Apa yang dimaksud dengan makanan yang membuat otak cerdas dan pintar? Otak anak membutuhkan nutrisi tertentu agar tetap sehat dan bekerja dengan baik. Nutrisi yang didapatkan dari makanan yang kita asup ini dapat meningkatkan tugas mental tertentu, seperti memori dan konsentrasi. 

Menurut National Institute on Aging, apa yang kita makan dapat secara langsung berdampak pada peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh kita. Salah satu contohnya, asam lemak omega-3 yang dapat membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak, dan antioksidan untuk mengurangi stres dan peradangan seluler, yang terkait dengan penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Tak hanya perlu ketajaman, otak juga membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Otak adalah dalang di balik hampir segalanya dalam tubuh Si Kecil, mulai dari pikiran, ingatan, fokus, gerakan, pernapasan, hingga detak jantung. Untuk dapat bekerja, otak menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga untuk mempertahankan konsentrasi sepanjang hari, ia membutuhkan banyak bahan bakar yang baik.

Simak, yuk, daftar makanan yang membuat otak cerdas dan pintar di bawah ini. Ternyata banyak yang merupakan makanan favorit Si Kecil juga, lho. 

1.Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah makanan pokok dalam diet sehat otak karena mengandung folat, yang merupakan vitamin B yang mendukung perkembangan saraf dan fungsi neurotransmitter, atau molekul pengantar pesan antara sel-sel tubuh yang membantu organ-organ tubuh kita menjalankan fungsinya. Sayuran hijau juga kaya akan vitamin K, lutein, dan beta karoten yang juga dapat membantu memperlambat penurunan kognitif.

Sayuran hijau yang bisa Ibu masukkan ke dalam menu makanan Si Kecil antara lain kale, bayam, sawi, dan brokoli. Brokoli terutama merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat. Selain baik untuk otak, brokoli juga mengandung vitamin C dan flavonoid, dan merupakan sumber serat yang rendah kalori.

2.Ikan

Tahukah Ibu bahwa sekitar 60% otak kita terbuat dari lemak, dan setengah dari lemak itu terdiri dari asam lemak omega-3?  Otak kita menggunakan omega-3 untuk membangun sel-sel otak dan saraf, dan lemak ini penting untuk pembelajaran dan memori.

Baca juga: Manfaat Omega 3 dan 6 untuk Kecerdasan Otak Anak

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang dengan kadar omega-3 yang tinggi mengalami peningkatan aliran darah di otaknya. Para peneliti juga mengidentifikasi hubungan antara tingkat omega-3 dengan kemampuan berpikir atau kemampuan kognitif yang lebih baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya omega-3, seperti ikan berlemak, dapat meningkatkan fungsi otak. Contoh ikan berlemak yang memiliki kandungan omega-3 tinggi antara lain salmon, ikan kembung, tuna, ikan haring, dan sarden.

3.Cokelat

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung kakao, sedangkan kakao sendiri mengandung flavonoid, sejenis antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan otak. Antioksidan penting karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang menyebabkan penurunan kognitif terkait usia dan penyakit otak. Flavonoid dari kakao dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam memori dan pembelajaran.

Mengapa cokelat hitam lebih baik? Cokelat hitam memiliki kandungan kakao 70% atau lebih. Manfaat ini tidak terdapat pada cokelat susu biasa, yang hanya mengandung antara 10-50% kakao.

4.Teh

Kafein dalam secangkir teh tak hanya membantu peningkatan konsentrasi jangka pendek, dan membantu fungsi mental, tapi juga membantu memperkuat ingatan baru.

5.Buah beri

Buah beri penuh dengan antioksidan, fitonutrien, serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini membantu mempertahankan memori, dan kandungan seratnya membantu memberi makan mikroba di usus untuk mengurangi peradangan otak.

Ibu dapat mencoba memperkenalkan beragam jenis buah beri kepada Si Kecil, karena masing-masing memiliki manfaat yang berbeda. Stroberi, misalnya, kaya akan flavonoid dan dapat membantu memperlambat penurunan kognitif; blueberry mengandung berbagai jenis flavonoid yang terkait dengan pencegahan stres oksidatif; dan blackberry adalah sumber antioksidan yang bagus, yang membantu kesehatan sel otak.

6.Kacang-kacangan

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan memiliki jantung yang sehat terkait dengan memiliki otak yang sehat. Manfaat kacang-kacangan terhadap kesehatan otak didapat dari beberapa nutrisi di dalamnya, seperti lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E. Vitamin E terutama melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas untuk membantu memperlambat penurunan mental.

Semua kacang-kacangan baik untuk otak kita, tetapi kenari memiliki keunggulan ekstra karena kandungan asam lemak omega-3 yang memberi fungsi anti-inflamasi.

7. Makanan yang difermentasi

Ibu mungkin tidak menduga bahwa makanan yang difermentasi merupakan salah satu jenis makanan yang membuat otak cerdas dan pintar. Ya, yogurt favorit Si Kecil ternyata bisa membantu meningkatkan fungsi otaknya, lho!

Dalam fermentasi ada proses menambahkan makanan ke kultur mikroorganisme yang kemudian “memakan” kandungan gula dalam makanan tersebut. Proses ini menciptakan zat lain, yaitu asam laktat, yang dapat menghasilkan bakteri ramah usus. Nah, tubuh kita memiliki koneksi usus-otak, jadi ketika kita memakan makanan fermentasi dan meningkatkan kesehatan usus, kita juga dapat meningkatkan fungsi kognitif di saat yang sama.

Beberapa makanan fermentasi yang bisa Ibu masukkan ke dalam menu Si Kecil antara lain kimchi, sup miso, dan yogurt. Sumber lain yang juga populer untuk ibu adalah kombucha dan kefir. Itu dia jenis-jenis makanan yang membuat otak cerdas dan pintar. Dari tujuh makanan di atas, mana yang sudah sering Ibu konsumsi bersama keluarga di rumah?

 

Sources:

  1. 12 foods to boost brain function. Medicalnewstoday.com. (2020). Retrieved 10 February 2022, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/324044
  2. 11 Best Foods to Boost Your Brain and Memory. Healthline.com. (2021). Retrieved 10 February 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/11-brain-foods
  3.  A Harvard nutritionist and brain expert shares the 5 foods she eats every day to sharpen her memory and focus. Cnbc.com. (2021). Retrieved 10 February 2022, from https://www.cnbc.com/2021/10/08/foods-that-sharpen-brain-health-memory-a....
  4. Foods linked to better brainpower. Health.harvard.edu. (2021). Retrieved 10 February 2022, from https://www.health.harvard.edu/healthbeat/foods-linked-to-better-brainpower.