Tips Parenting Mendidik Perilaku Si Kecil

Ketika hujan turun, mungkin si Kecil bersedih karena tidak bisa bermain di luar rumah.

Berikut beberapa ide kegiatan di rumah yang bisa dilakukan si Kecil dan baik untuk stimulasi kecerdasannya

 

1. Berkemah di dalam rumah

 

Ibu bisa membangun sebuah tenda dengan mengunakan selimut dan dua buah kursi di ruang tamu. Untuk cahaya di dalam tenda, Ibu bisa gunakan senter. Berikan si Kecil makanan, minuman dan buku. Kemudian Ibu bisa melihatnya berimajinasi menggunakan tenda tersebut.  Ajak juga si Kecil melakukan permainan yang biasa dilakukan saat berkemah, seperti bernyanyi sambil mengelilingi api unggun buatan atau mencari jejak harta karun yang disembunyikan di salah satu sudut rumah.

2. Menjadi Picasso

 

Daur ulang krayon yang tak terpakai lagi, masukkan ke dalam kaleng yang diberi minyak dan panaskan menggunakan kompor atau oven hinga meleleh. Dinginkan kemudian tuangkan kedalam mangkuk-mangkuk berukuran kecil, ajak si Kecil untuk melukis dan menggambar dengan cat warna yang Ibu buat, si Kecil akan selalu tertarik dengan semua hal yang berwarna-warni terlebih lagi pada warna yang mencolok.

3. Membuat bioskop di dalam rumah

 

Ibu bisa mengubah ruang keluarga menjadi bioskop pribadi. Atur kursi atau bantal di ruang tamu, matikan lampu, ambil popcorn dan minuman. Pilihlah film yang akan dinikmati seluruh anggota keluarga dan nikmati pertunjukkannya.

4. Membuat kerajinan

 

Ambil beberapa majalah dan katalog, kemudian biarkan si Kecil menentukan gambar-gambar favoritnya. Kemudian Ibu dapat membantu menggunting gambar tersebut dan berikan si Kecil lem dan selembar karton untuk membuat kolase.

5. Bermain masak-masakan

 

Periksa bahan-bahan makanan yang tersedia di kulkas, lalu tanyakan pada si Kecil makanan apa yang sedang ia inginkan. Libatkan si Kecil dalam kegiatan memasak, seperti mengoles selai cokelat atau stroberi. Biarkan ketika si Kecil mengoles selai cokelat pada jari atau tangannya. Si Kecil akan merasa senang dengan makanan lezat hasil kreasinya. Sekaligus Ibu bisa menikmati waktu yang berkualitas bersama si Kecil.

 

Sumber:

https://www.parents.com/fun/activities/rainy-day/5-fun-rainy-day-toddler-activities/