Hidup berdampingan dengan hewan peliharaan memang menyenangkan. Namun, bagaimana jika saat ini Ibu memiliki anggota keluarga baru, yaitu si Kecil? Apakah aman tetap memelihara hewan kesayangan Ibu berdampingan dengan si Kecil?

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang wajib Ibu perhatikan agar si Kecil dapat hidup berdampingan dengan hewan kesayangan 

 

1. Perkenalkan secara perlahan antara hewan peliharaan pada si Kecil dan sebaliknya.

Apabila si Kecil terlihat menarik kuping atau ekor hewan peliharaan Ibu, cobalah memberi tahunya dengan baik, contohkan bagaimana seharusnya si Kecil memegang hewan peliharaan. Meskipun Ia masih sangat kecil, Ia mampu menyimak dan memahami.

2. Selalu memperhatikan hewan peliharaan ketika sedang di dekat si Kecil 

Ibu tetap harus waspada dan memerhatikan setiap kali hewan peliharaan sedang berada dekat si Kecil. Hal itu untuk mencegah respons dari hewan peliharaan Ibu saat si Kecil menarik ekor atau kuping hewan peliharaan.

3. Sediakan area khusus bagi hewan peliharaan

Lebih baik sediakan area yang berbeda dimana hewan peliharaan bisa masuk dan bebas bermain. Pastikan hewan peliharaan tidak masuk ke kamar Ibu atau kamar si Kecil.

4. Pastikan area si Kecil untuk bergerak agar tetap bersih 

Ingat selalu akan ada masanya si Kecil merangkak dan membutuhkan area yang bersih dan nyaman, serta bebas dari hewan peliharaan, karena Ibu harus tetap waspada dengan potensi bahaya yang mungkin terjadi.

5. Jaga agar hewan peliharaan tidak menempati stroller 

Selalu perhatikan saat Ibu membawa si Kecil jalan sore dengan strollernya. Pastikan hewan peliharaan Ibu tidak menempati stroller si Kecil.

6. Pastikan agar hewan peliharaan bebas dari kutu atau penyakit

Rutin memeriksakan hewan peliharaan pada dokter hewan untuk memastikan tidak ada kutu atau penyakit yang bisa berdampak pada si Kecil di rumah.

7. Jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan hanya berdua dengan si Kecil

Bila Ibu ingin bepergian keluar, pastikan agar meminta bantuan orang lain untuk memperhatikan dan mengawasi agar hewan peliharaan tidak terlalu dekat dengan si Kecil. 

8. Pilihlah hewan yang dapat ditempatkan di dalam kandang atau kolam

Apabila Ibu baru mempertimbangkan ingin memelihara hewan, pilihlah hewan yang tidak selalu tinggal di dalam rumah dan bisa ditempatkan di kandang atau kolam, seperti kelinci, burung dan ikan.

Dengan memerhatikan poin-poin di atas, Ibu tidak perlu bingung lagi ketika ingin tetap memelihara hewan kesayangan dengan si Kecil yang kini juga hadir di tengah keluarga. Namun, jangan ragu untuk menjauhkan hewan peliharaan dari dalam rumah ketika ternyata si Kecil tidak cocok atau memiliki alergi terhadap hewan peliharaan. Tetap utamakan kesehatan dan kenyamanan si Kecil, ya Ibu.

Segera daftar Golden Start Club by Enfa A+ dan dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan ini

 

Sumber: