Di masa pertumbuhannya, si kecil tak hanya wajib mendapat asupan makanan bergizi, tapi juga makanan yang terjamin kualitas dan kebersihannya. Tahukah Ibu banyak penyakit infeksi pada anak-anak berasal dari makanan yang dikonsumsinya?

Dapur adalah pusat dari seluruh kegiatan mengolah makanan. Bahan makanan mentah dan makanan matang berada di satu tempat di dapur. Padahal, bahan makanan mentah merupakan salah satu media kontaminasi bakteri yang harus diwaspadai. Jadi, dapur tak cukup sekadar bersih, tetapi harus dikelola sedemikian agar makanan yang dihasilkan dari sana terjamin kebersihannya untuk kesehatan si kecil.

Apa yang bisa Ibu lakukan untuk memastikan higienitas dapur? Rutin membersihkan dapur, baik sebelum maupun setelah memasak, tidak cukup menjamin dapur higienis. Coba Ibu cek juga beberapa hal berikut ini.

1. Bahan makanan mentah harus dibungkus dengan baik

 

Terutama daging, ikan, dan ayam, yang berpotensi menyebarkan mikroba dalam kondisi mentah ke bahan makanan lain. Bungkus bahan makanan dalam satu porsi masak supaya tidak perlu mengemas kembali bahan makanan yang sudah dibuka.

2. Sediakan termometer makanan

 

Termometer makanan diperlukan untuk memastikan keamanan makanan berdasarkan suhunya, biasanya digunakan pada daging. Selain digunakan saat proses memasak, termometer ini bisa Ibu gunakan ketika memanaskan kembali daging yang sudah matang.

3. Tidak ada makanan sisa yang ditaruh di kulkas

 

Ibu suka menaruh makanan sisa di dalam kulkas? Makanan sisa, meski ditaruh di kulkas, masih berpotensi menyebarkan bakteri jika suhu pendinginannya tidak tepat. Jadi, biasakanlah memasak dan menghabiskan makanan di hari yang sama supaya tidak perlu menaruh makanan sisa.

4. Bahan makanan dikemas dengan baik dalam wadah tertutup

 

Bahan makanan, baik daging, sayur, atau bumbu masakan, pastikan disimpan dalam wadah tertutup. Hal ini untuk memastikan bahan makanan tidak terpapar debu dan kotoran, atau sampah dapur lainnya. 

5. Talenan khusus daging mentah terpisah dengan talenan untuk makanan lain

 

Daging mentah mengandung bakteri dan mikroba yang berpotensi menyebabkan penyakit. Itu sebabnya, talenan untuk mengolah daging harus terpisah dengan talenan bahan makanan matang. 

6. Buah-buahan dicuci bersih sebelum disajikan

 

Meski kulit buah akan dikupas sebelum dikonsumsi, wajib mencuci buah-buahan terlebih dahulu. Tujuannya, supaya daging buah tidak terkontaminasi kotoran yang menempel di kulit buah ketika dikupas.

7. Tersedia sabun cuci tangan antiseptic yang mudah diakses

 

Cuci tangan wajib dilakukan oleh Ibu setiap kali akan mengolah makanan dan juga setelah selesai memasak. Begitu juga dengan anak-anak, pastikan mereka mencuci tangan ketika hendak mengambil makanan dari dapur.

8. Tersedia lap bersih untuk membersihkan permukaan meja sebelum menyajikan makanan

 

Lap dapur ini harus rutin dicuci dan diganti setiap hari, ya, Ibu.