Si Kecil tiba-tiba menunjukkan gejala sakit?

 

Sebagai penanganan tercepat agar gejala tidak bertambah parah, Ibu bisa mencoba pengobatan alami untuk bayi, lho!

Tapi, Ibu perlu mengetahui bahwa tak semua bahan alami aman untuk diberikan pada bayi. Agar Ibu tidak bingung, yuk, simak 9 bahan alami yang aman dan efektif untuk meredakan berbagai gejala sakit si Kecil!

Pengobatan alami untuk si Kecil

 

1. Kompres bawang merah untuk demam

Siapa sangka, bawang pemberi rasa sedap ini punya manfaat untuk menurunkan demam pada si Kecil. Kandungan peptide dan flavonoid pada bawang merah dapat membantu si Kecil meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga demam akan berangsur-angsur turun.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kupas bawang merah dan iris secara halus. Campurkan irisan bawang dengan minyak telon atau minyak kayu putih, lalu balurkan ke bagian perut, punggung, dada, telapak kaki, dan ubun-ubun.

2. Uap air panas untuk pilek

Ketika si Kecil mengalami hidung tersumbat hingga batuk yang sulit mengeluarkan dahak, Ibu wajib mencoba metode uap air panas berikut ini.

Tuang air mendidih ke dalam baskom, lalu arahkan si Kecil untuk menghirup uap air tersebut selama 5-10 menit. Cara kerja ini hampir sama dengan metode uap menggunakan nebulizer.

3. Daun jarak untuk meredakan kembung

Inilah sebabnya budidaya daun jarak sangat penting! Saat si Kecil kembung dan masuk angin, Ibu bisa menempelkan daun jarak di perutnya.

Bersihkan selembar daun jarak lalu balurkan dengan minyak telon. Setelah itu, tempelkan pada perut bayi hingga 3-4 jam. Cara ini juga efektif untuk meredakan kolik serta melancarkan buang air besar (BAB) si Kecil, lho.

4. Mentimun untuk biang keringat

Kulit si Kecil muncul biang keringat? Selain gatal, hal ini juga bisa menyebabkan iritasi berkepanjangan. Ternyata, mentimun bisa jadi salah satu solusinya. Haluskan mentimun hingga berbentuk seperti bubur dan balurkan ke bagian tubuh si Kecil yang terkena biang keringat. Lakukan setiap hari secara rutin. Efek dinginnya bisa membuat si Kecil lebih tenang, lho, Bu!

5. Air hangat untuk masuk angin

Rebus air panas hingga hampir mendidih dan masukkan ke dalam botol kaca. Lapisi botol kaca tersebut dengan handuk dan letakkan di perut si Kecil.

Langkah ini efektif membuat si Kecil lebih nyaman menjelang tidur, atau mengatasi masuk angin dengan mengeluarkan gas-gas yang tertahan di dalam tubuh.

6. Bawang putih untuk beragam penyakit

Pemberi aroma pada masakan ini ternyata punya banyak sekali manfaat sebagai obat alami untuk si Kecil, antara lain:

  • Mengobati cacingan
  • Memperbaiki saluran pencernaan
  • Antibakteri dan antivirus
  • Meredakan flu
  • Mengatasi radang tenggorokan

Karena aroma bawang putih cukup kuat, Ibu harus pintar-pintar mengemasnya untuk si Kecil. Mencampurkan bawang putih pada setiap makanan si Kecil juga efektif, kok, Bu!

7. Lemon untuk radang tenggorokan

Lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan sistem pernapasan. Jadi, saat si Kecil mengalami radang tenggorokan, lemon bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Seduh perasan lemon dengan segelas air hangat. Jika si Kecil sudah di atas 1 tahun, Ibu juga bisa mencampurkan madu di dalamnya. Langkah ini dapat membantu si Kecil melegakan tenggorokannya serta melawan virus flu yang masuk.

8. Jahe untuk sesak napas

Si Kecil kesulitan bernapas karena virus flu? Air jahe bisa menjadi pilihan Ibu untuk mengatasinya. Parut jahe dan seduh dengan air hangat. Tak perlu terlalu banyak, mengingat rasa jahe yang sangat kuat tidak begitu disukai oleh anak-anak. Jika si Kecil sudah berusia di atas satu tahun, bisa juga ditambahkan madu.

Jahe dapat meredakan radang membran mukus sebagai penyebab sesak napas. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat mengendalikan penyebaran virus flu dan demam.

9. Kencur untuk meredakan batuk

Kencur memiliki khasiat melancarkan saluran pernapasan. Ibu bisa memarut kencur lalu peras dan ambil sarinya. Campurkan sari kencur dengan sedikit air dan madu. Ramuan tradisional ini sangat efektif untuk meredakan batuk pada si Kecil, lho!

10. Temulawak untuk nafsu makan

Si Kecil susah makan? Temulawak bisa jadi andalan Ibu untuk meredakannya.

Sifat anti-hepototoksik pada temulawak mampu melindungi sistem pencernaan si Kecil menjadi lebih sehat. Nafsu makan terkontrol, makan jadi teratur, diiringi dengan sistem kekebalan tubuh si Kecil yang terus meningkat.

Ibu tertarik mencobanya? Cukup parut sedikit temulawak dan ambil sarinya. Campurkan sari temulawak dengan air hangat dan voila! Ini dia obat alami untuk mengatasi nafsu makan si kecil.

Selalu perhatikan kebersihan bahan alami yang digunakan

Mengobati si Kecil dengan bahan alami memang membuat Ibu merasa lebih tenang. Selain bahan-bahannya mudah didapat, pengobatan alami untuk si Kecil ini juga tanpa efek samping!

Namun, ada satu hal yang sering diabaikan para Ibu saat meracik bahan-bahan alami ini. Ya, kebersihan!

Ibu disarankan untuk melakukan pencucian berulang pada setiap bahan-bahan alami yang digunakan. Hal ini ditujukan untuk mencegah masuknya virus dan bakteri yang menempel pada bahan-bahan alami yang digunakan.

Tak hanya bahan alaminya saja yang harus bersih, kebersihan tangan Ibu saat meracik ramuan obat alami ini juga wajib, dong! Termasuk saat membalurkan atau memberikan obat alami tersebut untuk si Kecil.

Dettol Instant Hand Sanitizer akan membantu Ibu mensterilkan tangan sebelum, saat, dan setelah proses membuat obat-obat alami. Keunggulan formulanya dapat membunuh kuman hingga 99,9% tanpa dibilas, lho!

Apalagi Dettol Instant Hand Sanitizer hadir dengan tekstur yang tidak lengket, jadi Ibu bisa tetap santai meracik obat-obatan alami untuk kesehatan si Kecil. Formulanya juga mampu menghilangkan bau pada tangan khususnya bau-bau yang tajam seperti bahan alami yang akan Ibu gunakan. Efektif, bukan?

Dapatkan Dettol Instan Hand Sanitizer di sini dan letakkan di sudut ruangan. Satu produk yang sangat penting untuk mencegah transmisi kuman antara anggota keluarga!

Selamat mencoba tips dari kami, ya, Bu! :)