Ada lebih dari 200 komponen yang bermanfaat dalam setiap tetes ASI. Tak cuma untuk tumbuh kembang si Kecil, melainkan juga untuk daya tahan tubuhnya! Apa saja sih, kandungan ASI yang sangat luar biasa ini?

Bukan ASI namanya jika tidak kaya akan nutrisi. Hampir semua nutrisi yang dibutuhkan si Kecil terkandung di dalam ASI mulai dari lemak, protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi.

Bahkan, semua nutrisi yang ada di dalam ASI lebih mudah dicerna dan diserap dibandingkan susu formula atau susu sapi. Lantas, apa saja sih manfaat dari setiap nutrisi yang terkandung di dalam ASI?

Simak ulasannya berikut ini, ya!

Kandungan ASI yang bermanfaat untuk kesehatan bayi

 

1. Karbohidrat

 

ASI mengandung laktosa yang tergolong ke dalam kategori karbohidrat. Selain berfungsi untuk menambah berat badan si Kecil, laktosa juga akan membantu mengurangi kadar bakteri buruk di dalam perut. Dengan begitu, sistem pencernaan bayi akan lebih lancar.

Laktosa juga berfungsi membantu proses penyerapan nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan tulang, seperti fosfor, kalsium, serta magnesium.

2. Protein

 

Protein di dalam ASI lebih mudah dicerna daripada protein di dalam susu biasa. Hal ini disebabkan karena kandungan kasein dalam protein ASI lebih sedikit.

Dilansir dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), protein pada ASI sangat kaya akan whey yang jumlahnya bisa mencapai 70% dari keseluruhan total protein. Perpaduan komponen whey dan kasein ini sangat berperan dalam membentuk kekebalan tubuh si Kecil terhadap infeksi.

Tak cuma itu, ASI sangat kaya akan protein yang bermanfaat bagi kesehatan si Kecil, diantaranya:

  • Lysozim, berfungsi sebagai enzim untuk melindungi tubuh si Kecil dari bakteri buruk
  • Laktoferin, untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi dan melancarkan sistem pencernaan
  • IgA, IgG, IgM sekretorik, berperan sebagai antibodi tubuh terhadap virus serta mencegah timbulnya alergi
  • Taurin, asam amino yang berperan untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil
  • Neuklotida, berfungsi untuk meningkatkan kinerja usus dalam menyerap zat besi

3. Lemak

 

Selain sebagai penghasil energi dalam tubuh, lemak juga berperan untuk memaksimalkan proses penyerapan vitamin, lho. Yang paling penting, lemak juga berfungsi dalam proses perkembangan otak si Kecil untuk melatih kemampuan motorik dan sensoriknya. Lemak omega 3 dan omega 6 adalah yang paling banyak ditemukan dalam ASI.

Tak cuma itu, ASI juga mengandung asam lemak DHA yang sangat baik untuk kesehatan mata dan sistem saraf bayi.

4. Vitamin

 

ASI mengandung banyak vitamin lho, Bu! Vitamin A, D, E, K, dan C adalah yang utama. Vitamin-vitamin ini tentu akan berpengaruh langsung pada kesehatan dan kecerdasannya. Di samping itu, vitamin juga berperan untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh bayi agar tidak mudah sakit.

5. Mineral

 

Soal mineral dalam ASI, tak perlu ditanya! ASI sangat kaya akan hal ini. Mulai dari kalsium, zat besi, zinc, natrium, magnesium, hingga klorida, semuanya ada! Semua mineral tersebut akan mengoptimalkan kinerja organ tubuh bayi mulai dari usus, jantung, otot dan tulang, hingga sistem saraf.

Jika di dalam kandungan semua mineral ini berperan dalam proses penyempurnaan bentuk organ tubuh bayi, maka saat bayi lahir, mineral-mineral ini akan membantu agar organ tubuh si Kecil berfungsi dengan baik.

Kualitas ASI, bergantung pada apa yang Ibu konsumsi

 

Ibu tentu memahami, bahwa apa yang Ibu konsumsi akan sampai pada tubuh si Kecil melalui ASI. Agar si Kecil bisa mendapatkan semua nutrisi di atas, tentu Ibu juga wajib memastikan kebutuhan nutrisi Ibu selalu tercukupi.

Selain bersumber dari makanan bergizi, Ibu juga perlu melengkapi dengan sumber nutrisi lainnya seperti susu. Enfamama A+ dapat menjadi pilihan terbaik Ibu sebagai menu pelengkap!

Enfamama A+ diformulasikan dengan protein dan sumber serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk memenuhi nutrisi Ibu yang memproduksi ASI.

Susu ibu hamil dan menyusui ini juga dilengkapi dengan 7 vitamin serta 5 mineral yang lengkap untuk menyempurnakan kualitas ASI.

Komitmen mengASIhi, tetap dimulai dari diri Ibu sendiri. Dapatkan kualitas dan kuantitas ASI yang optimal dengan mengonsumsi Enfamama A+ tiga kali sehari.

Klik di sini untuk cari tahu lebih lanjut. Selamat mengASIhi dengan sepenuh hati ya, Bu!