Merencanakan pesta ulang tahun pertama si Kecil sangat menyenangkan, Ibu pasti memiliki banyak ide unik untuk merayakan momen istimewa ini. Namun ada banyak sekali kebutuhan logistik yang perlu Ibu pikirkan. Mulai dari siapa saja yang hendak diundang, jenis makanan apa yang harus disiapkan, hingga mendapatkan kue ulang tahun yang sempurna.

Ingatlah beberapa tips di bawah ini untuk membantu Ibu menyusun rencana pesta ulang tahun yang penuh kenangan tanpa masalah.

Hal-hal Penting yang Perlu Diingat Saat Mempersiapkan Ulang Tahun Pertama Anak

 

1. Batasi jumlah tamu

Ibu mungkin ingin berbagi momen bahagia ini dengan seluruh dunia, namun saran kami, buatlah pesta ulang tahun pertama sederhana dan batasi jumlah tamu. Ibu harus mempertimbangkan kebutuhan dan karakter si Kecil, ia mungkin masih belum terbiasa dengan suasana bising dan keramaian. Pesta yang sederhana dan kecil akan membuatnya merasa lebih nyaman dan tenang.

2. Pilih waktu yang tepat

Salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah memilih waktu pesta yang sesuai. Sebaiknya pilihlah waktu di mana si Kecil baru bangun dari tidur siangnya, sehingga ia dapat menikmati pesta ulang tahunnya dengan penuh semangat dan suasana hati yang bagus.

3. Siapkan area yang tenang

Jika Ibu berencana mengundang tamu kecil lainnya, jangan lupa untuk menyiapkan area tenang di luar area utama pesta ulang tahun. Area tenang ini dapat digunakan oleh tamu kecil untuk beristirahat atau menenangkan diri jika mereka merasa tidak nyaman di tengah keramaian, dan sebagai area bagi tamu dewasa untuk berbincang santai dengan tenang.

4. Bagi tugas

Ada banyak detail yang perlu direncanakan dalam sebuah pesta ulang tahun. Bagilah tugas agar Ibu tidak kewalahan, misalnya dengan memesan katering untuk makanan, meminta bantuan anggota keluarga lainnya untuk mengatur dekorasi, serta menyusun aktivitas acara.

5. Tetapkan ekspektasi yang realistis

Ingatlah bahwa ini merupakan perayaan ulang tahun pertama si Kecil, dan Ibu tidak dapat memprediksi bagaimana reaksi si Kecil. Jadi tidak perlu stres jika beberapa hal berjalan tidak sesuai rencana. Tidak perlu memaksa si Kecil jika ia menangis saat hendak meniup lilin kue ulang tahunnya, biarkan acara berjalan apa adanya dan temani si Kecil agar ia merasa lebih tenang dan nyaman.

6. Dokumentasi acara

Saat acara berlangsung, Ibu akan sibuk melayani tamu dan mengurus si Kecil, oleh karena itu sebaiknya siapkan tim fotografer yang akan membantu mendokumentasikan momen istimewa ini. Ibu bisa meminta bantuan kerabat atau anggota keluarga lainnya untuk menjadi sesi dokumentasi sehingga pesta ulang tahun pertama si Kecil dapat menjadi kenangan yang mengesankan.

7. Makanan dan minuman

Berencana merayakan ulang tahun si Kecil di rumah? Pastikan Ibu memilih jenis makanan dan minuman yang simpel dan mudah dibersihkan. Hal ini akan sangat membantu saat acara pesta selesai dan saatnya membersihkan rumah. Selain itu, pertimbangkan jenis makanan yang sesuai bagi tamu yang akan hadir, mulai dari anak-anak hingga dewasa