Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Mendapati si Kecil jatuh sakit bisa jadi merupakan peringatan untuk Ibu bahwa terdapat sesuatu yang salah dalam tubuhnya. Sebenarnya, tubuh memiliki sistem pertahanan yang dapat mencegah terjadinya sebuah penyakit. Namun, ketika fungsi sistem imun menurun, dampaknya akan segera dirasakan. Untuk itu, penting untuk mengetahui tanda atau ciri-ciri ketika sistem imun sedang tidak dalam kondisi normal, terutama pada si Kecil.

Apa saja gejala atau tanda ketika sistem imun si Kecil menurun?

 

Ketika sistem imun bekerja normal dan sebagaimana mestinya, kesehatan si Kecil biasanya sudah terjamin. Namun, terkadang sistem pertahanan tubuh ini mengalami masalah. Setidaknya terdapat 80 jenis penyakit yang disebabkan oleh masalah pada sistem imun manusia. Untuk mengetahui penyebab pasti, Ibu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Untuk mengenali penurunan sistem imun pada anak, berikut beberapa tanda atau ciri yang dapat menjadi bahan pertimbangan Ibu.

Sering sakit atau infeksi yang berulang

 

Ciri pertama ketika sistem imun menurun adalah si Kecil sering sakit atau mengalami infeksi yang berulang. Apabila si Kecil memerlukan antibiotik lebih dari empat kali dalam setahun, berarti tubuhnya tidak mampu melawan serang bakteri atau virus.

Contoh penyakit yang sering dialami si Kecil secara berulang yaitu seperti pilek, demam, dan flu.

Cepat merasa lelah atau capek

 

Ketika si Kecil terlihat selalu kelelahan atau lemas seperti sedang flu, hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa terjadi sesuatu dalam sistem pertahanan tubuhnya. Ketika sistem imun bermasalah, tingkat energi juga ikut terganggu. Rasa lelah terjadi akibat tubuh mencoba menyisakan energi agar sistem imun tetap bekerja melawan bakteri.

Mengalami masalah pencernaan

 

Jika si Kecil mengalami masalah pencernaan seperti sering diare, buang gas, atau sembelit, tandanya sistem kekebalan tubuhnya terganggu. Hampir 70% sistem imun terdapat dalam saluran pencernaan. Bakteri sehat dan mikroorganisme yang hidup di dalamnya melindungi usus dari infeksi dan mendukung sistem imun.

Ketika jumlah bakteri baik ini menurun, si Kecil pun akan rentan terserang virus, peradangan kronis, dan bahkan gangguan autoimun.

Lalu bagaimana cara mengembalikan sistem imun si Kecil agar kembali normal?

 

Ibu pasti khawatir ketika mendapati si Kecil mengalami beberapa gejala di atas yang menunjukkan terjadi masalah pada sistem imun.

Untuk membantu kekebalan tubuh kembali bekerja dan melindungi sang buah hati, perubahan gaya hidup dan kebiasaan dapat secara alami mengatasinya.

  • Mengonsumsi makanan seimbang, seperti protein, sayur, dan buah
  • Durasi tidur yang cukup
  • Ajak atau dorong si Kecil untuk bergerak aktif dan berolahraga
  • Lakukan vaksinasi sesuai anjuran dokter
  • Menjaga berat badannya agar tetap ideal

Selain asupan nutrisi dari makanan sehari-hari, Ibu dapat memberikan tambahan suplemen yang tentunya bermanfaat bagi sistem imun si Kecil. Contohnya adalah susu formula yang dilengkapi kandungan prebiotik PDX:GOS dan beta-glucan.

Semua kandungan tersebut terbukti klinis dalam riset dalam menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus agar sistem imun tetap bekerja aktif melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Salah satu hasil uji klinis adalah berkurangnya hari sakit si Kecil bila mengonsumsi susu formula dengan kandungan prebiotik PDX:GOS dan beta-glucan.

Enfagrow dengan kandungan kombinasi nutrisi PDX GOS, Beta Glucan dan Omega3 &6 terbukti klinis meningkatkan daya tahan tubuh anak. Minum Enfagrow 3 gelas sehari terbukti dapat perkuat daya tahan tubuh si kecil.

Sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan benteng pertahanan utama dalam tubuh si Kecil untuk melawan berbagai jenis serangan penyakit. Ketika sistem imun menurun, si Kecil jadi rentan sakit. Ayo Bu jaga daya tahan tubuhnya agar momen cerdasnya optimal.

Sumber: 

Booth, S. (2015, October 30). 16 Symptoms of Immune System Problems. Retrieved July 21, 2019, from https://www.webmd.com/cold-and-flu/immune-system-disorders

Pennmedicine.org. (2020). 6 Signs You Have a Weakened Immune System – Penn Medicine. Retrieved April 8, 2020, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2020/march/weakened-immune-system

familydoctor.org. (2019, March 27). Repeated Infections In Children - Bacterial and Viral | familydoctor.org. Retrieved April 8, 2020, from https://familydoctor.org/condition/repeated-infections-in-children/

Health Essentials from Cleveland Clinic. (2016, December 7). Is Your Immune System Unhealthy? Why Things Can Go Wrong. Retrieved April 8, 2020, from https://health.clevelandclinic.org/can-immune-system-go-haywire-falter/