Keluhan & Tips pada Trimester Kedua Kehamilan

Setelah Ibu melalui trimester pertama, ada beberapa gejala kehamilan yang mereda. Namun dengan perubahan yang terus berlanjut, akan timbul pula gejala-gejala baru. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

Heartburn (Panas pada Area Dada)

 

Kelebihan hormon menyebabkan otot yang memisahkan saluran cerna dengan perut mengendur, sehingga cairan pencernaan menumpuk dan mengiritasi lapisan kerongkongan. Hal inilah yang kemudian dapat berlanjut pada heartburn.

Tips: Makanlah dengan porsi yang lebih kecil. Hindari juga makanan berminyak atau berbumbu kuat, serta makanan olahan dan minuman berkarbonasi. Selain itu, coba posisikan kepala lebih tinggi pada saat tidur.

Hemoroid

 

Selain menghambat saluran pencernaan dan menyebabkan sembelit, hormon kehamilan juga dapat menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan pada pembuluh di sekitar anus, yang seringkali disertai rasa gatal dan berdarah (hemoroid).

Tips: Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Selain itu konsumsi banyak makanan berserat, minum banyak air, dan rajin berolahraga.

Perubahan pada Kulit

 

Tubuh Ibu memproduksi lebih banyak minyak, yang bisa memberikan “kilau” kehamilan, atau menimbulkan jerawat. Mungkin juga akan muncul garis-garis merah di wajah, leher, lengan dan dada Ibu, akibat pembengkakan pembuluh darah karena meningkatnya aliran darah.

Tips: Seringlah mencuci muka, dan obati jerawat seperti yang biasa Ibu lakukan. Kondisi kulit ini akan kembali normal setelah kehamilan.

Keputihan (Vaginal Discharge)

 

Vagina Ibu akan mengeluarkan cairan tipis berwarna keputihan, dan ini terus berlanjut selama kehamilan. Kemungkinan Ibu juga akan mengalami rasa gatal.

Tips: Gunakan pakaian dalam berbahan katun dan bersihkan daerah kewanitaan Ibu.

Varises Vena

 

Selain karena faktor keturunan, varises juga dapat disebabkan karena faktor kehamilan seperti kenaikan berat badan, penurunan sirkulasi darah, dan menopang berat bayi di area pinggul.

Tips: Naikkan kaki sesering mungkin, dan jangan silangkan kaki Ibu. Cobalah berolahraga jika diizinkan oleh dokter, dan coba gunakan stocking/pantyhose yang dapat menyokong tubuh Ibu.

Sering Buang Air Kecil

 

Bertambah besarnya rahim memberikan tekanan pada kandung kemih Ibu.

Tips: Berhentilah Konsumsi cairan beberapa jam sebelum tidur.

Nyeri pada Payudara

 

Peningkatan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan rasa nyeri pada payudara.

Tips: Gunakan bra yang dapat menyokong payudara Ibu, seperti sport bra, termasuk pada malam hari.

Jika membutuhkan bantuan, Ibu bisa menghubungi Call Center Enfa A+, chat di 087777700253 atau Live Chat untuk berkonsultasi mengenai berbagai tips untuk trimester kedua kehamilan. 

Mari baca beberapa tips bermanfaat dari Enfa mengenai cara mengatasi gejala kehamilan saat usia kehamilan ibu memasuki trimester pertama maupun trimester akhir