Ibu mungkin pernah mendengar bahwa DHA sangat penting fungsinya sebagai nutrisi otak si Kecil. Pelajari berbagai informasi dan fakta seputar DHA berikut ini.

Apa itu DHA?

DHA adalah asam lemak esensial dalam keluarga omega-3, yang merupakan bahan dasar pembangun sel otak dan retina. Otak manusia dan sel saraf optik mengandung banyak jenis asam lemak, namun jenis yang tertinggi adalah DHA, yang terdapat 40 persen di otak dan 60 persen di retina.

DHA merupakan merupakan komponen utama sel otak, membantu memperkuat pertumbuhan saraf yang berfungsi untuk menyampaikan sinyal serta mengirimkan informasi antar sel otak. Inilah mengapa DHA merupakan nutrisi esensial yang berperan penting dalam perkembangan otak si Kecil, terutama pada 3 tahun pertama kehidupannya, di mana otaknya berkembang hingga 85 persen.

Manfaat DHA bagi perkembangan otak si Kecil

DHA berperan penting dalam pembentukan sel otak. Saat kehamilan, si Kecil mendapatkan asupan DHA dari plasenta. Namun janin belum memiliki enzim yang mencukupi untuk mensintesis asam lemak omega-3, yang nantinya akan diubah menjadi DHA, sehingga janin hanya akan mengakumulasi DHA yang diterima. Nutrisi ini sangat penting terutama selama tiga bulan terakhir sebelum kelahiran, karena pada masa inilah pertumbuhan dan perkembangan otak janin sangat pesat. Setelah lahir, si Kecil akan mendapatkan DHA dari ASI Ibu.

DHA dan koneksi sel otak yang lebih cepat

DHA mendorong pembentukan selubung mielin di otak yang mengisolasi arus listrik cepat. DHA akan meningkatkan kemampuan menerima dan mentransmisikan sinyal impuls antar sel saraf dan membuat komunikasi antar neuron semakin efisien. Semakin banyak jumlah sel otak yang terhubung, maka semakin tinggi kecerdasan dan kemampuan belajar si Kecil.

Tahukah Ibu? Kualitas DHA berbeda-beda pada setiap makanan yang berbeda

Kandungan DHA terbaik bagi si Kecil terdapat di dalam ASI. Namun Ibu juga harus memerhatikan kualitas DHA dari sumber makanan yang Ibu berikan pada si Kecil. Makanan yang berbeda akan memiliki kandungan dan kualitas DHA yang berbeda juga, Ibu harus fokus memberikan DHA berkualitas terbaik untuk si Kecil.

Asupan DHA yang baik untuk si Kecil

Asupan DHA yang tepat akan membantu meningkatkan perkembangan otak si Kecil sejak lahir hingga 5 tahun pertama kehidupannya. Anak-anak di atas usia 1 tahun harus mendapatkan setidaknya 100 miligram DHA per hari.

Ibu dapat memenuhi asupan DHA si Kecil dengan memberikan 3 gelas Enfagrow A+ Neurapro setiap hari, dengan kandungan DHA 35 miligram per saji. Enfagrow A+ Neurapro bantu dukung perkembangan otak si Kecil untuk belajar tanpa batas dan optimalkan kecerdasannya.

Referensi: