Ibu takut terlalu repot membawa bayi naik pesawat?

 

Atau, khawatir apabila si Kecil menangis kencang selama penerbangan? Eits, semuanya tak seburuk yang Ibu bayangkan, kok! Ada beberapa hal yang perlu Ibu persiapkan agar si Kecil tetap nyaman selama penerbangan. Tentunya, agar Ibu juga tidak kewalahan menjaga si Kecil hingga tiba sampai tujuan.

Simak tips berikut ini untuk membawa bayi naik pesawat dengan aman dan nyaman.

Persiapan membawa bayi naik pesawat

 

1. Pilih jam penerbangan yang efektif

Kapankah jam penerbangan yang paling efektif untuk bayi Ibu? Tentu saja setiap orang berbeda. Ibu bisa menentukannya berdasarkan patokan jam tidur si Kecil. Menjalani penerbangan saat jam tidur si Kecil tentu akan menjadi sebuah nilai plus untuk kenyamanan kita.

Dari segi teknis, Ibu disarankan untuk mengambil jadwal penerbangan di pagi hari. Selain si Kecil masih terlelap, penerbangan pagi hari juga tidak rentan akan delay atau keterlambatan. Dengan begitu, Ibu bisa meminimalisir si Kecil rewel dan lapar selama perjalanan.

2. Tentukan tempat duduk ternyaman

Pilih tempat duduk yang ada di sisi lorong ya, Bu. Hal ini akan memudahkan Ibu untuk berjalan-jalan jika si Kecil tiba-tiba rewel dan bosan. Namun, jika Ibu merasa tidak nyaman berada di lorong, Ibu juga bisa memilih tempat duduk di bagian tengah atau dekat jendela. Ibu dapat menyesuaikannya berdasarkan kondisi kenyamanan si Kecil, ya.

Biasanya, petugas juga akan memberikan tempat duduk spesial untuk ibu yang membawa bayi, misalnya pada barisan depan. Hal ini tentu akan memudahkan Ibu untuk keluar pesawat saat telah tiba di tujuan.

3. Bawa mainan favorit si Kecil

Ini wajib ada di tas! Bawa 2-3 mainan favorit si Kecil untuk menghilangkan kebosanannya. Kalaupun penerbangan berlangsung saat si Kecil terlelap, tetap bawa mainan di dalam tas kabin ya Bu, untuk berjaga-jaga.

4. Gunakan earmuff

Saat pesawat akan lepas landas dan mendarat, tekanan udara kabin pun akan meningkat. Tuba eustachius, bagian telinga yang menghubungkan saluran napas dengan bagian dalam telinga tengah pun akan berusaha mengatur tekanan untuk menyesuaikan ketinggian. Hal ini juga akan terjadi pada sistem pendengaran si Kecil. Untuk itu, Ibu wajib membawa earmuff untuk mencegah hal ini terjadi.

Earmuff akan membantu pendengaran si Kecil tetap stabil meskipun tekanan udara berubah. Telinga si Kecil akan lebih kedap dan ia pun bisa tetap nyaman menikmati penerbangan!

5. Persiapkan makanan kesukaan si Kecil

Selain mainan, Ibu juga wajib membawa makanan kesukaan si Kecil di tas kabin, ya! Tentu saja, ini untuk mengantisipasi apabila si Kecil lapar. Khususnya apabila hal yang tidak terencana terjadi, misalnya delay. Waktu tunggu yang cukup lama mungkin akan membuat si Kecil bosan dan lapar.

Pastikan Ibu menyiapkan makanan utama dan cemilan si Kecil. Jangan terlalu banyak, bawa secukupnya saja. Agar lebih mudah, tempatkan makanan utama si Kecil di wadah berukuran sedang. Sementara untuk cemilan, Ibu bisa menggunakan plastik zip lock agar lebih mudah mengambilnya ataupun saat akan menyimpannya kembali.

6. Packing lebih ringkas

Khususnya pada isi tas yang Ibu bawa ke kabin. Jangan sampai membawa barang berlebihan, ya! Selain bisa membuat bawaan menjadi overweight, dikhawatirkan akan membuat Ibu sulit mengambil sesuatu yang dibutuhkan untuk si Kecil. Ibu juga bisa membawa stroller yang cabin size untuk memudahkan perjalanan Ibu.

7. Memilih pakaian yang tepat untuk si Kecil

Demi kenyamanan si Kecil, pastikan Ibu memilih baju yang berbahan lembut untuk dikenakan si Kecil saat bepergian. Ibu juga bisa memberikan si Kecil pakaian berlapis, seperti melengkapinya dengan jaket dan topi. Hal ini disebabkan saat terbang, perubahan suhu akan berubah secara drastis. Ditambah lagi AC pesawat yang terus menyala, dikhawatirkan dapat membuat si Kecil kedinginan.

8. Jaga kebersihan permukaan benda yang berpotensi disentuh si Kecil

Meski terlihat bersih, belum tentu seluruh permukaan di sekitar tempat duduk Ibu steril dari kuman. Demi menjaga kesehatan si Kecil, pastikan Ibu selalu memprioritaskan kebersihan selama perjalanan. Selama perjalanan, si Kecil tentu akan penasaran dengan benda-benda di sekelilingnya. Ia pun berpotensi menyentuh benda-benda tersebut seperti meja lipat, sandaran kursi, majalah, hingga mainan.

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan di momen ini ialah membersihkan permukaan benda-benda tersebut dengan tisu basah. Ibu bisa menggunakan Dettol Anti Bakteri Wet Wipes yang ukurannya sangat praktis untuk dibawa kemana saja.

Dettol Anti Bakteri Wet Wipes juga bisa Ibu gunakan saat proses penggantian popok bayi selama bepergian. Selain untuk membersihkan area lipatan paha si Kecil, Ibu juga dapat menggunakannya untuk membersihkan permukaan alas ganti di toilet umum.

Itulah beberapa persiapan yang wajib Ibu lakukan sebelum melakukan penerbangan bersama si Kecil. Have a safe trip ya, Bu!