Tak boleh sembarangan, ibu hamil sebaiknya lebih teliti mengonsumsi vitamin selama kehamilan. Yuk, simak serba-serbi vitamin hamil yang wajib Ibu ketahui!

Vitamin hamil berperan penting untuk kesehatan janin

Selain mineral dan nutrisi lainnya seperti protein, kalsium, hingga serat, berbagai jenis vitamin juga wajib menjadi menu harian ibu hamil. Tak cuma untuk kesehatan dirinya sendiri, vitamin ternyata juga berperan penting untuk perkembangan janin di dalam kandungan, lho!

Lantas, apa saja, ya, vitamin yang wajib dipenuhi oleh Ibu selama kehamilan? Berikut daftarnya!

1. Vitamin asam folat

Asam folat adalah vitamin B kompleks yang paling erat dengan kebutuhan ibu hamil. Asam folat berfungsi untuk mengoptimalkan pembentukkan sel darah merah, pertumbuhan plasenta, hingga perkembangan sel-sel saraf janin di dalam kandungan.

Dilansir dari laman Pregnancy Birth Baby, asam folat dapat mencegah risiko cacat tabung saraf pada bayi saat lahir.

Dengan kata lain, asam folat sangat berperan penting untuk perkembangan sel saraf janin di dalam kandungan yang nantinya akan berpengaruh pada kecerdasan bayi saat lahir. Kebutuhan asam folat ibu hamil yang wajib dipenuhi setiap hari adalah 400 mcg.

2. Vitamin D

Fungsi vitamin D adalah untuk memaksimalkan proses penyerapan kalsium pada tubuh ibu hamil. Ibu tentu tahu, dong, bahwa kalsium sangat penting pada masa kehamilan dalam proses pembentukan rangka tulang, gigi, serta otot janin.

Ibu hamil yang kekurangan vitamin D memiliki risiko lebih besar terhadap komplikasi kehamilan, salah satunya adalah preeklampsia. Akibatnya, risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah pun juga bertambah besar.

Dosis vitamin D bagi ibu hamil adalah 15 mcg setiap harinya. Selain melalui makanan, vitamin D juga bisa Ibu penuhi dari sinar matahari pagi.

3. Vitamin C

Selain untuk daya tahan tubuh Ibu selama kehamilan, vitamin C juga akan membantu tubuh menyerap zat besi. Zat besi sangat berperan terhadap berat badan bayi, sehingga janin Ibu bisa tumbuh sesuai dengan masa perkembangannya. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan ibu hamil anemia dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2019, dosis vitamin C untuk ibu hamil adalah 85 mcg setiap harinya.

4. Vitamin A

Vitamin yang satu ini wajib dikonsumsi lebih teliti! Sebab, kekurangan dan kelebihan vitamin A sama-sama bisa menyebabkan komplikasi kehamilan. Untuk itu, pastikan Ibu mengonsumsinya benar-benar tepat takaran.

Vitamin A berfungsi untuk menjaga sel-sel pada janin yang sedang dalam proses penyempurnaan. Terlebih lagi, sel-sel ini sangat menentukan bagaimana perkembangan organ tubuh bayi mulai dari ginjal, paru-paru, jantung, sistem pernapasan, hingga sistem saraf pusat.

Tapi hati-hati ya, Bu, terlalu banyak vitamin A justru bisa menyebabkan cacat lahir. Umumnya, takaran vitamin A untuk ibu hamil adalah tidak lebih dari 1000 mcg setiap harinya.

5. Vitamin E

Selain bagus untuk pembentukan jaringan kulit, vitamin E juga akan melancarkan proses distribusi nutrisi ke janin. Apa yang Ibu konsumsi setiap hari, akan dibantu masuk ke plasenta melalui vitamin E ini.

Di samping itu, vitamin E juga berfungsi memaksimalkan perkembangan otot serta sel darah merah, baik untuk ibu hamil atau janinnya.

6. Vitamin K

Defisiensi vitamin K akan membuat ibu hamil berisiko lebih besar terhadap pendarahan. Tentu saja risiko ini sangat berbahaya, mengingat pendarahan juga bisa menyebabkan kerusakan otak, kematian pada ibu hamil atau janinnya, serta kelahiran prematur.

7. Vitamin B kompleks

Selain asam folat, beragam jenis vitamin B lainnya juga perlu dipenuhi. Beberapa di antaranya adalah B1, B2, B3, B6 dan B12. Manakah kira-kira yang menjadi prioritas? Semuanya! Jadi, Ibu perlu memperhatikan asupan makanan yang mengandung semua vitamin B kompleks di atas, ya.

Berbeda jenisnya, berbeda pula fungsinya bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Adapun fungsi masing-masing vitamin tersebut antara lain:

  • Vitamin B1, sangat penting untuk menjaga stamina tubuh ibu hamil, serta mengoptimalkan sistem saraf pada janin
  • Vitamin B2, berperan dalam pembentukan saraf mata serta kesehatan kulit
  • Vitamin B3, sangat baik untuk pembentukan sel kulit, saraf, serta sistem pencernaan
  • Vitamin B6, berfungsi untuk pembentukan sel darah merah dan mengurangi mual selama kehamilan
  • Vitamin B12, sangat bagus untuk sintesis DNA sehingga dapat mencegah bayi cacat lahir

Cara efektif memenuhi asupan vitamin saat hamil

Pentingnya peranan vitamin untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya tentu tidak bisa diabaikan. Tapi tahukah Ibu, bahwa vitamin adalah senyawa yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita sendiri.

Maka dari itu, Ibu harus mencari sumber yang paling baik untuk mengonsumsi vitamin selama kehamilan.

Ada tiga cara yang bisa Ibu lakukan sebagai sumber vitamin yang Ibu konsumsi setiap hari. Untuk melakukan salah satunya atau secara bersamaan, Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter agar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kehamilan Ibu, ya.

1. Makanan

Tentu saja ini jadi sumber utama. Pilih makanan kaya nutrisi yang di dalamnya juga mengandung banyak vitamin. Sayur-sayuran, buah-buahan, serta kacang-kacangan bisa menjadi pilihannya.

2. Suplemen kesehatan

Ada beberapa suplemen kesehatan yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Mulai dari multivitamin, kapsul, hingga suplemen herbal. Sebelum mengonsumsinya, Ibu wajib konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan, ya.

3. Susu hamil

Susu hamil menjadi pilihan yang paling efektif bagi banyak Ibu untuk menyempurnakan konsumsi nutrisinya. Bayangkan saja, setiap segelas susu sudah mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan. Cara konsumsi yang mudah membuat susu hamil menjadi salah satu kebutuhan utama selama kehamilan. Pastikan Ibu mengonsumsi susu sebagai pelengkap dari menu sehat Ibu setiap hari, ya.

Jika Ibu sedang mencari rekomendasi susu hamil terbaik, Enfamama A+ bisa jadi pilihannya. Bahkan, semua vitamin yang dijabarkan di atas, sudah terkandung di dalam formula Enfamama A+, lho!

Persentase setiap vitamin yang terkandung di dalamnya juga cukup besar, sehingga dapat memenuhi kebutuhan Ibu dalam menjaga kesehatan diri dan janin.

Tak perlu ragu lagi untuk menjaga kesehatan selama kehamilan, Enfamama A+ hadir menemani Ibu hingga masa menyusui nanti! Dapatkan sekarang dengan klik di sini. Ibu hebat, pasti pilih yang terlengkap!