua bagian tubuh serta mendukung metabolisme otot dan fungsi sel yang sehat. Nutrien ini bisa ditemukan dalam makanan seperti daging tanpa lemak, bayam, dan jenis susu pertumbuhan tertentu yang telah difortifikasi zat besi.

3. DHA

DHA yang biasa ditemukan dalam makanan laut dan susu, dianggap sebagai salah satu nutrisi paling penting untuk pertumbuhan dan perkembangan imunitas anak. 

4. Prebiotik

Prebiotik juga merupakan penambah imunitas yang baik karena dampaknya terhadap kesehatan saluran cerna. Mengingat manfaatnya tersebut, pastikan kandungan ini terdapat dalam makanan yang dikonsumsi si kecil.

5. Beta-Glucan

Beta-Glucan dapat ditemukan dalam makanan seperti gandum, jelai (biji gandum) dan ragi. Beta-Glucan ragi sendiri telah terbukti bisa mendukung kesehatan imunitas. Hal ini dikarenakan oleh fakta bahwa Beta-Glucan yang berasal dari ragi memiliki efek imunomodulator, yang meliputi aktivasi imunitas bawaan, seluler dan humoral seperti makrofag, neutrofil dan sel pembunuh alami.

6. Beta-Karoten

Beta-karoten dapat diserap tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayur, seperti wortel, sayuran hijau, dan jeruk. Nutrien ini kaya akan antioksidan dan penting untuk meningkatkan sistem imunitas anak, serta mendukung produksi sel untuk melawan penyakit dalam tubuh anak.

7. Yodium

Asupan yodium diperlukan untuk mendukung beberapa reaksi biokimia yang berbeda di dalam tubuh. Selain itu, yodium juga dapat membantu memperkuat sistem imunitas anak. Yodium dapat ditemukan dalam produk susu, ikan, dan makanan laut.

Pola makan yang optimal terdiri dari berbagai nutrisi penambah imunitas di atas dapat membantu meningkatkan sistem imun anak. Sebagai orang tua, Anda tidak dapat selalu ada secara fisik untuk melindungi anak dari virus dan bakteri. Satu yang dapat Anda lakukan adalah dengan memastikan pola dan menu makan si kecil bisa memperkuat dan meningkatkan sistem imun. Ini diperlukan agar anak bisa terlindungi hingga ia dewasa nanti, sehingga memungkinkannya mengeksplorasi dunia dengan sedikit rasa khawatir.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini.

Referensi: