Barang Wajib Punya untuk Ibu Menyusui

Bagaimana perasaan A+ Moms menjelang proses kelahiran dan akan bertemu si Kecil? Rasa haru dan bahagia mungkin tercampur, dan mungkin A+ Moms sedang menyiapkan berbagai barang untuk calon si Kecil, terlebihi A+ Moms akan menyusui dan bertanya-tanya apa yang ibu menyusui butuhkan. 

Tenang saja! Kami telah membuat daftar barang penting dan manfaatnya untuk ibu menyusui, mulai dari bra menyusui hingga krim puting untuk mengatasi lecet.

Barang penting untuk ibu menyusui

1. Bantal menyusui

Bantal ini dirancang untuk memberikan dukungan dan kenyamanan bagi ibu menyusui dan si Kecil, serta sangat membantu dalam mencapai posisi yang ideal (menjaga si Kecil agar berada pada tinggi yang tepat) saat memulai menyusui. Jika A+ Moms baru saja menjalani operasi sesar, gunakan bantal menyusui dengan ketinggian yang dapat disesuaikan, sehingga memungkinkan proses menyusui dalam posisi yang paling nyaman.

Selalu diskusikan perubahan pola makan dan nutrisi dengan dokter terlebih dahulu, karena mereka akan memberikan saran tentang kapan A+ Moms bisa mengkonsumsi suplemen prenatal, makanan apa yang harus dikonsumsi (dan hindari) dalam pola makan sehari-hari.

Rekomendasi

Beberapa bantal menyusui memberikan dukungan yang baik secara keseluruhan, dan dapat digunakan saat kehamilan tua untuk mengurangi tekanan pada beberapa area tubuh agar tidur menjadi lebih nyaman.

2. Bra dan pembalut untuk menyusui 

Mungkin intensitas menyusui si Kecil yang baru lahir akan lebih sering pada beberapa minggu pertama. Oleh karena itu, A+ Moms bisa menggunakan bra yang memudahkan akses ke payudara tanpa harus melakukan gerakan-gerakan yang sulit. 

Bra menyusui biasanya dilengkapi dengan ruang untuk meletakkan pembalut menyusui untuk membantu menyerap kelebihan ASI. Untuk pembalut menyusui, A+ Moms bisa memilih berbagai tipe, misalnya tipe yang dapat digunakan kembali dan dicuci, atau yang sekali pakai.

Rekomendasi

Jika A+ Moms mempertimbangkan membeli bra menyusui selama kehamilan, ingatlah bahwa ukuran payudara akan bertambah besar setelah melahirkan. Jadi pastikan beli ukuran yang agak lebih besar untuk ruang ekstra di cup bra dan ruang untuk pembalut menyusui.

3. Krim puting 

Setiap ibu menyusui pasti mengalami puting susu lecet. Memiliki krim puting akan membantu menciptakan lapisan pelembab pada kulit, untuk meredakan, melindungi, dan menyembuhkan puting yang lecet. Pilih produk yang aman digunakan saat menyusui si Kecil, idealnya yang hipoalergenik, bebas pewangi, dan terbuat dari bahan alami.

Rekomendasi

Banyak krim puting yang memiliki banyak fungsi, dan dapat digunakan pada puting yang lecet.

4. Pakaian nyaman untuk ibu menyusui

Dua hal penting yang harus A+ Moms perhatikan saat memilih pakaian untuk menyusui, yang pertama harus mudah dicuci (menyusui pada hari-hari awal biasanya bocor) dan kedua harus memungkinkan akses mudah ke payudara.

Dress menyusui bisa menjadi pilihan yang tepat dalam beberapa minggu awal setelah melahirkan, terlebih ketika celana atau jeans favorit tidak muat, tapi jika A+ Moms ingin mengenakan sesuatu yang berbeda, pilih pakaian yang lembut dan elastis, atau model yang bisa dibuka di depan, sehingga memudahkan untuk menyusui dengan lebih mudah.

Rekomendasi

A+ Moms tidak harus membeli pakaian yang khusus dirancang untuk menyusui. Membeli (atau meminjam) beberapa kemeja berkerah besar dengan model yang bisa dibuka di depan dapat menjadi langkah yang bagus untuk tetap bergaya dan nyaman.

5. Muslin

Muslin berbahan katun berguna sebagai lap atau penutup saat kamu menyusui di tempat umum. Muslin sangat penting selama awal A+ Moms menjadi ibu menyusui.

Rekomendasi

Muslin berukuran besar juga dapat digunakan sebagai selimut untuk si Kecil yang baru lahir dan bisa memberikan perlindungan dari terpaan sinar matahari.

6. Kompres payudara

Masa-masa awal Ibu menyusui, terutama saat jumlah ASI meningkat, bisa menjadi waktu yang melelahkan. Payudara mungkin terasa bengkak dan sedikit sakit, karena adanya proses menyeimbangkan pasokan ASI dan kebutuhan makan si Kecil. Kompres hadir untuk membantu A+ Moms!

Untuk membuat kompres payudara, A+ Moms dapat merendam kain dalam air dingin atau hangat, lalu letakan di payudara. Kompres yang sudah jadi bisa dimasukkan ke dalam kulkas (atau dipanaskan) sesuai kebutuhan.

Rekomendasi

Jika payudara terasa agak bengkak dan A+ Moms ingin ASI mengalir dengan lancar, A+ Moms bisa mandi air hangat atau meletakkan kain lap hangat di payudara sebelum menyusui.

7. Pompa ASI

Pompa ASI telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, membuatnya lebih praktis bagi banyak ibu untuk memompa ASI. Pompa yang bisa dipakai kini dapat dimasukkan ke dalam bra menyusui, sehingga memudahkan A+ Moms bergerak leluasa.

Rekomendasi

Jika tidak ada kebutuhan mendesak untuk memompa ASI, berikan A+ Moms sedikit waktu untuk memperkuat menyusui si Kecil sebelum menggunakan pompa ASI. 

Dapatkan Informasi Terpercaya dari ibu menyusui yang lain

Dengarkan saran dari ibu-ibu menyusui lainnya yang pernah menyusui. Rekomendasi mereka mungkin saja menjadi hal yang A+ Moms butuhkan untuk membantu melewati beberapa minggu pertama menyusui.

Nutrisi Penting untuk Ibu Menyusui

Merawat diri dalam beberapa hari setelah persalinan adalah kunci untuk pemulihan yang baik. Bagaimanapun, A+ Moms telah mengalami banyak hal.

Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik adalah dengan memastikan pola makan harian mengandung berbagai nutrisi. A+ Moms bisa menyertakan berbagai makanan segar dan sehat dalam pola makan saat menyusui.