Di kehamilan trimester kedua dan ketiga, rasanya sangat bahagia ketika bisa merasakan gerakan si Kecil di dalam kandungan. Gerakannya juga menandakan si Kecil dalam kondisi yang baik. Namun, ketika Ibu sudah terbiasa dengan gerakannya, kemudian di hari ini atau berikutnya si Kecil hanya bergerak sedikit dan pelan, atau posisi si Kecil di kandungan membuat Ibu tidak nyaman, terasa sesak dan sebagainya, jangan khawatir dulu, ya Ibu. Ada kemungkinan si Kecil senang dengan posisinya tersebut dan tidak ingin berganti posisi.  

Selain tidak panik, Ibu juga bisa melakukan berbagai tips menarik berikut untuk merangsang gerakan si Kecil di dalam kandungan.

1. Minum susu

Cobalah segelas susu dingin, bisa dicampur es batu yang segar. Gula alami dari susu dan suhu dinginnya dapat merangsang gerakan si Kecil.

2. Makan camilan

Peningkatan gula darah di tubuh Ibu juga bisa mempengaruhi gerakan dan kekuatan si Kecil. Cobalah camilan sehat, seperti keju, biskuit, roti bakar dengan selai kacang dan jus buah alami. Hindari camilan cepat saji. Ibu bisa pilih cokelat untuk mengganti kebiasaan camilan manis.

3. Ramaikan suasana

Nikmati momen kehamilan dan Ibu bisa melakukan me time dengan menari (berjoget ringan), bernyanyi, membaca buku, seperti mendongeng hingga berbicara dengan si Kecil. Suara-suara ramai tersebut bisa merangsangnya bergerak.

4. Ubah posisi Ibu

Ketika Ibu dalam posisi berdiri atau sedang beraktivitas, janin akan cenderung tidur. Maka, ubahlah posisi Ibu. Saat Ibu sedang berdiri, duduk dan bersandarlah. Apabila Ibu sudah bersandar atau berbaring, cobalah berganti sisi.

5. Mengelus perut dengan lembut

Selagi berbaring, eluslah perut Ibu secara lembut. Seperti halnya dokter kandungan yang melakukan USG, terlihat menggerakkan stik perangkat di atas perut Ibu agar si Kecil bergerak.

6. Sorotkan senter ke perut Ibu

Di pertengahan trimester kedua, biasanya si Kecil sudah bisa merasakan cahaya terang dan gelap. Jika Ibu menyinari perut dengan senter, si Kecil akan merespons cahaya tersebut dengan berbalik atau menjauh dari sorotan senter. Lakukan secara perlahan, ya Ibu.

7. Atur perasaan Ibu menjadi senang

Perasaan atau adrenalin Ibu juga bisa mempengaruhi gerakannya. Misalnya dengan meminta Ayah memberi kejutan sederhana untuk Ibu. Pasti Ibu akan merasakan deg-degan, tidak sabar melihat kejutan dan gembira di waktu yang bersamaan.

8. Duduk di bola persalinan

Cobalah duduk di bola besar yang biasa digunakan sebelum masa persalinan. Pastikan Ibu melakukannya dengan pelan dan hati-hati, ya.

Ayo jadi bagian dari Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik seperti sampel gratis, voucher eksklusif, produk promosi, konsultasi dengan pakar dan masih banyak lagi! Segera daftar dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

 

Referensi: