Istilah probiotik yang sering kita dengar ternyata sangat berperan dalam menentukan kesehatan si Kecil. Agar Ibu tak salah memilih sumber probiotik yang baik, simak ulasan Enfa berikut ini ya, Bu!

Peran probiotik untuk kesehatan si Kecil

 

Probiotik adalah mikroorganisme hidup berupa bakteri yang berada di dalam sistem pencernaan manusia. Probiotik akan menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat, agar sistem tubuh khususnya pencernaan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Banyak hal yang dipengaruhi oleh kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Pengelolaan nafsu makan, kualitas penyerapan nutrisi oleh tubuh, hingga sistem pembuangan melalui feses adalah beberapa di antaranya.

Jika ditinjau lebih jauh lagi, beberapa hal tersebut juga turut berperan untuk mendukung sistem imun pada tubuh si Kecil, lho, Bu.

Untuk itu, menjaga kesehatan saluran cerna anak adalah hal yang wajib. Semakin tidak sehat saluran cernanya, semakin menurun juga kualitas sistem imun tubuhnya.

Dilansir dari Healthline, probiotik juga memiliki manfaat lain untuk si Kecil, diantaranya:

  • Mencegah penyakit radang usus serta asam lambung, karena sistem pencernaan dapat berjalan dengan optimal
  • Membantu mencegah kolik dan sembelit
  • Mengatasi infeksi diare yang disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit
  • Membuat sistem pembuangan (feses) menjadi lebih lancar
  • Membantu si Kecil agar tidak mudah terserang penyakit termasuk flu dan infeksi saluran pernapasan, karena sistem imunnya yang kuat

Sumber probiotik yang aman dikonsumsi si Kecil

 

1. Makanan kaya probiotik

 

Beberapa contoh makanan yang mengandung probiotik alami adalah apel, pisang, dan buah plum.

2. Makanan dan minuman olahan fermentasi

 

Makanan yang melalui proses fermentasi seperti acar mentimun, kimchi, keju, tempe, serta sup miso bisa menjadi pilihan Ibu untuk menu makan si Kecil.

Sementara untuk minuman, yogurt dan susu kefir (susu fermentasi) bisa menjadi sumber probiotik alami untuk si Kecil.

3. Suplemen

 

Bagi anak-anak usia di bawah lima tahun, mengonsumsi suplemen probiotik adalah opsi jika si Kecil memang memerlukan penanganan khusus terkait sistem pencernaannya. Dosisnya pun bergantung pada kondisi serta usia masing-masing anak. Pastikan Ibu mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter anak sebelum memberikan suplemen probiotik.

Jaga kualitas probiotik dengan prebiotik yang cukup

 

Mungkin Ibu banyak bertanya, apakah perbedaan antara probiotik dengan prebiotik? Ternyata, keduanya saling melengkapi untuk membangun sistem pencernaan yang baik, lho, Bu.

Jika probiotik adalah bakteri hidup yang "menjaga" sistem pencernaan, maka prebiotik adalah asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri tersebut.

Dapat dikatakan, probiotik yang cukup tak akan optimal tanpa adanya dukungan dari asupan prebiotik secara rutin untuk si Kecil.

Salah satu sumber prebiotik yang paling efektif untuk kesehatan si Kecil ialah susu. Enfagrow A+ 3 New Advanced Formula adalah rekomendasi susu formula yang mengandung prebiotik untuk melancarkan sistem pencernaan si Kecil. Dengan nutrisi PDX dan GOS sebagai prebiotik di dalamnya, Enfagrow A+ 3 New Advanced Formula akan membantu menyeimbangkan jumlah pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Dampak positifnya, penyerapan nutrisi makanan yang diolah di lambung dan usus si Kecil akan berjalan lebih maksimal. Selain itu, nafsu makan si Kecil juga selalu terjaga sehingga ia bisa tumbuh aktif dan cerdas sesuai dengan usianya. PDX/GOS dalam Enfagrow A+ 3 New Advanced Formula juga berfungsi sebagai sumber serat pangan, sehingga efektif untuk mengurangi risiko sembelit pada si Kecil.

Memilih susu formula memang membutuhkan ketelitian terhadap setiap kandungannya. Selain diperkaya dengan PDX/GOS yang baik untuk pencernaan, Enfagrow A+ 3 New Advanced Formula juga sudah dilengkapi dengan nutrisi kompleks lainnya mulai dari kalsium, vitamin, zat besi dan mineral yang tinggi.

Bahkan, susu formula pilihan para Ibu ini juga memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 tertinggi, lho! Semakin lengkap nutrisinya, semakin baik untuk tumbuh kembang si Kecil ke depannya.

Karena daya tahan tubuhnya juga bermula dari kesehatan sistem pencernaannya, mari berikan yang terbaik untuk si Kecil bersama Enfagrow A+ 3 New Advanced Formula!