Kita dibesarkan dan percaya bahwa IQ sangatlah penting dalam kesuksesan seseorang. Ketika hendak masuk ke perguruan tinggi maupun lingkungan kerja, tes IQ pasti akan kita temui sebagai tolak ukur kecerdasan kita dan menjadi bahan untuk perbandingan dengan orang lain. Namun, ternyata EQ juga sama pentingnya dalam membuat seseorang mampu meraih cita-citanya.

Seberapa banyak Ibu dan Ayah mengetahui perbedaan IQ dan EQ? Berikut terdapat kuis yang bisa diikuti sehingga Ibu dan Ayah dapat mengetahui bagaimana IQ dan EQ memainkan perannya masing-masing dalam perkembangan holistik si Kecil. Selain itu, Ibu dan Ayah dapat mengetahui cara meningkatkan IQ dan EQ si Kecil sehingga Ia Kecil dapat beradaptasi dengan perkembangan dunia yang terus berubah.

Manakah deskripsi yang paling sesuai dengan definisi dari EQ atau Emotional Quotient?

  1. Skor atau penilaian yang didapatkan dari tes dengan standar untuk menunjukkan satu aspek kemampuan. Tes terdiri dari tes logika, kemampuan membaca dan matematika.
  2. Kemampuan, kapasitas, skill atau kemampuan diri untuk mengidentifikasi, menilai dan mengatur emosi diri sendiri maupun orang lain atau masyarakat luas.
  3. Kemampuan untuk menemukan solusi ketika bertemu tantangan atau kesulitan dan bertanggung jawab untuk menghadapi berbagai macam situasi.
  4. Tidak ada pilihan yang benar

Manakah pernyataan berikut yang menjelaskan perbedaan antara IQ dan EQ?

  1. Seseorang dengan EQ yang tinggi memiliki kemampuan untuk melakukan identifikasi, evaluasi kontrol dan mengekspresikan emosi mereka sendiri, serta membaca emosi orang lain. Sedangkan di sisi lain, seseorang dengan IQ yang tinggi dapat mempelajari, memahami dan menerapkan ilmu pengetahuan, serta memiliki penalaran logis dan pemikiran abstrak.
  2. IQ seseorang menentukan kapasitas dan kemungkinan seseorang untuk sukses, sedangkan EQ melibatkan kemungkinan mereka untuk menciptakan dan mempertahankan reputasi yang baik dalam hidup.
  3. IQ diukur melalui minat seseorang dalam pengejaran akademik dan merupakan indikator kecenderungan seseorang terhadap matematika dan sains. Sedangkan EQ diukur melalui minat seseorang dalam pengejaran sosial dan merupakan indikator yang baik dari status sosial mereka.
  4. Tidak ada pilihan yang benar

Apa indikator paling awal dari gabungan IQ dan EQ pada anak?

  1. Skor tes IQ tinggi. Semakin tinggi peringkat mereka dalam ujian sekolah, semakin tinggi peluang mereka berhasil dalam hidup.
  2. Kemampuan mereka untuk berteman dan mempertahankan hubungan. Semakin banyak teman yang mereka miliki, semakin banyak peluang yang mereka miliki untuk pencapaian dalam hidup.
  3. Kemampuan mereka untuk tampil baik di kelas, mengembangkan hobi, bekerja dalam kelompok, bertemu orang baru, dan berperilaku dalam situasi sosial.
  4. Tidak ada pilihan yang benar.

Saat si Kecil bereaksi terhadap situasi yang tidak menyenangkan, seperti mendapat nilai rendah di sekolah, bagaimana orangtua bisa membantu?

  1. Katakan mereka harus belajar lebih giat. Tidak ada hal positif lain selain menekan mereka lebih keras lagi.
  2. Beri tahu mereka bahwa sekolah telah melakukan kesalahan. Mintalah mereka percaya bahwa mereka melakukan yang terbaik, dan nilai rendah bukanlah kesalahan mereka.
  3. Abaikan mereka. Cara terbaik untuk memberi mereka pelajaran adalah dengan membiarkan mereka melewatinya sendiri.
  4. Bantu mereka mengidentifikasi emosi mereka. Mintalah mereka mengenali bagaimana perasaan mereka, dan dorong mereka untuk mengungkapkannya dengan cara terbaik yang mereka bisa.

Bagaimana Ibu dan Ayah dapat membantu memastikan perkembangan holistik si Kecil dan membekalinya dalam mencapai impian?

  1. Dengan mengembangkan IQnya, mendedikasikan cukup waktu untuk studi akademis dan mengasah keterampilan penalaran mereka.
  2. Dengan mengembangkan EQnya melalui praktik empati dan memberikan contoh yang benar.
  3. Dengan mengembangkan dan menyisihkan waktu untuk mengasah IQ dan EQ si Kecil, menciptakan lingkungan yang kondusif, serta menyediakan nutrisi yang tepat untuk kebutuhan mereka.
  4. Tidak ada pilihan yang benar.

Itulah  pentingnya IQ dan EQ dalam perkembangan holistik si Kecil. Dengan memperhatikan keduanya, dapat meningkatkan peluang keberhasilan si Kecil karena keduanya memainkan peran yang berbeda tetapi sama pentingnya dalam memahami dunia. Orang tua yang rutin membiasakan keseimbangan ini sejak usia dini terbukti bermanfaat dalam banyak hal, seperti yang kita ketahui dibutuhkan pikiran dan hati yang baik untuk mencapai impian terbesar dan menciptakan dunia yang lebih baik.

Bantu lengkapi juga nutrisi si Kecil dengan Enfagrow A+ MFGM Pro dengan DHA lebih tinggi (35 mg per saji), Sphingomyelin (32 mg per saji) dan Phospolipid (167 mg per saji). Bantu penuhi nutrisinya dengan 3 gelas Enfagrow A+ MFGM Pro setiap hari. Yuk Bu, bantu kembangkan kecerdasan akademis dan emosional si Kecil.

 

Sumber: