Dengan semakin berkembangnya teknologi rekam gambar (new-imaging), kini para ahli neurobiologis dapat menggali lebih banyak informasi berharga mengenai otak orang dewasa dan anak-anak.

Fakta Fungsi Otak: Otak Sudah Siap Belajar Sejak Bayi Lahir

 

Fungsi dan perkembangan otak manusia berkembang dengan sangat cepat, mulai sejak hari pertama di kandungan. Saat usia 6 tahun, otak si kecil sudah hampir seukuran dengan otak orang dewasa. Bahkan ketika lahir, otak si kecil berisi jutaan sel otak, yang disebut neuron.

Fakta Fungsi Otak: Hubungan otak semakin diperkuat oleh pengalaman

 

Hubungan di dalam otak disebut dengan sinapsis. Beribu-ribu sinapsis terbentuk dengan pengalaman sehari-hari Sinapsis.terbentuk karena mereka mengirimkan impuls otak yang mengontrol fungsi tubuh, pikiran, perasaan, pelajaran, ingatan, dan bahasa.

Saat si kecil memiliki mainan baru, ia akan menelaahnya dengan banyak energi. Sel otaknya akan terpacu dan melahirkan sinapsis baru. Otak balita mungkin akan membuat lebih banyak sinapsis dari apa yang dibutuhkan dalam menjalankan fungsi otak yang baik. Sinapsis yang rutin digunakan akan semakin kuat dan tetap ada. Sinapsis yang jarang digunakan akan hilang. Jadi dengan memeluk dan membacakan dongeng untuk si kecil, Ibu dapat mendukung perkembangan dan kekuatan koneksi pada otaknya.

Fakta Fungsi Otak: Bagian otak depan berperan dalam perilaku yang berorientasi pencapaian

 

Sebuah aspek yang sangat penting pada perkembangan awal balita adalah koneksi neuron pada bagian otak depannya, area ini disebut sebagai korteks prefrontal. Koneksi ini mulai berkembang di akhir satu tahun pertamanya dan akan terus berlanjut sampai ia remaja. Korteks prefrontal ini seringkali disebut sebagai area dari “Fungsi Eksekutif” kita, karena ini terkait dengan perilaku yang berorientasi pada pencapaian seperti mengorganisasi, merencanakan, memecahkan masalah dan evaluasi dari sikap diri sendiri. Balita mulai menunjukkan fungsi eksekutif ini ketika ia mulai berhati-hati dan secara perlahan mencoba menyesuaikan potongan gambar di permainan bongkar pasang.

Referensi:

Ramey C, Ramey S. Right from Birth. Building Your Child's Foundation for Life. New York, NY: Goddard; 1999.
Shore R. Rethinking the Brain: New Insights into Early Development. New York, NY: Families and Work Institute; 1997.