Untuk perkembangan otak yang sehat, si Kecil membutuhkan nutrisi otak DHA yang optimal. Dalam 5 tahun pertama kehidupan si Kecil, otaknya akan tumbuh hingga 90 persen dari ukuran dewasanya. Ini adalah periode perkembangan yang krusial baginya, penuh dengan pencapaian penting. Selama waktu inilah dia belajar menamai bentuk dasar, cara berpakaian sendiri, dan bahkan cara berteman — semuanya untuk pertama kalinya.

Itulah mengapa sangat penting untuk tidak hanya memberinya nutrisi pembangun jaringan otak seperti DHA, tapi juga memastikan si Kecil mendapatkan jumlah yang tepat. Para ahli di WHO merekomendasikan untuk mengonsumsi sebanyak 100 hingga 150 miligram DHA setiap hari. Namun berdasarkan pola makan khas anak-anak, mereka biasanya hanya mendapatkan 38,7 miligram DHA, yang jauh lebih kecil dari standar rekomendasi. Segelas susu dapat membantu memberikan asupan DHA yang dibutuhkan si Kecil setiap harinya.

DHA DAPAT MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN OTAK

Dalam hal nutrisi jaringan otak, DHA adalah salah satu nutrisi terpenting. Sebuah teori yang luar biasa tentang kekuatan DHA untuk membangun otak: beberapa ahli percaya bahwa adanya DHA dalam makanan manusia purba mungkin telah berkontribusi pada perkembangan jaringan korteks serebral mereka — langkah besar pertama untuk berevolusi menjadi makhluk cerdas!

Asupan DHA sangat penting bahkan sebelum si Kecil lahir, karena pada saat inilah otak janin yang baru terbentuk berkembang sangat pesat. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya DHA, yang akan berfungsi sebagai bahan penyusun otak janin di dalam rahim Ibu.

Berbagai bukti ilmiah juga telah membuktikan kemampuan DHA dalam membangun otak. Sebuah studi klinis menyatakan bahwa anak-anak yang menerima asupan DHA dan ARA sesuai standar rekomendasi menunjukkan perkembangan otak yang lebih baik dalam hal pemecahan masalah, ketajaman visual, kecerdasan verbal, dan IQ, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mendapatkan asupan DHA dan ARA.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya memberikan asupan DHA selama masa emas pertumbuhannya untuk membantu otak si Kecil berkembang secara optimal.

Untuk dukung masa emas pertumbuhan si Kecil, Ibu dapat memberikan susu formula Enfagrow A+ Neurapro sebagai suplemen asupan makanannya. Dengan kadar DHA 35mg/saji, Enfagrow A+ Neurapro membantu memenuhi kebutuhan asupan DHA harian. DHA bermanfaat bagi perkembangan otak si Kecil. Yuk, dukung si Kecil belajar tanpa batas dan optimalkan kecerdasannya dengan Enfagrow A+ Neurapro.

 

Referensi: 

 

  • National Nutrient Database for Standard Reference, food composition databases Sr23-Page Reports, USDA website
  • (www.ars.usda.gov). USDA National Nutrient Database for Standard Reference, Release 23 and 24.
  • FAO 2010. Fats and fatty acids in human nutrition. Report of an expert consultation. FAO Food and Nutrition Paper no. 91. FAO: Rome.
  • Broadhurst, C.L.; Wang, Y.; Crawford, M.A.; Cunnane, S.C.; Parkington, J.E.; Schmidt, W.F. Brain-specific lipids from marine, lacustrine, or terrestrial food resources: Potential impact on early African Homo sapiens. Comp. Biochem. Physiol. B Biochem. Mol. Biol. 2002, 131, 653–673.
  • Crawford, M. Cerebral evolution. Nutr. Health 2002, 16, 29–34. Nutrients 2011, 3547
  • Crawford, M.A.; Bloom, M.; Broadhurst, C.L.; Schmidt, W.F.; Cunnane, S.C.; Galli, C.; Gehbremeskel, K.; Linseisen, F.; Lloyd-Smith, J.; Parkington, J. Evidence for the unique function of docosahexaenoic acid during the evolution of the modern hominid brain. Lipids 1999, 34, S39–S47.
  • Crawford, M.A.; Bloom, M.; Cunnane, S.; Holmsen, H.; Ghebremeskel, K.; Parkington, J.; Schmidt, W.; Sinclair, A.J.; Broadhurst, C.L. Docosahexaenoic acid and cerebral evolution. World Rev. Nutr. Diet. 2001, 88, 6–17.
  • Drover JR, et al. Child Development 2009; 80 (5): 1376-1384
  • Birch EE, et al. Dev Med Child Neural. 2000; 42:174-181
  • Birch EE, et al. Early Human Development 2007; 83 279-284
  • Your Child's DHA Levels Matter. Retrieved 11 February 2021, from https://www.enfagrow.com.ph/nutrition/DHA/role-brain-development/DHA-levels-matter