Oleh Roby Rizki

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Sebagai orangtua, Ibu pasti selalu memprioritaskan kesehatan si Kecil, salah satunya dengan memastikan kesehatan pencernaannya tetap terjaga. Saluran pencernaan memang penting karena di dalamnya, terdapat berbagai mikroorganisme yang berperan untuk menjaga pencernaan agar tetap bekerja sebagaimana mestinya. Untuk membantu mikroorganisme tersebut menjaga kesehatan dalam sistem cerna, Ibu dapat memberikan tambahan asupan prebiotik untuk si Kecil. Apa sebenarnya manfaat prebiotik dan bagaimana cara kerjanya dalam pencernaan si Kecil?

Mengenal lebih dekat prebiotik

 

Di antara berbagai mikroorganisme yang terdapat dalam sistem pencernaan, salah satunya adalah bakteri. Namun jangan salah Bu, bakteri yang dimaksud adalah bakteri sehat yang bermanfaat bagi sistem pencernaan. Bakteri berfungsi untuk membantu usus mencerna jenis makanan tertentu dan juga membentuk vitamin.

Di sisi lain, terdapat juga bakteri yang dapat merugikan kesehatan pencernaan si Kecil. Oleh karena itu, menambah asupan prebiotik untuk si Kecil merupakan salah satu cara untuk menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan jahat.

Apa itu prebiotik?

 

Prebiotik sendiri merupakan senyawa yang berasal dari makanan atau juga suplemen yang seringkali ditemukan dalam susu formula anak. Dilansir dari AboutKidsHealth, peran utama prebiotik adalah untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Untuk itu, prebiotik tidak dicerna oleh tubuh, melainkan menjadi makanan bagi mikroorganisme yang hidup di dalam saluran cerna.

Menambah asupan makanan sumber prebiotik untuk si Kecil

 

Berikut beberapa jenis makanan yang kaya prebiotik yang dapat diberikan untuk si Kecil:

 

  • Pisang. Serat prebiotik pada pisang telah terbukti dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus dan mengurangi kembung.

  • Apel. 50% dari total kandungan serat dari apel berasal dari zat yang bernama pektin. Pektin memiliki manfaat seperti prebiotik yaitu menambah bakteri baik yang bermanfaat bagi pencernaan dan mengurangi bakteri yang berbahaya.

  • Rumput laut. Makanan ini merupakan salah satu sumber prebiotik terbaik. Efek prebiotik dalam rumput laut dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik, mencegah pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, menambah sistem imun, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

  • Bawang putih. Coba perkenalkan si Kecil pada masakan yang menggunakan bawang putih dan biasakan untuk mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung prebiotik, yang akan mencegah bakteri jahat penyebab penyakit tumbuh di dalam usus.

Selain dari makanan, prebiotik pun bisa didapatkan melalui makanan yang telah melalui proses fortifikasi, contohnya adalah susu formula.

Formula yang telah difortifikasi prebiotik merupakan sumber prebiotik bagi si Kecil yang dapat diandalkan karena lebih praktis dan dapat menjadi alternatif ketika makanan sumber prebiotik alami tidak tersedia.

Di antara berbagai susu formula yang tersedia, selain memilih susu formula yang mengandung prebiotik, perhatikan juga kandungan Beta-glucan serta PDX:GOS. Kandungan tersebut juga dapat membantu menambah daya tahan tubuh si Kecil agar lebih kuat dalam melindungi dari serangan bakteri dan virus.

Manfaat prebiotik untuk si Kecil

 

Saat mendapat asupan prebiotik tambahan, entah itu dari susu formula atau makanan, si Kecil akan mendapatkan manfaat seperti:

 

  • Mengurangi tingkat keparahan dan durasi beberapa jenis diare (seperti diare akibat antibiotik)

  • Meringankan gejala kolik

  • Membantu meredakan gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS)

  • Meredakan sembelit dan yang berhubungan dengan perut kembung

  • Meringankan gejala yang berhubungan dengan intoleransi laktosa

Selain itu, sebuah penelitian pada tahun 2017 menyatakan, asupan nutrisi yang terdiri dari serat atau prebiotik dapat mendukung kesehatan anak akibat perubahan komposisi mikrobiota dan aktivitas metabolisme pada pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu memberikan prebiotik kepada si Kecil, entah melalui makanan atau susu formula.

Pemberian susu formula menjadi salah satu pilihan Ibu pada saat ini untuk penuhi kebutuhan prebiotik. Pastikan adanya kandungan prebiotik dalam susu formula yang Ibu pilih. Salah satu bentuk prebiotik adalah PDX:GOS.

Yang membuat PDX:GOS ini semakin istimewa adalah perpaduan dengan Betaglucan dan Omega 3 dan 6. Kombinasi ketiga nutrisi ini terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.  Penuhi kebutuhan nutrisinya sehingga tumbuh kembang dan kecerdasannya tetap optimal.

 

Sumber:

AboutKidsHealth. (2016). Prebiotics and probiotics. Retrieved April 3, 2020, from https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=1990&language=Englishhttps://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=1990&language=English

Semeco, A. (2016, June 8). The 19 Best Prebiotic Foods You Should Eat. Retrieved April 3, 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods#section8

Woznicki, K. (2010). Children May Benefit From Probiotics, Prebiotics. Retrieved April 4, 2020, from https://www.webmd.com/children/news/20101128/children-may-benefit-from-probiotics-prebiotics#1

Armstrong, C. (2011). AAP Reports on Use of Probiotics and Prebiotics in Children. American Family Physician, 83(7), 849. Retrieved from https://www.aafp.org/afp/2011/0401/p849.html

Wegh, C. A. M., Schoterman, M. H. C., Vaughan, E. E., Belzer, C., & Benninga, M. A. (2017). The effect of fiber and prebiotics on children’s gastrointestinal disorders and microbiome. Expert Review of Gastroenterology & Hepatology, 11(11), 1031–1045. https://doi.org/10.1080/17474124.2017.1359539